logo penerbit bukunesia

Cara Menerbitkan Novel Mudah Murah Dan Langsung Terbit!

cara menerbitkan novel
promo tahun baru 30%

Banyak penulis baru yang ingin menerbitkan novelnya. Akan tetapi, kurang mengetahui dan memahami bagaimana cara menerbitkan novel yang efektif. Sebenarnya, menerbitkan buku bisa dengan cara mandiri, atau bisa melalui penerbitan dan diserahkan seluruhnya ke penerbit.

Hal ini tergantung mana yang dikehendaki oleh penulis. Nah jika Anda salah satu orang yang ingin menerbitkan novel, Anda bisa mengetahui cara menerbitkan novel di bawah ini.

Jika Anda memilih cara menerbitkan novel sendiri tanpa bantuan dari penerbit mayor maupun penerbit indie atau penerbit minor.

Baca juga Cara Membuat Judul Novel Menarik dan Bagus

Berikut beberapa langkah–langkah atau cara menerbitkan novel yang perlu kamu ketahui sebelum menerbitkan novel:

1. Menyiapkan Naskah Novel Kamu

Langkah pertama untuk menerbitkan novel adalah dengan menyiapkan naskah terlebih dahulu. Anda harus memiliki naskah yang sudah jadi dan sudah sistematis, baik itu dari segi kerapiannya, bahasanya yang mudah dipahami, topik yang menarik, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengedit naskah yang telah Anda tulis sebelum Anda memulai berbagai langkah berikutnya.

Novel bisa diedit selain oleh penulis. Jika penulis sendiri yang melakukan editing, maka akan ada unsur subjektivitas yang mana menganggap naskah tersebut benar-benar sudah tepat dan sesuai keinginan. Oleh sebab itu, Anda bisa meminta bantuan orang lain, baik itu sesama penulis maupun editor yang terbiasa mengedit novel untuk membantu proses pengeditan.

Editor yang mengedit naskah tadi akan melakukan tugasnya dengan baik, mulai dari mengoreksi tanda baca, pemilihan kata, penempatan kalimat, dan berbagai kesalahan lain.

2. Buatlah Cover Yang Keren

Tahap kedua yakni mulai menyiapkan cover. Sebagai penulis yang ingin menerbitkan novel pribadi, ada baiknya jika Anda menyiapkan cover sendiri. Jika Anda tak memiliki kemampuan desain atau ilustrasi yang baik, Anda bisa meminta bantuan desain grafis untuk membuat cover yang relevan dengan novel yang Anda buat.

Atau jika Anda ingin belajar membuatnya sendiri, pastikan membuat cover semenarik mungkin. Pada dasarnya, tiap percetakan tentu akan membantu dalam mengoptimalkan desain eksterior buku, akan tetapi Anda perlu memikirkan dengan matang konsep sehingga ketika menyerahkan ke penerbit, akan minim revisi.

Selain itu, konsep yang matang dan cover yang sudah jadi juga dapat menekan biaya produksi ke penerbit, sehingga Anda bisa hemat biaya. Namun jika memang tidak memiliki kemampuan desain dan tidak ada yang bisa dimintai tolong melakukan desain, Anda bisa menyerahkan konsep yang Anda inginkan ke penerbit dan biasanya akan membayar tambahan biaya.

Tentukan juga ukuran buku, karena ukuran buku akan menentukan harga penerbitan juga. Selain ukuran buku, sistem dan juga jenis penjilidan dan juga tingkat penyajian buku atau sampul akan menentukan besaran harga dari novel tersebut.

4. Menyusun Layout Novelmu

Sama halnya seperti membuat cover, menentukan tata letak atau layout juga sama pentingnya. Kecuali jika Anda sudah memiliki keterampilan sendiri untuk mengatur tata letak, hal ini akan memudahkan Anda dan pastinya dapat menekan pengeluaran untuk mencetak buku.

Namun jika Anda tidak memiliki keterampilan tersebut, Anda memang harus meminta bantuan penerbit atau percetakan untuk membantu menyusun tata letak. Hal ini karena tata letak juga menentukan kenyamanan pembaca dalam membaca novel. Ketika tata letak yang disusun kurang rapi atau acak-acakan, tentu akan membuat pembaca bosan dan tidak tertarik.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan dana menggunakan fasilitas layouter dari penerbit atau percetakan mengingat pentingnya proses penataan tata letak atau layout tersebut.

3. Menyiapkan Uang Sebelum Ke Penerbitan

Penulis tentu tidak hanya modal tulisan saja, Anda juga perlu menyiapkan budget untuk menerbitkan novel atau buku Anda. Pada dasarnya, biaya penerbitan pada setiap penerbit tentu berbeda-beda, tergantung juga bagaimana buku novel Anda diterbitkan. Hal ini karena setiap penerbit akan memiliki kebijakannya masing-masing.

Tentu itu akan menentukan berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk menerbitkan buku. Selain itu, akan ada biaya lainnya di luar biaya cetak buku, misalnya penyediaan pembuatan sampul, ISBN, penyusunan huruf, dan lain sebagainya. Sehingga jika Anda ingin menghemat, sebaiknya lakukan tata letak dan prosesnya sendiri untuk menekan modal.

Selain itu, tak ada salahnya jika Anda bisa membandingkan juga penerbit yang satu dengan penerbit yang lain untuk membandingkan harga cetak novel dari penerbit yang satu ke penerbit yang lain. Ini penting untuk menyesuaikan budget yang Anda miliki dan keluarkan dalam menerbitkan novel.

5. Mengurus ISBN

Setiap buku termasuk novel harus memiliki ISBN. ISBN (International Standard Book Number) merupakan kode identifikasi buku yang sifatnya unik, yang harus dimiliki semua buku. Untuk mendapatkan legalitas ISBN, beberapa penerbit biasanya hanya membantu verifikasi saja, sehingga tidak termasuk cetak. Sehingga Anda juga harus menyiapkan anggaran.

Meski begitu, ada banyak penulis yang tidak keberatan jika bukunya tidak memiliki ISBN tetapi buku tersebut ada di katalog resmi Perpustakaan Nasional RI, terutama yang sifatnya pemasaran pribadi. Baru ketika buku tersebut laris manis di pasaran, mereka akan mengajukan permohonan ISBN.

6. Mencari Percetakan Novel

Setelah mengurus ISBN, Anda bisa mulai mencari dan menghubungi penerbit atau percetakan. Di Indonesia, ada banyak penerbit yang dapat membantu Anda untuk menerbitkan buku yang Anda tulis. Bahkan Anda tidak perlu susah mencari, karena percetakan online saat ini bisa dilakukan dengan cara print-on-demand.

Salah satu penerbit yang bisa Anda pilih adalah Penerbit Bukunesia. Bukunesia akan memberi penawaran khusus untuk para penerbit yang kurang percaya diri dalam menerbitkan buku atau bahkan belum selesai menulis buku karena Bukunesia akan mendampingi penulis sampai bukunya terbit.

Selain itu, berbagai penawaran menarik lainnya juga ditawarkan Bukunesia, termasuk dalam hal biaya. Bukunesia mengupayakan mencetak buku dengan harga terjangkau, agar buku tersebut dibaca, dipelajari, dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan. Dan dibukunesia saat ini sedang ada PROMO SHOCTOBER sampai 900 Ribu yang dimana gratis semua layanan dalam percetakan seperti, gratis desain cover, layout, ISBN, E-sertifikat, dll. Untuk informasi percetakan novel melalui Bukunesia, Anda bisa melihat informasinya pada laman ini.

7. Menentukan Jumlah Eksemplar

Selanjutnya ketika naskah Anda sudah diterima oleh penerbit, Anda bisa menentukan berapa jumlah eksemplar yang akan Anda cetak. Tentu saja ini berkaitan juga dengan biaya penerbitan yang harus Anda keluarkan. Anda harus memperkirakan dengan tepat berapa yang akan Anda cetak, jangan sampai kurang atau bahkan terlalu berlebihan sehingga membuang uang.

8. Menyiapkan Hak Cipta

Kemudian, tentukan hak cipta atau Haki. Hak cipta ini adalah cara paling aman agar buku Anda dilindungi. Hak cipta juga akan mencantumkan pemberitahuan yang jelas mengenai buku.

Jika Anda ingin mencantumkan Haki, pada dasarnya sebagian besar situs self-publishing menawarkan pemberitahuan hak cipta, misalnya pada halaman hak cipta atau sampul belakang,daftar ©2020, Lidia Lestari, Hak Cipta yang dilindungi undang-undang sudah cukup menunjukkan bahwa karya tersebut benar-benar menjadi hak penulis.

Baru setelah itu, Anda bisa membuka halaman hak cipta pemerintah dan mengisi formulir yang diperlukan dengan lengkap.

9. Menentukan Harga

Tahap terakhir dari cara menerbitkan buku adalah menentukan harga. Berapa harga yang harus Anda tentukan tentu menyesuaikan dengan biaya yang Anda keluarkan selama buku tersebut diproses oleh penerbit. Namun, Anda juga harus memperkirakan terlebih dahulu harga tersebut dan menyesuaikan dengan pasar.

Jangan memasang harga terlalu murah atau terlalu mahal dan menjualnya di pasaran dengan harga yang kurang sesuai karena bisa berisiko mematikan pangsa pasar.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis