⚡ Promo Diskon Akhir Tahun | diskon 30% + 20% dan bonus eksemplar up to 10

Lihat Selengkapnya

Membuat Outline Novel, Ikuti Cara Mudah Ini

Langkah mudah membuat outline novel

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai apa itu outline novel beserta dengan cara membuat dan juga penjelasannya secara langsung.

Kamu ingin menjadi seorang penulis terkenal seperti Dan Brown? Atau mungkin kamu ingin menjadi penulis lokal yang nama nya selalu wira-wira di toko buku fiksi? kalau iya, kamu perlu belajar membuat outline novel.  

Siapapun kamu memiliki peluang dan kesempatan sukses menjadi seorang penulis novel terkenal. Caranya pun tidak susah. Cukup konsisten dan latihan menulis, menulis dan menulis. Barangkali ada diantara kamu yang kesulitan menuliskan novel yang menarik itu seperti apa sih? 

Nah, ada rahasia agar novel kamu tetap hidup dan menarik. Yaitu dengan membuat outline novel terlebih dahulu. Sampai di sini, ada yang masih asing dengan istilah outline novel? 

Pengertian Outline Novel 

Outline novel adalah kerangka karangan yang wajib oleh setiap penulis. Outline ini dibuat untuk memudahkan penulis menyampaikan gagasan, pikiran, dan imajinasi secara terstruktur dan tertata. Terkait gimana membuat outline novel, nanti akan kita bahas. 

Oh iya outline novel ini sebenarnya tidak hanya digunakan membuat novel saja loh. Tetapi juga sering digunakan untuk menulis buku genre lain. Misalnya buku nonfiksi pun juga bisa. Umumnya outline ini dibuat untuk membantu agar penulis tidak kehilangan arah dan agar tidak kehilangan fokus. Untuk lebih lanjutnya, di bab di bawah akan diulas manfaat membuat outline novel. 

Sebelum melanjutkan membaca, ada kabar baik buat kamu, buknes lagi ada promo PDKT bareng Bukunesia, Diskon hingga 50% dan bonus eksemplar up to 10. Baca lebih lanjut yuk!

Manfaat Membuat Outline Novel 

Sampai di sini mungkin ada yang masih merasa belum tahu sepenting apa sih outline novel? Nah, buat kamu yang ngaku selalu gagal menulis novel karena banyaknya halaman yang harus diselesaikan, setelah mengetahui manfaat membuat outline novel, langsung akan kamu praktekan. 

1. Agar tulisan terarah dan tidak keluar dari konteks

Manfaat yang pertama sudah disinggung di paragraf awal. Outline novel ditulis bertujuan untuk membantu mengarahkan penulis. Saat menulis novel yang super panjang, sering sekali kita menghadapi masalah klise, yaitu kehilangan arah tulisan. 

Selain kehilangan arah, sering juga menjadikan penulis menulis terlalu lebar dan menulis kemana-mana, keluar dari konteks awal. Nah, outline novel ini bertujuan untuk mengarahkan penulis agar menulis sesuai yang sudah direncanakan.  Yaitu menulis sesuai dengan jalur yang sudah diharapkan. 

2. Menyusun pembahasan secara runtut

Buat kamu yang merasa kesulitan dalam menulis novel secara acak-acakan karena bingung apa saja yang harus dituliskan. Jadi outline novel bermanfaat untuk membantu penulis menulis secara runtut, tertata dan mudah dipahami. 

promo akhir tahun bukunesia

Coba bayangkan jika tulisan yang kita tulis ditulis secara acak-acakan dan tidak tertata. Pembaca pasti akan mengalami kesulitan dalam memahami alur dan bahasa yang ingin disampaikan penulis. Tentu kamu tidak menginginkan hal ini terjadi pada karya novel kamu bukan. 

3. Mempermudah penulis saat riset

Meskipun novel adalah karya fiksi yang mengutamakan kemampuan imajinatif. Bukan berarti novel ditulis murni khayalan loh. Tidak ada salahnya melakukan riset. Berbicara tentang riset pun tidak selalu dibayangkan dengan penelitian yang berat-berat. 

Misal melakukan riset kecil-kecilan terhadap selera pembaca terhadap novel, atau riset data yang akan diangkat dalam novel kamu. Ternyata hal-hal seperti ini penting banget dilakukan. Selain memudahkan penulis dalam menyampaikan tulisan, riset juga memberikan daya tarik dan keunikan yang berbeda pada akhirnya nantinya. 

Terutama buat kamu yang ingin memiliki sebuah karya novel yang berbeda daripada novel pada umumnya. Contoh sederhananya, Dan Brown sebelum menuliskan karya sastranya, ia pun juga melakukan riset terlebih dahulu. Hasilnya bisa kita lihat sendiri. Dari segi, dan ulasan kasus di dalam novelnya super keren abis. Tidak asal-asalan buat novel deh pokoknya. 

Itulah beberapa manfaat membuat outline novel. Sebenarnya ada banyak manfaat membuat online. Misalnya menghindari mandek ide ditengah-tengah menulis, membantu penulis kembali fokus, dan menghindari kelupaan penyampaian pesan. 

ebook download ebook novel

4 Langkah Membuat Outline Novel

Kamu ingin memulai membuat outline novel? Namun tidak tahu bentuk outline novel apa saja langkah-langkahnya? Tenang, kali ini aku akan berbagi cara membuat online, sebagai berikut. 

1. Menentukan Tema

Langkah membuat outline novel yang paling penting dan yang paling utama adalah menentukan tema. Ada yang bingung, gimana cara menentukan tema? Ada beberapa tips menentukan tema. 

  1. Kenali betul topik yang ingin dibahas 
  2. Jika tidak cukup bahan bahasan, maka bisa dilakukan dengan cara survey atau mencari informasi tambahan. 
  3. Catat ide spontan yang muncul tiba-tiba di kertas. Kumpulkan, dan pilih salah satu yang pembahasannya paling menarik 
  4. Rajin bertanya pada diri sendiri, karena bertanya pada diri sendiri memicu kita untuk melahirkan topik dan tema yang menarik untuk di kupas tuntas. 

Kunci keberhasilan menentukan tema adalah kamu sebagai calon penulis harus tahu dan kenal apa yang harus dituliskan. 

2. Menentukan latar cerita

Setelah menentukan tema sudah selesai, langkah selanjutnya adalah menentukan latar cerita. Latar cerita pada novel ada latar waktu dan tempat. Jadi, kamu perlu membuat daftar tempat dan waktu yang pas untuk pembuatan novel yang ciamik itu dimana saja. Misal di pagi hari, di sore hari, siang hari atau di malam hari. 

Selain latar tempat dan waktu, ada juga beberapa latar lain lain seperti latar suasana, latar sosial, dan latar alat. Kelihatannya latar kurang diperhatikan, ternyata latar memiliki fungsi yang cukup penting dalam penulisan novel. Coba bayangkan jika tidak ada latar (misal) waktu, maka novel tidak dapat menemukan ruhnya. Dengan kata lain, latar membantu dalam membangkitkan suasana dan membangkitkan emosi si pembaca.

3. Buat karakter tokoh

Selain menentukan latar cerita, penting juga membuat karakter tokoh. Berbicara tentang karakter penokohan ada beberapa macam bentuk. Ada karakter protagonist, antagonis, tritagonis dan figuran. 

a. Protagonis 

Penokohan protagonis adalah tokoh yang memiliki karakter yang terpuji, positif, ramah, pemberani dan jujur. Intinya penokohan protagonis adalah karakter yang memiliki sikap yang baik. 

b. Antagonis 

Kebalikan dari protagonis, penokohan antagonis adalah penokohan pada novel yang menunjukan perilaku yang jahat, licik, negatif dan pemarah atau apapun yang konotasi maknanya negatif. 

c. Tritagonis 

Sementara yang dimaksud dengan penokohan tritagonis adalah penokohan yang memposisikan diri sebagai orang penengah antara tokoh antagonis dan protagonis. 

  • Figuran 

Sedangkan penokohan figuran adalah tokoh pembantu dalam cerita. Tokoh figuran ini tidak begitu memiliki pengaruh dalam sebuah novel, karena kehadiran mereka hanya sebagai penggembira saja.

Itulah beberapa karakter penokohan dalam novel yang perlu dikembangkan dan harus disiapkan saat membuat outline novel. Pada dasarnya menulis novel itu tidak susah, yang susah itu melawan diri sendiri yang terlalu banyak ketakutan yang tidak menentu. 

4. Buat kerangka alur

Ngomongin cara membuat outline novel, kamu dapat mengawali dengan membuat kerangka. Nah, yang menyebut ada kerangka tiga bagian. Bagian pertama penulis menyampaikan dan memperkenalkan karakter tokoh dan memunculkan konflik. Kemudian masuk kebagian tengah, mulailah masuk ke pembahasan konflik yang menjadi inti dari permasalahan yang dilemparkan khan. Barulah di bagian terakhir adalah bagian penyelesaian atas permasalahan yang telah terjadi. 

Bisa juga dengan cara membuat talking point. Caranya pun mudah, kamu cukup membuat poin-poin yang akan kamu bahas di tiap bagian. Kemudian tiap bagian tersebut memiliki benang merah atau keterkaitan satu dengan yang lain. Selama membuat talking point, tetap perhatikan masalah daya tarik calon pembaca ya.

Kerangka alur juga dapat kamu buat dengan tampilan yang lebih seni. Misalnya dengan membuat corat-coret bergambar seperti mapping map. Atau jika tidak pandai corat-coret, kamu bisa membuat seperti daftar isi. Sebenarnya mapping map dan daftar isi ini dibuat untuk membantu kerangka alur, plot atau penokohan lebih jelas dan membantu penulis tidak lupa poin dasar apa saja yang ingin disampaikan dalam novel tersebut. 

Itulah beberapa cara membuat outline novel. Semoga sedikit pembahasan dari Bukunesia memberikan gambaran bagaimana cara membuat novel. Mungkin di kesempatan yang akan datang, kita akan berbagi cara menerbitkan karya novel kamu agar lolos seleksi redaksi. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Penulis: Irukawa Elisa

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis