logo penerbit bukunesia

4 Cerita Opening Yang Menarik & Cara Membuat Opening

opening cerita yang menarik
promo tahun baru 30%

Opening cerita harus dibuat semenarik mungkin. Meskipun hanya sebuah opening, ternyata opening cerita memiliki peran yang sangat besar. opening cerita yang ditulis secara data dan biasa-biasa tentu saja akan terasa membosankan. Sehingga berpengaruh pada daya tarik pembaca. Lalu bagaimana cara membuat cerita opening yang menarik?

Opening cerita yang tidak menarik akan mempengaruhi animo dan minat. Sebagus apapun isi dan pesan cerita dibagian dalam, tidak akan dibaca oleh pembaca. sementara cerita yang isi dan pesannya biasa saja, namun penulis memiliki seni membuat opening cerita yang menarik, akan mempengaruhi tingkat keterbacaan cerita.

Dari sini dapat dilihat bahwa opening cerita itu penting dikuasai oleh setiap penulis cerita agar dapat dibaca banyak orang. pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat opening cerita? Kita akan ulas.

Cara Membuat Opening Cerita

Buat kamu yang bingung, terkait bagaimana cara membuat opening cerita yang menarik?Tenang, ada beberapa tips cara yang bisa kamu coba, dengan cara berikut ini. 

1. Buka Dengan Pertanyaan

Jika kamu bingung bagaimana memulainya, kamu bisa mengawalinya dengan membuat pertanyaan yang relevan. Cara membuat opening cerita dengan pertanyaan lebih mudah untuk memancing rasa penasaran penikmat. Tentu saja saat membuat pertanyaan harus diperhatikan konsep dan temanya. Selain itu, perhatikan pula jenis tulisan yang akan disampaikan. MIsalnya, apakah itu cerpen, novel atau materi non fiksi seperti copywriting, script writing dan masih banyak lagi.

2. Buka Dengan Setting Cerita 

Kamu juga bisa membuat opening cerita dengan mengawalinya dengan setting cerita. Cara ini juga yang paling sering saya gunakan untuk mengawali sebuah cerita agar lebih luwes dan dramatis. Setting cerita bisa memfokuskan pada tempat, ataupun suasana yang terjadi di suatu tempat. Penulisan setting cerita dapat dijadikan pembuka yang paling banyak ditemukan. Baik itu di cerpen ataupun pada novel. 

3. Buka Dengan Quotes

Kamu juga bisa membuat opening cerita dengan menggunakan quote-quote yang menarik.Selain quote,kamu juga mengawalinya dengan kata mutiara. Kamu bisa menggunakan quote yang orang-orang terkenal. Atau jika kamu memiliki quote bagus sendiri, yang kamu ambil dari hikmah perjalanan hidupmu bisa banget untuk kamu tulis. 

pastikan ketika ingin menggunakan quote dari orang terkenal, pastikan isi quote tersebut memiliki relevansi dengan apa yang hendak dituliskan. bagaimana jika quote tidak ada relevansinya? Pastinya cerita atau tulisans akan kurang menarik dan kuranan nendang.

4. Buka Dengan Dialog

Dialog juga menjadi salah satu cara membuat opening cerita yang paling banyak dilakukan. Terutama dalam cerita cerpen maupun novel. Dialog dapat dijadikan sebagai pencair suasana agar pembicaraan semakin leluasa.  Hanya saja, butuh seni agar dialog yang dibuat lebih menarik pembaca agar tertarik membaca lebih dalam. 

pastikan dialog dibuat memuat esensi dan membuat rasa penasaran pembaca. buat misteri atau buat gebrakan yang membuat pembaca berpikir “loh, apa yang terjadi, kok begini”, atau membuat pembaca berpikir “apa penyebabnya?”. jika pembaca sudah muncul rasa penasaran seperti itu, akan otomatis akan mengajak pembaca penasaran ingin membaca cerita sampai selesai.

Itulah beberapa cara membuat opening cerita. Sebenarnya masih ada banyak cara lain selain dari keempat cara di atas. Misalnya, kamu bisa mengawalinya dengan suara atau bunyi-bunyi seperti bunyi jam. Atau jika kamu memiliki selera humor yang bagus, tidak ada salahnya untuk membuat opening cerita dengan humor. atau bisa juga dengan menceritakan pengalaman pribadi yang dikemas menjadi lebih harmonis dan menarik.

baca juga Pengertian dan Macam-Macam Dialog Tag

Contoh Opening Cerita

Ada beberapa contoh opening dengan berbagai poin of view, berikut adalah contoh opening cerita

1. Buka Dengan Pertanyaan

  1. Contoh opening cerita dengan pertanyaan 1

mengapa tempat cantik ini dilarang dijadikan objek wisata? Ada apa yang sebenarnya terjadi di dalamnya? Apakah potensi alam yang indah ini memiliki rahasia dan potensi yang takut diketahui dan dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu? 

Entahlah, aku pun tidak tahu. Namun yang pasti, aku sedang mencari jawabannya sekarang.

  1. Contoh opening cerita dengan pertanyaan 2

Kenapa bisa satu keluarga meninggal semua? Apakah tetangga tidak mencium bau busuk dari dalam rumahnya? Jika memang keluarga yang meninggal di Kalideres karena kelaparan, apakah mungkin? Jika ternyata masuk dalam orang yang berpunya.

2. Buka Dengan Setting Cerita

Awan berarak mengeja bentak tak jelas. Duduk seorang gadis berbaju biru berambut panjang. Angina sepoi-sepoi menyibak rambut tipis yang sesekali menutup mata sendu. Awan yang putih mendadak berubah gelap dan bergumul, hingga tiba gelegar petih dan jatuhlah air mata di mata canti si gadis yang kecewa akan kehidupan.. 

3. Buka Dengan Quotes

 Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan.” – Napoleon Hill

Itu artinya, pentingnya hidup disiplin dan keras pada diri sendiri. Karena apa yang dilakukan saat ini akan kita rasakan setelah 5-10 tahun yang akan datang. 

4. Buka Dengan Dialog

“Bedebah yang pantas mati! Dia tega membunuh ibunya sendiri hanya masalah sepele! Akan aku habisi dia!”

“Tunggu, tahan emosi. PIkirkan dengan kepala dingin. Jangan main hakim sendiri. Biarkan hukum yang menyelesaikan, dan biarkan sanksi sosial yang menjadi hukumannya”.

baca juga Cara Membuat Dialog dan Contohnya

“Tidak! aku tidak terima. aku akan habisi dia sebelum pergi lebih jauh”. Serunya sambil bergegas pergi penuh amarah dan murka mencari adik bangsat itu.

Itulah beberapa contoh opening cerita yang menarik mungkin bisa kamu coba untuk memulai. Sebenarnya untuk opening cerita itu sendiri, setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri. Jadi tidak ada hukum pasti, semua tergantung dari karakter dan kesenangan masing-masing. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis