6 Tips Mencari Ide Konten Youtube

tips mencari ide konten youtube

Beberapa tahun belakangan terakhir nampaknya pekerjaan yang paling banyak dilirik dan dijajal adalah menjadi youtuber. tapi Banyak konten kreator yang masih bingung saat mencari ide konten youtube yang sesuai.

Sayangnya demi memperoleh penghasilan fantastis harus memiliki subscriber yang tidak sedikit loh. Salah satu cara agar subscriber bisa naik drastis adalah dengan cara memperhatikan ide konten youtube yang menarik. 

Sementara, banyak sekali orang yang merasa kesulitan menentukan ide konten vidio youtube yang dapat diminati itu yang seperti apa. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan berbagi pengalaman dan share tentang dunia per youtubean nih. 

Tips Mencari Ide Konten Youtube

Gimana sih cara mencari ide konten menarik untuk youtube? Ternyata ada banyak sekali menanyakan pertanyaan tersebut. Sebenarnya tidak perlu dipikir ribet. Karena ide dapat kita peroleh dari hal-hal yang ada disekitar kita bahkan dari apa yang kamu kuasai dan kamu sukai loh. Biar lebih afdol, berikut adalah beberapa tips mencari inspirasi konten youtube. 

1. Explore Diri

Ide konten akan menarik apabila kita bersedia melakukan eksplorasi pada diri sendiri. Terlepas konten-konten menarik yang ada di luar sana, ternyata kembali kepada diri kita sendiri. Tips saya, kenali terlebih dahulu karakter, kesenangan, hobi dan daya tarik kamu. 

Ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang” ini dapat diterapkan dalam menentukan inspirasi konten youtube. Pada dasarnya setiap masing-masing orang memiliki daya tariknya sendiri. salah satu cara mengetahui daya tarik pada diri sendiri adalah dengan mengenali betul siapa diri kita masing-masing. 

Ketika kita bisa menemukan daya tarik yang dimiliki. Maka ada banyak sekali ide konten youtube yang akan kita temukan. Luar biasanya, ide yang diambil dari hasil eksplorasi diri sendiri lebih original dan tidak umum itu-itu saja. 

2. Buat Sesuai Yang Kamu Cintai Dan Kuasai 

Tips mencari inspirasi konten youtube yang kedua, buatlah ide yang sesuai dengan karaktermu, berdasarkan pada apa yang kamu kuasai dan apa yang kamu cintai. Jangan buat channel youtube berdasarkan memenuhi kebutuhan orang lain, sementara diri sendiri tidak suka dengan tema tersebut. 

Kecuali, jika sejak awal kamu sudah merasa sanggu menekan diri sendiri dan berkomitmen bisa membuat konten yang diminati orang lain. Kalo dari pengalaman saya dalam mengembangkan channel saya. Saya lebih fokus pada apa yang saya sukai dan kuasai. 

Keuntungannya setiap kali membuat konten, terasa lebih ringan. Saya pun juga tidak merasa terbebani. Setidaknya bekerja dengan cinta akan meringankan dan memberikan semangat tersendiri. Susah sekalipun, tetap terasa menyenangkan, dan ini yang menurutku lebih paling penting agar tetap konsisten. 

3. Bekerja Berdasarkan Minat 

Berapa banyak inspirasi konten youtube yang akhirnya berhenti dan mati suri? Ada banyak. Salah satu penyebabnya karena minat yang tidak sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Ternyata minat mampu mempengaruhi dalam menentukan inspirasi konten youtube. 

Setidaknya ketika kita tidak minat pada tema tertentu, rasanya sulit sekali menemukan sesuatu yang baru. Sebaliknya, ketika kita sudah memiliki minat pada bidang tersebut. Maka ada banyak sekali peluang yang dapat dijadikan sebagai inspirasi konten youtube yang kece, keren tiada duanya. 

banner-di-artikel (1)

4. Peka Pada Isu Terkini 

Jika ketiga tips ide konten youtube sudah dikuasai, tips selanjutnya harus peka pada isu terkini. Tidak dapat dipungkiri jika isu-isu terkini mampu mendongkrak minat pembaca. Bahkan mengundang artis-artis atau orang yang sedang viral, terbukti efektif menaikan viewer dan subscriber loh. 

5. Survey Kata Kunci 

Tips cara mendapatkan ide konten youtube yang wajib kamu lakukan adalah melakukan survey kata kunci. Gunakan kata kunci yang sering digunakan. Jika perlu, survey kata kunci terlebih dahulu, barulah membuat konten. Cara ini juga cukup efektif untuk meningkatkan jumlah view dan subscriber.

6. Berpikir Sederhana 

Selama ini banyak orang yang mencari ide konten youtube dengan cara berpikir ribet, berfikiran terlalu jauh dan berfikiran terlalu kompleks. Padahal, justru dari ide-ide sederhana yang ada di sekeliling kita justru mampu menarik perhatian viewers. 

Itulah beberapa tips mencari ide konten youtube yang wajib kamu perhatikan. Semoga tips di atas banyak membantu. 

Inspirasi konten youtube

Setelah melihat tips mencari ide konten youtube, kamu masih merasa kurang hidup dan kurang greget? Barangkali butuh beberapa inspirasi. Sebenarnya ada banyak inspirasi yang bisa kamu jadikan bahan menghidupkan kanal youtube kamu, diantaranya sebagai berikut.  

1. Unboxing

Jika masih bingung ide konten youtube apa yang akan kamu tekuni, ada salah satu inspirasi yang bisa kamu tiru nih. Yaitu video tentang unboxing. Nah, untuk jenis unboxing itu sendiri bisa macam-macam. 

Kamu bisa fokus ke unboxing produk pabrikan elektronik atau apapun itu, kemudian di review dari segi packing ataupun apapun yang bisa kamu eksplore. Karena ternyata minat tentang unboxing cukup menarik viewer. 

2. Review

Inspirasi konten yang lain, ada ide konten youtube review. Berbicara tentang review, memang minat cukup banyak itu review makanan, karena memang Indonesia itu citarasa makanannya nampol enak-enak. Didukung masyarakatnya juga suka makan. Tidak heran jika peminat yang mereview makanan selalu meledak. 

Jika kamu tidak ingin membuat konten yang itu-itu saja, kamu bisa fokus review yang lain. Misal review baju, kosmetik, atau apapun itu, asal jangan makanan dan gadget, karena sudah banyak konten yang fokus disitu. Jika ingin peruntungan baru, juga tidak ada salahnya tetap dicoba. 

3. Tutorial

Ide konten youtube yang banyak dicari adalah video tutorial. Entah itu tutorial memasak, tutorial makeup hingga tutorial yang tidak pernah kita pikirkan sekalipun ada juga yang membahasnya. Viewer Nya pun juga tetap banyak. 

Jadi buat kamu yang kebetulan memiliki keterampilan pada sesuatu hal. Tidak ada salahnya membuat tutorial terkait potensi yang kamu miliki. Siapa tahu ilmu tutorial kamu mencerahkan banyak orang. lumayan bisa jadi amal jariah.

4. Mukbang

Hayo siapa yang suka dengan makan? Meskipun hanya berisi makan saja, tetap banyak yang nonton. Jadi buat kamu yang kebetulan doyan banget makan, inspirasi konten mukbang ini bisa menjadi ide konten youtube kamu. 

5. Memasak

Buat para ibu muda yang gabut mengisi waktu di rumah, atau buat kamu yang memang suka masak bisa dijadikan ide konten youtube loh. membuat channel masak-masak tidak harus menjadi seorang koki kok, siapa saja bisa dan punya potensi diikuti banyak subscriber juga. 

6. DIY

Bakat masak tidak punya? Bakat review produk juga tidak bisa? Inspirasi ide konten youtube yang cocok buat kamu yang punya kreativitas tinggi, bisa membuat youtu DIY nih. Inspirasi DIY ini sangat diminati karena banyak menginspirasi orang banyak. Setidaknya dengan video DIY yang kamu buat, bisa memberikan solusi bagi orang-orang diluar sana. 

7. Podcast

Jika tidak tertarik beberapa poin inspirasi ide konten youtube di atas sebelumnya, karena tidak ada bakat. Kemudian merasa bakatnya suka ngibah atau suka ngobrol, tidak ada salahnya membuat ide konten podcast. Biar tidak ghibah, undang bintang tamu inspiratif dan kita ajak ngobrol dan sharing bermanfaat yang lebih bermanfaat. 

Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga dapat bermanfaat untuk orang lain. Minimal orang lain terbuka sudut pandangnya dan terinspirasi. 

Itulah beberapa inspirasi konten youtube yang bisa kamu coba. sebenarnya memulai youtube tidak susah kok. Yang susah itu menjaga konsistensi agar tetap rajin upload. Oh iya, ada satu lagi nih, luruskan niat. Jangan diniatkan untuk mendapatkan uang adsense. 

Kenapa? Karena bagi pemula, uang adsense itu sangat kecil. Tidak sebandinglah dengan editing video, pengambilan video dan ide-ide yang kamu keluarkan. Namun jika dari awal niatnya untuk eksplore, berbagi kepada orang lain, dan tidak terpaku adsense, saya yakin kamu bisa bersaing menjadi youtube besar. 

Karena saya pun merasakan, banyak yang ingin menjadi youtuber seperti saya. Namun setelah tahu yang terjadi di lapangan dan faktanya. Mereka putus asa, menyesal dan kecewa.  Karena ketika membangun sebuah channel youtube, kita sebenarnya sedang berinvestasi pada waktu. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat.

Demikian beberapa tips dan inspirasi dalam mencari ide konten youtube. Semoga sedikit ulasan dari Bukunesia ini bisa memberikan gambaran agar kalian lebih mudah dalam mencari ide dan membuat konten Youtube.

Penulis: Irukawa Elisa

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis