7 Persiapan dan Cara Menulis Novel di Noveltoon

Cara Menulis di NovelToon-bukunesia

Jika tertarik menulis novel di Noveltoon, otomatis kamu butuh persiapan menulis novel di Noveltoon yang tepat. Supaya apa? Tentunya, supaya bisa menulis novel yang bagus dan memiliki cerita yang kuat. Sehingga bisa dianggap menarik oleh pembaca. 

Noveltoon yang kini sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna menjadi platform untuk membaca dan menulis novel terbaik di tanah air. Kamu yang ingin menjadi novelis bisa menulis di platform satu ini yang bisa diunduh gratis di PlayStore maupun AppStore. 

Noveltoon membantu para penulis untuk menghasilkan novel yang dibaca ribuan orang per harinya. Jika novel yang kamu tulis menarik dan mendapat banyak pembaca maka bisa mendapatkan reward yang menarik. Maka, siapkan cerita terbaik di Noveltoon untuk mendapat reward tersebut.  

Persiapan Menulis Novel di Noveltoon 

Menulis novel atau karya tulis jenis apapun tentu butuh persiapan yang matang, agar cerita yang dihasilkan punya kualitas yang baik. Jika tertarik menulis novel melalui Noveltoon, maka beberapa persiapan berikut bisa kamu lakukan.

Sebelumnya, lebih baik dalami dahulu mengenai cara membuat outline novel supaya proses selanjutnya lebih mudah.

1. Tentukan Tema

Persiapan menulis novel di Noveltoon yang pertama adalah menentukan tema cerita. Idealnya tema ini menjadi tema yang kamu kuasai dengan baik, sehingga bisa membuat cerita yang bisa mengalir secara alami. 

Meskipun novel adalah karya fiksi, namun harus diakui di dalamnya tetap memaparkan cerita yang punya logika kuat. Jadi, saat menggambarkan tokoh dengan profesi tertentu perlu dibuat serealistis mungkin. 

Oleh sebab itu, agar tidak kesulitan membangun alur cerita dan karakter sekaligus menghidupkan tokoh di dalamnya. Wajib memilih tema yang memang kamu kuasai atau yang memang kamu sukai, agar semangat untuk mempelajarinya. 

2. Menentukan Judul Novel

Persiapan yang kedua adalah menentukan judul novel yang akan dibuat di Noveltoon. Judul novel tentu perlu dibuat menarik dan mewakili isi cerita dari novel tersebut. Usahakan pula dibuat singkat, padat, dan juga jelas. 

Sebab judul yang bagus bukanlah judul yang panjang sampai satu paragraf, melainkan judul yang menarik dan mudah dipahami. Kebanyakan memilih judul yang sederhana dan bahkan yang mudah diingat. 

Contohnya novel yang judulnya diambil dari nama tokoh utama dalam novel tersebut. Contohnya novel berjudul Dilan karya Pidi Baiq yang diambil dari nama tokoh pria dalam novel karyanya. Jadi, judul tidak harus panjang karena yang pendek saja di mata pembaca sudah terlihat sangat menarik. 

3. Memiliki Nama Pena

Persiapan menulis novel di Noveltoon berikutnya adalah memiliki nama pena. Nama pena adalah nama samaran yang digunakan oleh seorang penulis. Nama ini dipakai karena beberapa alasan. 

Misalnya untuk kebutuhan menjaga privasi atau membuat nama yang dimiliki terdengar lebih menarik di mata pembaca. Nama pena bisa membantu kamu untuk menulis dengan leluasa karena merasa mendapatkan perlindungan privasi. 

Hanya saja, nama pena yang dibuat usahakan memiliki makna sehingga lebih berkesan. Sekaligus bisa dipahami oleh pembaca kenapa nama pena tersebut dijadikan pilihan. Selain itu, pastikan kamu sendiri menyukai nama pena tersebut.

Baca juga: Contoh Nama Pena yang Unik

4. Menentukan Tokoh dan Penokohan

Persiapan selanjutnya dalam daftar persiapan menulis novel di Noveltoon adalah menentukan tokoh dan penokohan. Tokoh merupakan pelaku yang diceritakan di dalam novel. Mulai dari menentukan nama, profesinya, dan lain sebagainya. 

Kemudian penokohan adalah karakter atau watak dari tokoh tersebut, apakah orang yang baik, orang yang pemarah, atau yang lainnya sesuai kebutuhan cerita. Setelahnya tinggal menentukan tokoh mana yang masuk antagonis, protagonis, dan tritagonis. 

Ketiga tokoh ini penting untuk dibuat dalam satu cerita novel. Dimana tokoh protagonis adalah tokoh utama yang memiliki konflik, kemudian konflik ini diciptakan oleh antagonis. Interaksi keduanya membutuhkan tokoh tritagonis, jadi ketiganya tidak dapat dipisahkan. 

5. Menyusun Rencana Alur Cerita Utama

Jangan lupa, bahwa kekuatan cerita dari sebuah novel terletak pada alur cerita utama. Dimana alur cerita utama ini berhubungan dengan tokoh protagonis yang sudah ditentukan di poin sebelumnya. 

Alur cerita sebaiknya dibuat logis dan disampaikan secara baik agar mudah dipahami oleh pembaca. Hindari membuat cerita dengan alur yang putus nyambung tidak jelas, sehingga menciptakan plot hole yang menjadi kelemahan novel kamu. 

Baca dulu bab sebelumnya agar bisa terus mengikuti alur cerita yang sudah ditentukan di awal. Sehingga alurnya tetap terhubung dari bab pertama sampai bab akhir di bagian ending

6. Menentukan Latar Cerita

Persiapan keenam adalah menentukan latar cerita, yakni menentukan lokasi, waktu, dan kondisi di sekitarnya seperti apa. Berhubung novel ini adalah karya fiksi maka kamu lebih leluasa menentukan latar cerita. Baik yang ada di dunia nyata atau hasil imajinasi. 

Noveltoon tentu tidak hanya membatasi cerita dengan latar dari tempat-tempat nyata di muka bumi. Namun juga membuka kesempatan bagi para penulis untuk mengembangkan daya imajinasinya menentukan latar cerita. 

Jadi, tentukan dulu tempat mana yang akan kamu jadikan lokasi cerita ini berlangsung. Apakah kota yang memang ada di Indonesia atau di dunia atau nama kota hasil imajinasi? 

Kemudian, tentukan waktunya karena kamu bisa menulis novel dengan waktu yang digambarkan terjadi di masa sekarang bisa juga di masa dulu. Kamu bahkan bisa menulis novel bertemakan sejarah di Noveltoon. 

Pastikan latar ini disesuaikan dengan alur cerita yang sudah disiapkan sebelumnya. Ibarat kata, kamu ingin menggambarkan tokoh utama pria yang mahir dunia IT tentu lebih cocok mengambil latar masa kini. 

7. Mulai Menulis Kerangka

Persiapan penting yang terakhir sebelum menulis novel di Noveltoon adalah menulis kerangka karangan atau outline. Jika selama ini sering membuat cerita yang alurnya berubah-ubah, kemudian kesulitan untuk membuat bagian akhir cerita. 

Maka sebaiknya kamu menyusun kerangka cerita tersebut, sehingga bisa tahu setiap bab menceritakan bagian apa saja dan bagaimana. Sehingga saat menulis kamu tinggal mengembangkan topik utama di masing-masing bab yang sudah ditentukan. 

Kerangka karangan membantu menulis cerita yang utuh tanpa ada perubahan alur maupun karakter. Sehingga alurnya jelas sejak awal sampai akhir tanpa ada resiko terjadi perubahan mendadak yang kemudian menjadi plot hole

Selain itu, kerangka karangan juga membantu menyelesaikan cerita lebih cepat. Sebab tidak bingung lagi harus membuat cerita seperti apa ketika sudah menyelesaikan bab pertama, kedua, dan seterusnya. 

Oleh sebab itu, untuk bisa membuat cerita novel yang berkualitas di Noveltoon kamu perlu membuat kerangka karangan. Manfaatnya sangat besar dan bisa memberi banyak kemudahan dalam membangun cerita yang menarik.

Silakan pahami disini mengenai Cara dan Contoh Kerangka Cerpen gak beda jauh dengan novel kok.

Persiapan akan membuat segala sesuatu menjadi lebih sempurna. Hal ini juga berlaku pada saat menulis novel di Noveltoon. Persiapan yang tepat bisa membantu menulis novel dengan cerita yang kuat dan menarik. 

Sehingga kamu punya kesempatan mendapat banyak pembaca dan kemudian diberi reward oleh pihak Noveltoon. Tidak tertutup kemungkinan di masa mendatang novel yang kamu tulis dibukukan dan diterbitkan secara luas. Jadi, untuk sampai di titik tersebut berbagai persiapan menulis novel di Noveltoon yang sudah dijelaskan perlu dipraktekan.

Cara Menulis Novel di Noveltoon

Berikut ini langkah singkat bagaimana menulis novel di aplikasi noveltoon ini ya.

1. Download Aplikasi

Hal pertama adalah memiliki aplikasinya itu sendiri. Silakan kunjungi Google Play Store kalian dan cari aplikasi yang bernama NovelToon-Baca Cerita Fiksi. Silakan unduh dan instal aplikasinya sampai selesai.

2.Daftar Akun

Lakukan pendaftaran akun supaya memiliki akun Noveltoon dan nantinya bisa menulis lengkap.

3. Menulis Cerita

Setelah memiliki akun. Verifikasi email dan juga login dengan akun yang telah dibuat. Jika sudah, silakan ikuti cara ini untuk bisa menulis cerita.

  • Pertama, klik menu profil
  • Selanjutnya klik cerita Klik menu cerita+ 
  • Silakan diisi kolomnya sesuai dengan cerita yang akan kalian gunakan.
  • Pada bagian blurb, tuangkan cerita kamu di sana hingga selesai
  • Selesai

Baca juga: Panduan A-Z | Menulis Cerpen yang Menarik

4. Menunggu Tayang

Setelah selesai, maka tugas kalian adalah dengan menunggu cerita yang telah dibuat sampai ceritamu tayang dan bisa kalian sebarkan ke teman-temanmu biar pembacanya makin banyak.

Selamat telah menulis sebuah cerita yang akan menginspirasi dunia ya. Oh iya, kalau kalian punya naskah yang keren dan sudah siap terbit, mending terbitin jadi buku novel saja. Di Penerbit Bukunesia akan dibantu biar novelmu bisa terbit bahkan sampai diviralkan juga.

Siap jadi novelis terkenal? Yuk, kirim naskah novelmu ke Penerbit Buku Novel Bukunesia sekarang juga atau hubungi admin@bukunesia.com

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis