logo penerbit bukunesia

Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad Gampang

Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad
promo tahun baru 30%

Wattpad merupakan platform yang biasanya digunakan untuk mengunggah cerita oleh penggunanya. Dengan Wattpad, Anda bisa menyalurkan bakat menulis Anda. Di Wattpad, pemilik aku dapat menulis dan mengunggah cerita secara teratur sehingga menjadi cerita yang sistematis dan lengkap. Dan pasti ada keinginan ketika novelmu sudah banyak yang minat ingin dijadikan sebuah buku. Lalu muncul pertanyaan gimana sih cara menerbitkan buku dari wattpad?

Selain itu Ada juga dapat membaca berbagai unggahan cerita menarik dari pengguna Wattpad lainnya yang biasanya diunggah sekali dalam seminggu, dua kali dalam seminggu, dan lain sebagainya. Sehingga Wattpad menjadi wadah yang cocok bagi penggemar baca dan tulis untuk menyalurkan hobi dan bakatnya.

Ini menjadi platform yang menarik dan bermanfaat, jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik dan bijak.

Tetapi masih banyak yang bingung atau tidak tahu bagaimana cara mengunggah atau menerbitkan buku dari Wattpad.

Lalu Gimana Sih Cara Menerbitkan Buku dari Wattpadmu?

Berikut beberapa cara menerbitkan novelmu dari wattpad:

1. Membuat Naskah Novel Unik dan Beda dari yang Lain

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar dapat menerbitkan buku dari Wattpad yaitu adalah membuat naskah atau cerita yang unik dan menarik, serta beda dengan yang lainnya. Anda harus dengan benar dan mantap menentukan bagaimana naskah novel atau cerita yang Anda tulis.

Jangan meniru atau menjiplak karya orang lain. Sebisa mungkin, ciptakan karya orisinil milik Anda dan tentukan konsep, baik itu tema, alur, latar, penokohan, dan lain sebagainya dengan menarik dan membuat pembaca terpengaruh. Dengan demikian, maka cerita Anda akan diminati dan membuat banyak orang tertarik untuk membacanya.

Baca juga : Cara Menerbitkan Novel Mudah Murah Dan Langsung Terbit!

2. Membuat Cover yang Sesuai dengan Alur Cerita

Untuk menerbitkan buku dari Wattpad, Anda juga harus bisa membuat cover dengan kualitas yang baik dan menarik, sesuai dengan alur ceritanya. Terkadang, penulis hanya menampilkan cover yang menarik dan bagus saja tetapi berseberangan atau tidak sesuai dengan alur ceritanya.

Hal ini akhirnya membuat calon pembaca bingung apa sebenarnya isi dari buku Wattpad tersebut. Oleh sebab itu, penting juga untuk merencanakan dan juga merancang cover sebaik dan semenarik mungkin dan sesuai dengan alur cerita yang ditulis.

Gunakan kombinasi warna dan ilustrasi yang memiliki konsistensi yang sesuai agar pembaca tertarik untuk mengklik cerita atau buku Anda dan dapat membacanya karena mulai tertarik saat melihat cover dan judulnya.

3. Sering Mengupload Naskah Baru

Pembaca tidak akan minat dan tertarik dengan naskah atau cerita yang mana penulisnya jarang menulis atau hanya angin-anginan saja. Maka dari itu, sebagai penulis Anda harus membuat rantai dan penjadwalan untuk mengunggah cerita dengan rutin di waktu-waktu tertentu.

Hal ini membuat pembaca semakin penasaran dan tertarik karena Anda seolah tak habis dalam berkreativitas dan mampu menciptakan karya-karya baru secara berkala dan rutin dengan baik.

Jadwalkan mengunggah cerita Anda, misalnya setiap hari Kamis dalam seminggu. Atau setiap tanggal 10 setiap bulannya. Penjadwalan ini penting agar Anda dapat dinilai konsisten dan juga rajin serta kreatif dalam menulis cerita. Dengan demikian, Anda artinya dituntut harus terus mengupload atau mengunggah naskah baru.

Tak ada salahnya terus berkarya dan menciptakan berbagai karya baru, karena nantinya karya yang Anda tulis dan dinikmati banyak orang akan menjadi kepuasan tersendiri bagi diri Anda sendiri.

Maka dari itu, sejak mulai menulis Anda harus membuat timeline yang jelas dari mulai tema atau pembahasan dalam cerita yang diunggah pada tiap waktunya, kapan waktu tayangnya, bagaimana membuat cerita tersebut tetap menarik, dan lain sebagainya.

Ingin menerbitkan novel wattpadmu jadi buku? Bingung caranya? Tenang ada Bukunesia, kami memiliki banyak fasilitas tentunya yang bisa membuatmu makin senang

Ingin menerbitkan novel wattpadmu jadi buku? Bingung caranya? Tenang ada Bukunesia, kami memiliki banyak fasilitas tentunya yang bisa membuatmu makin senang

4. Membuat Profil Wattpad yang Menarik

Tak lupa, agar buku yang Anda tulis bisa menarik perhatian banyak orang, Anda juga harus membuat profil yang juga menarik. Anda disarankan untuk mengedit atau memperbaiki profil Anda yang terkesan flat dan biasa saja menjadi profil yang menarik dan juga bagus serta jika bisa, profil yang Anda buat dapat mendeskripsikan seperti apa diri Anda tanpa harus menyombongkan diri.

Jangan lupa juga untuk mengunggah foto profil yang mana foto tersebut dapat mewakili cerita Anda. Misalnya jika genre cerita yang Anda tulis adalah cerita horor, Anda bisa membuat profil Anda dengan tema menyeramkan atau menakutkan, dan lain sebagainya. Ini penting untuk menggaet minat pembaca membaca cerita pada Wattpad Anda.

5. Memasang Akun Wattpad di Semua Media Sosial

Meskipun Anda memiliki banyak teman di dunia nyata atau media sosial, tidak akan ada gunanya jika akun Anda tak diketahui banyak orang. Maka penting bagi pemilik Wattpad dan tulisan yang bagus dan banyak untuk memasang akun Wattpadnya di berbagai media sosial yang dimilikinya, misalnya Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, setiap teman atau pengikut Anda akan mengetahui bahwa Anda merupakan seorang penulis Wattpad. Dan bagi mereka yang penasaran, mereka akan mengikuti dan membaca berbagai cerita yang Anda sajikan di dalam Wattpad tersebut. Sehingga cerita yang Anda tulis tak hanya dibaca sesama pengguna Wattpad tetapi juga teman atau pengikut Anda di media sosial lainnya.

6. Ikut Lomba di Wattpad

Terakhir, agar Anda dapat mengembangkan skill atau kemampuan Anda, Anda bisa mengikuti berbagai perlombaan menulis. Biasanya Wattpad akan rutin mengadakan berbagai lomba atau kompetisi sendiri. Ada berbagai kompetisi yang diselenggarakan dan Anda bisa memilih sesuai yang cocok dengan Anda dan sesuai dengan yang Anda minati.

Jika Anda beruntung dan menjadi pemenang, Anda bisa dikenal banyak pengguna Wattpad dan akhirnya pengguna lain akan melihat profil Anda dan membaca karya Anda. Selain terkenal di platform Wattpad, Anda juga bisa terkenal di media sosial lainnya karena Anda dinilai menjadi penulis yang berkualitas, unik, dan memiliki karya yang menarik.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis