Format Penulisan Novel yang Baik

Format Penulisan Novel

Dalam menulis sebuah novel, tentu saja ada berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis. Misalnya struktur atau unsur yang terkandung di dalam novel hingga bagaimana format penulisan novel yang tepat. Kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana format penulisan novel yang tepat.

Seperti yang diketahui, penulisan novel tentu memiliki format yang berbeda dengan penulisan karya sastra atau karya tulis yang lainnya. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara atau format penulisan novel yang tepat, terutama jika menggunakan aplikasi menulis Microsoft Word.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai format penulisan novel yang mana menggunakan fitur atau aplikasi Microsoft Word sebagai media menulis novel.

Baca juga: Cara Membuat Novel di HP

Format Penulisan Novel

Dalam menulis novel, tentu saja format penulisan novel harus diperhatikan, apalagi jika Anda memilih menggunakan alat menulis yaitu Microsoft Word. Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa format penulisan novel yang bisa diterapkan saat menulis novel.

1. Menentukan Ukuran Kertas

Hal pertama yang harus dilakukan saat menulis novel di Microsoft Word adalah menentukan ukuran kertas yang diinginkan. Pada dasarnya, ukuran kertas yang digunakan pada buku adalah ukuran A5. Ukuran A5 dianggap menjadi ukuran standar yang menjadi ukuran kertas mayoritas di Indonesia.

Akan tetapi, Anda yang akan menulis novel harus mengetahui bahwa ukuran kertas yang biasa digunakan di dalam novel berbeda. Di dalam novel, ukuran kertas yang biasa digunakan adalah lebih kecil dari A5, yaitu normalnya adalah 13 x 19 cm atau 14 x 20 cm. Ukuran tersebut menjadi ukuran yang biasa digunakan saat menulis novel.

Mengapa demikian? Ternyata ada alasan novel dibuat dengan ukuran kertas tersebut, yaitu karena novel yang dicetak dimensinya akan sesuai dan mudah dibawa ke mana pun. Untuk memilih ukuran tersebut, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Anda tentu harus membuka aplikasi Microsoft Word, kemudian klik ‘Page Layout’ dan kemudian masuk ke ‘Page Setup’ dan Anda bisa mulai mengatur ukuran kertas secara manual pada kolom yang sudah disediakan.

2. Mengatur Margin

Setelah mengatur atau menentukan ukuran kertas yang sesuai, selanjutnya Anda dapat mengatur margin yang akan digunakan pada penulisan novel tersebut. Margin merupakan batas ukuran atas-bawah dan juga kanan-kiri dari naskah.

Fungsi dari margin adalah memberi area khusus untuk penulisan isi novel dan area kosong lain misalnya untuk menulis nomor halaman, catatan kaki, dan lain sebagainya. Margin memiliki peran penting dalam penulisan, terutama novel agar tulisan atau naskah terlihat rapi dan lebih mudah dibaca.

Untuk menentukan margin, biasanya akan digunakan ukuran 1.5 cm atau 2 cm untuk margin yang biasa digunakan di dalam novel. Akan tetapi, Anda harus memberi lebihan ukuran margin di bagian dalam jilid novel sebesar 0.5 cm agar tulisannya tidak terpotong.

Untuk menentukan margin, Anda bisa masuk ke ‘Page Layout’, kemudian klik ‘Margins’, dan tentukan ukuran margin yang diinginkan.

3. Menentukan Jenis dan Ukuran Font

Anda kemudian juga bisa menentukan jenis dan juga ukuran font atau huruf yang digunakan. Biasanya dalam penulisan novel digunakan dua jenis huruf standar. Anda juga bisa menyesuaikan patokan yang ditentukan oleh penerbit yang akan menerbitkan huruf Anda. 

a. Jenis Font yang Biasa Dipakai

Biasanya, font yang digunakan dalam menulis novel adalah sebagai Times New Roman dengan ukuran 12, Arial dengan ukuran 12 atau 11, atau Calibri.

b. Ukuran Font Judul dan Body

Untuk ukuran font pada judul dan body text, biasanya pada judul menggunakan ukuran font yang lebih besar daripada di body text dan biasanya ada penekanan dengan membuat judul menjadi huruf tebal.

Namun biasanya Anda tetap harus memilih font dan ukuran yang sesuai dan menghindari font dengan tulisan sambung agar naskah yang Anda tulis lebih mudah dan cepat dipahami oleh pembaca.

4. Menentukan Line Spacing

Selain menentukan ukuran huruf atau font, dalam format penulisan novel Anda juga harus menentukan besar kecilnya line spacing agar tingkat keterbacaan buku semakin baik lagi. Line spacing merupakan jarak antarbaris dalam satu paragraf.
Umumnya, ukuran line spacing yang digunakan adalah 1.15 sampai 1.5. Akan tetapi ada juga yang menggunakan ukuran 2 cm. Hal ini bukan masalah besar jika memang penulis lebih nyaman dengan ukurannya masing-masing. Untuk menentukan line spacing, Anda bisa memilih fitur yang akan ditampilkan pada gambar di bawah ini.

5. Numbering

Terakhir adalah numbering. Numbering adalah cara untuk memberi nomor pada poin atau subbab yang ada di dalam naskah novel. Penulisan numbering ini akan memudahkan pembaca mengetahui dan mencari bab mana yang ingin mereka baca di dalam novel. Berikut adalah fitur yang digunakan untuk penulisan numbering.

Sudah siap untuk menjadi penulis novel yang baik dan terkenal? Yuk mulai menulis sekarang dan terbitkan di bukunesia.com

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis