Macam-Macam Hobi Keren dan Menguntungkan

Macam-Macam Hobi Wanita dan Remaja
banner-download-ebook

Banyak sekali hobi yang bisa wanit, remaja atau anak-anak asah lho. Berikut ini contoh macam-macam hobi keren dan menguntungkan jika diasah.

Kamu sedang memikirkan hobi yang ingin kamu tekuni? Berbicara tentang hobi, sebenarnya ada banyak hobi yang bisa kamu tekuni. Meskipun hanya sekedar hobi, ternyata hobi pun tidak hanya terlihat keren saja loh. Tetapi juga memberikan manfaat. 

Mungkin kamu sekarang sedang menjajaki macam hobi yang bermanfaat, dan keren. Nah, berikut beberapa macam-macam hobi keren yang bisa kamu salami.

1. Olahraga 

Macam hobi yang bermanfaat yang bisa kamu tekuni adalah olahraga. Olahraga ini sendiri pun ada banyak macam jenisnya loh. Kamu bisa memilih cabang olahraga yang sesuai kesenangan kamu. Mulai dari olahraga bola, bulu tangkis, lari, hingga olahraga senam sekalipun. 

Macam hobi olahraga pun juga memberikan banyak sekali manfaat buat ditekuni. Mulai dari manfaat kesehatan tubuh, juga dapat dijadikan sebagai ajang perlombaan lomba. Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa mengikuti perlombaan hingga tingkat nasional, bahkan banyak juga yang mengikuti hingga tingkat internasional. 

Tentu saja kamu pun memiliki kesempatan jalan-jalan keluar negeri lewat jalur prestasi hobi olahraga satu ini. Jika selama pertandingan juara, kamu akan mendapatkan prestasi sekaligus membawa nama baik Indonesia di kancah kejuaraan Internasional. GImana? Macam hobi olahraga ini keren bukan?

2. Fotografi

Fotografi juga salah satu macam hobi yang tidak kalah keren di era digital sekarang. Bagaimana tidak keren, jika disini kamu bisa menghasilkan foto-foto estetik dan menarik. Meskipun hanya jeprat-jepret, jangan anggap sepele. 

Ternyata hobi fotografi dapat menghasilkan cuan loh. Bisa untuk membiayai hidup kamu sendiri. bahkan membiayai keluarga kamu. Jadi kamu bisa memanfaatkan hasil foto kamu untuk dikomersilkan. Atau bisa juga membuka jasa foto wedding atau menjual hasil foto ditempat shutterstock atau semacamnya. 

Jadi, macam hobi fotografi tidak sekedar memuaskan dan menyalurkan seni kamu dalam memotret. Tetapi juga bermanfaat dan pastinya sangat disenangi oleh teman-teman kamu. karena mereka senang akan kamu jadikan objek eksplorasi foto. 

3. Mancing

Macam hobi yang paling disenangi kaum laki-laki adalah mincing. Mancing salah satu hobi yang juga menghasilkan, jika memang bisa menghasilkan ikan banyak. Lumayan bisa dijual dan kamu bisa mendapatkan pemasukan dari sana. 

Sayangnya, banyak yang melakukan mancing, namun setengah-setengah. Konteks mancing hanya ajang kumpul teman. Pulang pun jarang bawa ikan, karena memang tidak diperoleh ikan. Mancing sewajarnya. Jangan jadikan mancing hobi yang membuat kamu jarang pulang. 

Apalagi yang sudah berkeluarga. Malas bekerja dan meninggalkan kewajiban utama sebagai kepala rumah tangga, hanya untuk mancing. Karena mancing jarang pulang, istri pun yang terpaksa mengganti alih peran suami. Nah, hindari hal-hal ini. karena jatuhnya jadi tidak baik. 

Sebaliknya, jika mancing yang didasarkan pada porsi sewajarnya. Mancing sesuai waktu yang selayaknya, dan tujuannya juga baik untuk berkeluarga, maka mancing akan memberikan manfaat. Intinya, tergantung niat dari masing-masing. Jika niat baik akan baik, jika niat hanya “malas-malasan” dan menghindari kehidupan, maka hasilnya juga tidak akan baik. 

4. Kegiatan Sosial

Jika kamu punya kesenangan melakukan kegiatan sosial, ternyata kegiatan ini termasuk macam hobi yang bisa kamu tekuni. Meskipun membutuhkan banyak modal untuk melakukan kegiatan ini. Tetapi dari segi kemanfaatan bagi orang lain sangat bermanfaat. 

Macam dan bentuk dari kegiatan sosial ini pun ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. DI era digitalisasi seperti saat ini, kamu mungkin pernah melihat website yang mengajak untuk mengikuti donasi bagi orang-orang yang tidak mampu, bukan? Nah kamu bisa mengikuti cara itu. 

Ada juga kegiatan sosial dalam bentuk lain. Jika kamu pernah mendengar doctorshare? Yang mana kegiatan sosial ini melibatkan dokter yang ingin mengabdi pada masyarakat di desa-desa terpencil. Mereka mengobati masyarakat kurang mampu di pelosok di lakukan di dalam kapal. 

Nah, buat kamu yang punya macam hobi seperti perawat dan ilmu kedokteran, mengikuti kegiatan sosial ini sangat bagus sekali. Selain akan mendapatkan pengalaman, kamu akan mendapatkan eksplorasi dan tentu saja barokah dari melakukan kegiatan amal atau kegiatan baik akan mendamaikan hati. 

Jadi, jika kamu memiliki macam hobi yang sifatnya kegiatan sosial. Meskipun tahu tidak akan mendapatkan cuan. Tetaplah lakukan. Karena Tuhan pun akan memiliki banyak jalan untuk memberikan uang lewat jalan lain agar tetap hidup dan damai. Jalani macam hobi kamu, selama memberikan manfaat dan memberikan kemaslahatan bagi umat yang banyak.

Salah satu contoh lainnya adalah dengan membuat taman literasi buat anak-anak. Nah, bisa banget kamu baca disini mengenai program untuk literasi sekolah.

5. Bermain Musik

Jika kamu memiliki bakat dan keterampilan bermain music, kamu pun bisa tetap tekuni macam hobi ini. kenapa? Siapa tahu dari keterampilan ini akan mengantarkan kamu untuk menjadi seorang musisi, atau menjadi seorang penyanyi. 

Banyak beberapa kasus yang saya temui saat menulis profil anak-anak berprestasi. Rata-rata dari mereka yang seakrang berhasil dan suksess, justru berkat kesadaran orangtua mendampingi dan memberikan support agar anak tetap menekuni macam hobi yang disukai. 

Ada yang dari usia 5 tahun, anak sudah memperlihatkan bakat. Orangtua si anak mengenalinya, dan memberikan alat music bekas. Dan dimasukan ke les-les music. Hasilnya, dia sekarang sudah sering mendapat tawaran dan manggung hingga ke berbagai kota. 

6. Menari dan Menyanyi

Adapun macam hobi yang keren. Yap, hobi menari dan menyanyi ternyata kini tidak lagi dipandang sebelah mata loh. Nyatanya banyak sekali yang menekuni dua hobi ini justru menjadi seorang seniman berbakat. 

Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali budaya. Dimana setiap daerahnya memiliki seni tari yang beragam. Menariknya lagi, tari-tarian tradisional ini diminati oleh orang luar loh. Maka tidak heran, jika beberapa tahun lalu, saat saya melakukan reportase terhadap anak pelajar Jogja yang berprestasi dibidang tari dan nyanyi, bisa berkesempatan go internasional. 

Tari yang mereka bawakan di sana pun tidak sekedar tarian k-pop yang populer saat ini. Justru tari-tarian daerah dari Sabang sampai Merauke. Nah, untuk cerita lengkapnya kamu juga bisa melihat di sini. jika kamu merasa tidak bisa go internasional dengan keterampilan menari daerah. 

Maka kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Kamu pasti tahu Tik Tok bukan? Kamu bisa menari di aplikasi tiktok dan bisa memanfaatkan aplikasi seperti smule, wesing untuk mengeksplorasi kemampuan menyanyi kamu. Jika kamu benar memanfaatkan media sosial, kamu juga akan tetap merasakan manfaatnya. 

7. Baca Buku

Macam hobi yang bermanfaat yang lain adalah membaca buku. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dari membaca buku. Pertama, jelas kamu akan mendapatkan pengalaman baru dan bisa menjelajah banyak hal, secara gratis. Kedua, dari segi kemampuan kognitif, kamu lebih baik karena sudah terstimulasi dan terlatih dengan bacaan yang kamu baca. 

Ketiga, membaca buku juga bermanfaat untuk membukakan cakrawala pengetahuan. Setidaknya dari sini kamu memiliki banyak sudut pandang, dan menjadi pribadi yang lebih bijak. Karena ilmu pengetahuan yang baik, akan mengantarkan seseorang menjadi lebih santun dan rendah hadi secara bersikap ataupun dalam berpikir. 

Keempat, kamu juga akan mendapatkan kosakata yang lebih banyak. Sehingga setiap kali menulis maupun berbicara di depan umum, lebih tertata dan lebih berpengetahuan. Ternyata memiliki kemampuan berbicara dengan baik itu tidak mudah loh. karena perbendaharaan kata menjadi kunci penentu. 

8. Menulis

Menulis juga termasuk macam hobi menyenangkan. Nah, ini hobi yang saya rasakan banyak sekali manfaatnya. Secara kesehatan psikologis, menulis dapat dijadikan sarana untuk katarsis. Sehingga membantu kita lebih lepas, lebih bebas dan mengurangi beban. 

Tahukah kamu jika metode katarsis ini juga sering digunakan untuk proses penyembuhan seseorang yang mengalami gangguan psikologis loh. Katarsis itu sendiri tidak melulu dilakukan dengan cara menulis saja, tetapi bisa juga dengan cara melukis. 

Berkat menekuni dan mengembangkan hobi menulis, dari saya pribadi saya merasakan banyak sekali manfaat. Misalnya, saya berkesempatan menjadi wartawan. Dari sanalah mengantar saya untuk bertemu dengan orang-orang inspiratif dan orang-orang besar. 

Manfaat lain, saya tidak perlu ke kantor untuk mendapatkan uang, karena saya bisa mengefektifkan waktu lebih padat dan lebih bermanfaat. Cukup menulis dirumah selama 5 jam, dan bisa menghasilkan beberapa artikel. Sisa waktu, bisa saya manfaatkan untuk hobi lain sehingga hidup menjadi lebih produktif.

Apabila kamu sudah memiliki naskah yang lengkap dan bagus, bisa banget untuk diterbitkan di Penerbit Bukunesia lho. Ada layanan penerbitan untuk influencer, untuk penerbitan print on demand dan juga penerbitan umum lainnya. Langsung saja hubungi admin@bukunesia.com apabila mau nanya-nanya sepuasnya.

Itulah beberapa macam-macam hobi yang bisa kamu tekuni. Siapa tahu, justru hobi yang kamu tekuni inilah yang justru mengantarkan kamu mendapatkan huang untuk bertahan hidup. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis