logo penerbit bukunesia

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook dengan Jual Buku Novel

cara mendapatkan uang dari facebook dari menjual novel
promo tahun baru 30%

Setelah mempunyai buku sendiri yang sudah diterbitkan dan sudah atau belum lolos di gramedia pasti bingung untuk menjual dimana lagi. Tenang kamu bisa mendapatkan uang dari facebook dari penjualan bukumu, namun banyak hal yang harus diperhatikan dalam mengelola facebook agar penjualan bukumu cepat laku hingga ratusan eksemplar. lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari facebook dengan menjual novel?

Awalnya, Facebook menjadi media sosial yang difungsikan untuk melakukan komunikasi, baik bertukar pesan atau mengunggah kabar dan informasi. Namun kini, Facebook tak hanya sebagai platform komunikasi dan informasi, media sosial Facebook juga saat ini menjadi tempat yang tepat untuk berdagang, bahkan mencari pundi-pundi rupiah. 

Facebook tak hanya bisa jadi tempat menjual barang baru atau bekas saja, tetapi Kamu bisa mencari uang dari media sosial tersebut dengan cara lain. Tetapi, kira-kira bagaimana ya cara dapat uang dari Facebook yang bisa dilakukan oleh siapa saja? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara dapat uang dari Facebook, simak penjelasan di bawah ini.

1. Berjualan di Grup Facebook

Yang pertama cara mendapatkan uang dari facebook yaitu berjualan di grup facebook yang sudah ada. Sejak zaman Facebook muncul, banyak penjual dan pembeli yang membeli atau memerlukan barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual di Facebook. Mereka bisa mengunggah barang dagangan atau jasa mereka di Facebook dengan menyertakan nomor pribadi atau nomor yang bisa dihubungi pelanggan.

Biasanya, mereka sengaja mengubah akun mereka menjadi akun bisnis atau akun jualan. Tetapi selain itu, Kamu juga bisa berjualan bukumu di grup Facebook, loh! Di Facebook sudah banyak grup yang dibuat oleh para pengguna lainnya yang disesuaikan dengan tema atau minat mereka masing-masing.

Ada juga grup yang khusus dibuat untuk forum jual-beli. Di sana Kamu bisa bergabung dan juga melihat bagaimana yang terjadi di grup tersebut kemudian menawarkan dagangan atau jualan bukumu di Facebook. Tentu saja, kamu harus masuk di grup yang sesuai dengan tema bukumu, jika kamu mempunyai novel kamu harus masuk di grup novelis atau penggemar novel.

2. Memanfaatkan Facebook Fanpage untuk Berjualan

Selain di grup, Kamu bisa secara pribadi membuat fanpage toko online di Facebook. Cara ini merupakan salah satu cara paling jitu dan bahkan sering digunakan oleh para penjual untuk menjalankan bisnis online-nya di Facebook. Dengan membuat fanpage, maka bukumu juga tampak lebih profesional dan juga terpercaya.

Di fanspage sendiri kamu harus aktif memposting ntah itu video, gambar atau text yang relefan dengan bukumu atau tentang novel. Sehingga fanspagemu bisa berjalan seterusnya dan tidak hanya aktif sekali dalam menjual buku.

Sebelum ke tahap selanjutnya. Apakah kamu ingin mencetak bukumu lagi? atau ingin menerbitkan buku novel yang lain?
Bukunesia memiliki banyak layanan dari menerbitkan buku semua genre hingga mencetak ulang buku yang memiliki banyak benefit di setiap layanan.

3. Memanfaatkan Facebook Fanpage untuk Menarik Trafik ke Website

Cara ke tiga dalam cara mendapatkan uang dari facebook dengan menjual atau menawarkan dagangan melalui Facebook fanpage yang Kamu buat, Kamu juga dapat melakukan upaya untuk meningkatkan penjualan melalui fanpage tersebut.

Perlu diketahui, setelah membuat fanpage Kamu harus melakukan promosi produk yang Kamu jual dan juga mempromosikan fanpage Kamu . Caranya adalah dengan mulai mengundang teman-teman di Facebook Kamu yang mungkin tertarik atau menyukai novel yang Kamu jual.

Setelah itu, mintalah teman-teman Kamu untuk membantu mengusulkan temannya yang juga memiliki ketertarikan terhadap barang dagangan yang Kamu jual di fanpage tersebut. Dan setelah fanpage Kamu memiliki banyak followers, Kamu bisa dengan rutin dan konsisten membagikan konten berkualitas dan bermanfaat dari website yang Kamu miliki.

Artinya, Kamu juga harus aktif di fanpage yang Kamu buat. Misalnya menjawab berbagai pertanyaan, membalas komentar atau pertanyaan yang masuk, dan lain sebagainya. Karena semakin banyak trafik yang dimiliki suatu fanpage, maka akan semakin banyak juga orang-orang mengetahui mengenai apa saja yang ditawarkan di website Kamu .

Dengan demikian, Kamu kemudian bisa meningkatkan brand awareness dan juga meningkatkan pundi-pundi rupiah Kamu melalui berjualan di Facebook fanpage.

Apalagi saat ini banyak mahasiswa atau pelajar yang sangat dekat dengan media sosial sehingga pengaruh Facebook fanpage untuk penjualan buku novel cukup menjanjikan.

4. Membuat Grup Facebook

Sebelumnya dibahas jika Kamu bisa berjualan melalui grup Facebook dan menawarkan novel kamu di grup Facebook yang sesuai dengan topik atau minat para pengikutnya. Selain bisa menawarkan barang novel di grup yang dibuat orang lain. Kamu juga bisa mulai membuat grup Facebook sendiri.

Tujuan dari membuat grup Facebook sendiri adalah untuk mengumpulkan komunitas atau forum online yang kemudian Kamu bisa melakukan diskusi mengenai minat yang sama. Sebagai pemilik grup, usahakan melakukan interaksi secara aktif di grup Ada sehingga grup tersebut selalu aktif.

Supaya para pengikut di grup Facebook yang Kamu buat ini betah, Kamu bisa membuat grup ini menjadi grup terpercaya mengenai topik yang Kamu bahas tersebut. Kamu bisa menyaring pertanyaan dan jawaban yang ada dan jangan membiarkan adanya topik pembahasan melenceng agar tidak menyinggung atau mengurangi followers.

5. Membuat Facebook Ads

Cara jitu mendapatkan uang dari Facebook adalah membuat Facebook Ads. Akan tetapi, pembuatan Facebook Ads memerlukan modal uang karena Facebook Ads ini merupakan iklan yang ditujukan untuk para pengguna Facebook secara luas. Meski demikian, modalnya tidak banyak.

Mulai Rp10.000 saja, Kamu bisa memasang iklan dan disitulah Kamu bisa melakukan penjualan untuk menarik konsumen. Akan banyak keuntungan yang Kamu dapatkan, mulai menentukan target yang jelas, remarketing, dan juga mengumpulkan leads. Akan lebih baik jika hal tersebut dilakukan secara rutin agar barang dagangan Kamu semakin laris dan dikenal banyak orang.

Ini sangat cocok untuk berjualan buku, apalagi saat ini banyak mahasiswa atau pelajar pengguna media sosial salah satunya Facebook. Sehingga dengan memasang atau menggunakan fitur Facebook Ads, Kamu bisa menawarkan buku Kamu dan akan dikenal serta diketahui banyak orang.

6. Monetisasi Fanpage

Terakhir adalah melakukan monetisasi fanpage. Cara ini merupakan cara yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan iklan In-Stream. Iklan tersebut merupakan iklan pendek yang dapat dimasukkan ke dalam konten video Kamu, seperti iklan yang biasa muncul saat Kamu menonton YouTube.

Topik apa saja bisa dimonetisasi, asalkan tidak melanggar aturan Facebook. Akan tetapi pastikan bahwa video yang Kamu unggah merupakan video original atau bukan video yang diciptakan oleh orang lain. Karena jika Kamu mengambil video orang atau sumber lain, maka tidak akan melakukan monetisasi karena dianggap melakukan pelanggaran hak cipta.

Selain itu, video yang Kamu unggah juga harus relevan dengan topik fanpage yang Kamu miliki. Dengan demikian, Kamu bisa memancing diskusi dan juga engagement. Efeknya, video yang Kamu buat bisa populer dan dilihat banyak orang, sehingga besar kesempatan Kamu mendapatkan uang yang lebih.

Namun untuk melakukannya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Misalnya fanpage Kamu harus diikuti oleh minimal 10.000 pengguna dan video Kamu harus menghasilkan 30.000 tayangan dalam 60 hari terakhir. 

Dalam hal ini, Kamu bisa menjual buku. Cara menarik yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan review atau ulasan terhadap buku yang Kamu jual agar pembeli bisa tertarik. Dengan demikian, Kamu akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Setelah memahami cara mendapatkan uang dari facebook dari menjual novelmu diharapkan buku novelmu laris dan bisa mencetak ulang sehingga ratusan eksemplar.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis