Ciri-Ciri Penulis yang Baik dan Sukses

ciri penulis yang baik
banner-download-ebook

Setiap orang memang bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa menjadi penulis yang baik. Seorang penulis yang baik dapat diketahui dari berbagai ciri-ciri yang dimilikinya. Tidak hanya itu, ciri-ciri penulis yang baik juga bisa menentukan apakah seorang penulis dapat menjadi penulis yang berhasil.

Lalu, apa saja ciri-ciri seorang penulis yang baik dan berhasil? Berikut ini adalah penjelasannya, serta berbagai alasan mengapa seseorang ingin menjadi penulis. Siapa tahu kamu juga memiliki impian untuk menjadi seorang penulis.

Baca juga: Format Penulisan Novel

Ciri Penulis Berhasil

Sebagai seorang penulis yang baik dan berhasil, setidaknya ada enam ciri ini yang memperlihatkan kedua hal tersebut.

1. Konsisten Menghasilkan Karya

Keberhasilan seorang penulis bisa dilihat bagaimana ia konsisten menghasilkan sebuah tulisan atau sebuah karya. Maksudnya adalah penulis tidak hanya menghasilkan satu atau dua karya, kemudian menghilang. Penulis yang sukses adalah ia yang selalu menghasilkan karya secara terus-menerus.

2. Menulis Menjadi Sumber Penghasilan

Ciri kedua ini berhubungan dengan ciri yang pertama. Jika seorang penulis dapat menghasilkan karya secara konsisten, maka pendapatannya dari menulis bisa menjadi sumber penghasilan untuk kehidupannya.

3. Karyanya Selalu Dinantikan

Karyanya yang selalu terbit secara konsisten biasanya akan selalu dinantikan oleh para pembacanya. Maka dari itu, ciri seorang penulis yang baik dan berhasil adalah bahwa karyanya selalu dinantikan oleh pembaca.

4. Tulisannya Memberi Pengaruh

Sebagai seorang penulis yang sudah memiliki banyak pembaca dan karyanya selalu dinantikan, maka karya atau tulisannya dapat memberikan pengaruh bagi pembacanya.

Pengaruh ini bisa berasal dari kalimat-kalimat yang dituliskannya, maupun dari keseluruhan cerita yang dibuatnya.

5. Mampu Menghadapi Tantangan

Menjadi seorang penulis tentu bukan hal yang mudah, karena ada berbagai kritik yang dihadapi, maupun berbagai fase, seperti writer’s block.

Seorang penulis yang baik dan berhasil adalah mereka yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan tetap menghasilkan karya yang menarik.

6. Membagikan Ilmunya

Seorang penulis yang baik dan berhasil tidak akan pelit untuk berbagi ilmu dengan pembacanya. Ilmu-ilmu yang dimiliki oleh penulis ini bisa dibagikan melalui tulisannya, maupun dari seminar atau acara yang diadakannya.

Baca juga: Penulisan Kreatif dan Cara Membuatnya

Mengapa Jadi Penulis?

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, banyak orang yang ingin menjadi penulis, tapi tidak semua orang bisa menjadi seorang penulis. Apakah kamu juga merupakan salah satu orang yang ingin menjadi penulis?

alasan menjadi penulis
Alasan Menjadi Penulis

Sebenarnya, apa yang menjadi alasan seseorang ingin menjadi penulis? Lima hal ini bisa menjadi beberapa alasan mengapa seseorang ingin menjadi penulis.

1. Berawal dari Hobi

Hobi menulis bisa menjadi salah satu alasan dan penyebab seseorang menjadi penulis. Seseorang dengan hobi menulis ini kemudian ingin mengembangkan kemampuannya dalam menulis, sehingga menjadikan menulis sebagai profesinya yang terus berlanjut.

2. Mengungkapkan Isi Hati

Alasan lain seseorang ingin menjadi penulis juga untuk mengungkapkan isi hatinya yang selama ini tidak bisa diungkapkan langsung. Tidak hanya itu, menulis juga bisa menjadi salah satu terapi bagi batin penulis tersebut.

3. Berbagi Pengalaman

Tanpa diketahui, pengalaman yang dialami oleh penulis bisa saja dialami oleh orang lain atau pembaca lain. Menjadi seorang penulis yang menghasilkan berbagai karya berdasarkan pengalaman pribadinya atau orang-orang sekitarnya bisa menjadi sarana untuk berbagi pengalaman kepada orang lain.

4. Ingin Dikenal

Alasan lain yang membuat seseorang ingin menjadi penulis adalah karena ingin dikenal secara lebih luas oleh banyak orang. Menjadi terkenal sebagai penulis tidak selalu karena penulis ingin sombong, tapi karena ingin menunjukkan kalau penulis adalah orang yang mampu dan ahli dalam bidang kepenulisan.

Ciri-Ciri Penulis yang Baik

1. Suka Baca Apapun

Ciri pertama dari seorang penulis yang baik adalah suka membaca apapun. Membaca apapun yang dimaksud di sini bukan hanya membaca buku saja, tapi juga membaca artikel, membaca berita, hingga membaca blog.

Membaca berbagai sumber bacaan akan menambah inspirasi penulis dalam menulis dan menghasilkan karya baru.

2. Suka Memperkaya Kosa Kata

Ada berbagai hal yang menunjukkan bagus atau tidaknya sebuah tulisan, salah satunya adalah pemilihan dan penggunaan kosa kata.

Ciri seorang penulis yang baik adalah dia yang suka memperkaya kosa kata untuk digunakan pada tulisan yang dibuatnya.

3. Melankolis

Seorang penulis sebaiknya memiliki rasa melankolis, yaitu cenderung menekankan perasaannya yang peka dan sensitif.

Perasaan melankolis yang dimiliki oleh penulis akan berpengaruh ke tulisannya, yaitu membuat pembacanya hanyut dalam cerita yang ditulis oleh penulis.

4. Jalan-Jalan dan Coba Hal Baru

Inspirasi untuk menulis bisa didapatkan dari mana saja dan dari berbagai hal yang dilakukan. Maka dari itu, seorang penulis yang baik harus membiasakan diri untuk banyak berjalan-jalan dan mencoba berbagai hal baru.

Jalan-jalan dan mencoba hal baru bisa membuat penulis mendapatkan inspirasi dan berbagai sudut pandang baru untuk karyanya.

5. Suka Sudut Pandang Berbeda

Sebuah tema yang umum atau sudah banyak dituliskan tetap bisa menjadi tulisan yang menarik bagi pembaca. Caranya adalah dengan menuliskannya dari sudut pandang yang berbeda.

Inilah sebabnya, memiliki dan suka sudut pandang yang berbeda dapat menjadi ciri lain dari seorang penulis yang baik. Nah, biar makin unik kalian bisa baca point of view penulis dalam cerita.

6. Pemikiran Logis

Meski menulis sebuah tulisan bergenre fiksi, seorang penulis tetap harus memiliki pemikiran logis. Pemikiran logis ini akan membuat tulisan fiksi yang dihasilkannya tidak terasa berlebihan, namun tetap memiliki cerita yang menarik.

7. Bisa Menilai (Tulisan yang Bagus dan Tidak)

Seorang penulis yang baik bisa menilai apakah sebuah tulisan bagus atau tidak. Penulis biasanya mencari berbagai inspirasi dari tulisan-tulisan lain yang dibacanya. Maka dengan kemampuan menilai sebuah tulisan, penulis juga bisa mencari referensi yang baik atau tidak.

9. Penasaran (KEPO)

Rasa penasaran menjadi ciri-ciri penting dari seorang penulis yang baik, sebab rasa penasaran yang dimiliki penulis membantunya untuk mengobservasi atau meneliti lingkungan di sekitarnya.

Hasil observasi ini bisa digunakan sebagai bahan tulisannya atau untuk menambahkan detail pada tulisan yang dibuatnya.

10. Seorang yang Pendengar

Ciri penulis yang baik juga adalah bersedia menjadi seorang pendengar, selain menjadi seorang yang penasaran dan pemerhati.

Mendengarkan cerita orang lain dengan baik atau berbagai isu di sekitarnya bisa membantunya dalam membuat sebuah cerita. Sebab kisah atau cerita orang lain yang didengarkannya bisa dituangkannya menjadi sebuah cerita.

11. Daya Imajinasi yang Tinggi

Inspirasi menulis bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dari imajinasi penulis. Kemampuan imajinasi penulis yang baik terutama dibutuhkan oleh penulis dengan genre fiksi.

Daya imajinasi tinggi yang dimiliki penulis dapat membuat terciptanya cerita dan tokoh menarik dengan kisah yang tidak biasa.

12. Menulis adalah Ekspresi Diri

Bagi seorang penulis, menulis adalah sebuah ekspresi diri. Inilah sebabnya, penting bagi seorang penulis untuk menulis atau menghasilkan karya yang sesuai dengan dirinya atau genre yang disukainya, agar karyanya menjadi cerminan dan ekspresi diri penulis.

13. Anti Kritik dan Baper

Sebaik dan sebagus apapun tulisan yang dihasilkan oleh seorang penulis pasti akan mendapatkan kritikan. Sebagai seorang penulis, penting untuk tidak terlalu larut dalam kesedihan dan keterpurukan dari kritik yang didapatkannya dan menjadi orang yang terlalu baper atau terbawa perasaan.

Jadikan kritik yang diterima menjadi sebuah hal yang membangun, agar bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik.

14. Konsisten Menulis

Salah satu cara agar tulisan atau karya bisa cepat selesai adalah dengan konsisten menulis. Biasakan tetap menulis setiap hari, meskipun sedikit-sedikit.

Sebab dengan konsisten menulis setiap hari, baik itu tulisan yang sudah tertata maupun yang masih berbentuk kerangka, maka tulisan dapat cepat selesai. Biar makin konsisten, gunakan teknik menulis bagi penulis.

15. Punya Impian Besar

Seorang penulis yang baik juga harus memiliki impian yang besar. Misalnya adalah mimpi untuk menerbitkan bukunya. Impian besar ini akan membantu penulis untuk dapat menyelesaikan tulisannya dan membuat karya sebaik mungkin.

16. Memiliki Jiwa

Percaya atau tidak, sebuah tulisan juga memiliki ‘jiwa’, yang membuatnya jadi lebih hidup dan menyenangkan untuk dibaca.

Jiwa sebuah tulisan didapatkan dari penulisnya, sehingga seorang penulis juga harus memiliki jiwa, akan akan mengalir ke tulisannya.

(Penulis: Tyas Wening)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis