9 Cara Membuat Judul Novel Menarik dan Bagus

Cara membuat judul novel yang menarik

Cara membuat judul novel yang menarik itu penting. Seberapa penting? Sepenting tujuan kamu membuat novel yang membutuhkan niat dan pengorbanan yang tinggi. Meskipun hanya sebuah judul, ternyata judul novel memiliki kekuatan marketing yang luar biasa. 

Siapa yang menyangka jika bermodal membuat judul novel yang menarik, dapat membantu meningkatkan penjualan buku. Mampu menggelitik pembeli untuk membelinya. Dari sini pun sudah terlihat seberapa penting kekuatan membuat judul novel yang tepat.

Baca juga: Apa itu Novelet?

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat judul novel yang menarik? nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya. Langsung saja yuks, kita ulas satu persatu. 

1. Singkat Maksimal 4 Kata

Selama ini banyak pemula yang tidak mengetahui bahwa penulisan judul itu ada aturannya. Tentu saja penulisan judul novel dengan penulisan judul artikel di surat kabar ataupun di website juga memiliki aturan yang berbeda. 

Khususnya pada novel, membuat judul novel yang menarik maksimal 4 kata saja. lebih dari empat kata tidak direkomendasikan, karena dianggap terlalu panjang. Jika kamu amati judul-judul novel yang best seller, rata-rata hanya pendek, dan tidak lebih dari 4 kata. 

Jika di amati, banyak judul novel yang ditulis hanya satu kata. Meskipun hanya satu kata, nyatanya sukses menarik perhatian dan laris-laris aja di toko buku. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu setuju? Atau mungkin kamu juga akan mencobanya? 

2. Unik dan Belum Pernah Ada

Membuat judul novel yang menarik dapat dilakukan dengan menciptakan judul yang unik. Pastikan judul tersebut belum pernah ditulis dan belum pernah digunakan oleh penulis lain. Memang untuk menciptakan sesuatu yang baru memang tidaklah mudah. 

Namun kamu bisa melakukannya. Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan mencari kata atau istilah yang menarik yang kamu gunakan di dalam novel yang kamu tulis. Jika ternyata di dalam novel kamu tidak ada, kamu bisa merenungkan istilah atau persamaan yang mewakili isi novel kamu, dengan istilah yang unik.  

3. Judul Emosional

Cara membuat judul novel yang menarik yang selanjutnya adalah, pastikan judul tersebut bersifat emosional. Maksud dari emosional di sini adalah, ketika pembaca membaca judul, merasa getar-getar dan memiliki daya tarik dan ketertarikan. 

Bisa juga judul yang kamu pilih memiliki impresi. Impresi adalah kesan, baik itu kesan secara visual, hingga kesan perasaan yang sifatnya pernah dialami dan dirasakan oleh si pembaca. Karena kesan dan perasaan inilah yang membuat calon pembaca memiliki perasaan “Aku banget” atau memiliki asas perasaan kesamaan.

4. Memiliki Ciri Khusus

Tips membuat judul novel yang menarik dapat dilihat dari jenis cerita. Jika kamu mengangkat cerita horor, maka gunakan kata kunci yang selaras. Pilih diksi judul yang menunjukan bahwa itu benar-benar hal yang menyeramkan dan menakutkan. 

Sebaliknya, jika kamu ingin mengangkat cerita tentang romansa, kamu pun juga harus pandai memilih diksi yang sesuai. Dua jenis novel genre horror dan romansa tidak dapat dipungkiri paling banyak diminati calon pembaca. 

Pertanyaannya adalah, apakah ini akan bertahan lebih lama? Kita ingat beberapa tahun lalu, saat cerita-cerita romansa mendominasi pasar. Muncul cerita persahabatan dan perjuangan bertahan hidup karya Andrea Hirata yang terkenal dengan buku Triologinya. DImana Andrea Hirata tidak fokus dan tidak melulu soal cinta, tapi tentang perjuangan mengejar mimpi. 

Dari sini, kita bisa belajar bahwa kamu bisa menciptakan sesuatu yang baru. Saya pernah membaca sebuah buku yang membuat saya terkesan. Ada nasihat bagus yang intinya, jika kamu melakukan hal-hal yang umum, kamu akan menjadi seperti mereka. Jika kamu melakukan hal-hal yang berbeda, kamu akan menjadi special dan unik. 

5. Bisa Menambahkan Kata Asing

Ada yang bilang bahwa cara membuat judul novel yang menarik dapat dilakukan dengan cara menambahkan kata asing. Terutama novel-novel era sekarang. banyak sekali novel yang dimasuki bahasa asing. Namun dari saya pribadi, jika diharuskan untuk menambahkan bahasa asing, maka bisa ditambahkan. 

Jika tidak perlu, dan memaksakan diri agar ada bahasa asing. Maka tidak perlu. Jika diamati novel-novel senior yang mengangkat tokoh-tokoh masa lampau (misal novel biografi) ada juga bahasa asing. Namun bukan bahasa asing yang kebarat-baratan. Namun adanya bahasa ejaan lama. 

JIka dibaca era sekarang, akan terdengar asing. Apalagi jika novel tersebut terjemahan dari karya sastra lama, maka juga akan kita temukan bahasa asing, yang mana itu sebenarnya juga bagian dari bahasa kita. Namun karena perubahan bahasa, terdengar asing bagi kita era saat ini. 

6. Bisa Masukkan Nama Tokoh

Cara membuat judul novel yang menarik yang bisa kamu coba, kamu bisa memasukan nama tokoh menjadi sebuah judul. Meskipun hanya sebatas nama tokoh untuk judul, jika didukung oleh desain cover yang menarik, tentu akan lebih mengetik dan menarik perhatian calon pembaca. 

Jadi, bagi penulis pemula juga perlu tahu bahwa tidak hanya judul saja yang menjadi strategi marketing. Tetapi halaman sampul depan dapat mempengaruhi ketertarikan dari calon konsumen. 

7. Membuat Judul Setelah Menulis Novel

Tidak dapat dipungkiri jika membuat judul novel yang menarik tidaklah mudah. Jika umumnya pemula membuat judul di bagian awal, dan baru menyusun isi. Maka, kamu bisa membuat judul di bagian akhir. Ketika bagian isi sudah selesai dituliskan. 

Kenapa menuliskan judul bagian akhir? Dari apa yang aku rasakan. Menuliskan judul di bagian akhir memudahkan untuk memilih diksi yang tepat, yang dapat mewakili isi novel, hanya dalam kata singkat. Nah bagaimana dengan kamu? Untuk penulisan judul di bagian awal atau akhir, setiap penulis memiliki seleranya sendiri.

8. Judul Dekat dengan Fenomena Alam

Membuat judul novel yang menarik itu dibuat atas dasar fenomena yang terjadi disekeliling kita. Justru judul-judul yang sederhana dan dekat dengan kehidupan kita yang lebih menarik perhatian. Sebaliknya, judul-judul yang terlalu jauh dan terlalu mengawang-awang justru kurang menarik. Mungkin ini karena tidak adanya perasaan “kesamaan rasa/nasib”.

9. Perbanyak Baca

Adapun cara terakhir membuat judul novel yang menarik, yaitu dengan banyak membaca. Semakin banyak bacaan yang kita baca. Semakin banyak pula kosakata, perspektif dan wawasan kita terhadap banyak hal. 

Hal inilah yang nantinya akan membantu banyak buat kamu merumuskan sebuah judul yang lebih unik,menarik dan berbeda. Prinsip dari banyak membaca adalah sebagai stimulus untuk mengaktifkan sel saraf otak kita untuk berfikir kritis dan aktif. 

Ketika otak kita bekerja secara maksimal dan kritis. Maka ada banyak hal yang bisa disampaikan. Itu sebabnya bagi penulis yang sudah terbiasa, mereka tidak lagi kesulitan menentukan topik cerita dan tidak lagi kesulitan membuat judul. 

Karena memang di dalam kepala mereka ada banyak gagasan yang tidak terhitung dan dituliskan. Kamu pun suatu saat nanti juga bisa seperti itu. Nah, semoga dari seiit ulasan tentang membuat judul novel yang menarik ini memberikan gambaran, semangat dan manfaat. Selamat mencoba dan selamat berkarya. (Irukawa Elisa)

Panduan Menulis Novel Lengkap Lainnya

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis