Membuat Kata Pengantar: Cara beserta Contohnya

Membuat kata pengantar

Banyak yang mengalami kesulitan membuat kata pengantar. Kesulitan membuat kata pengantar bukan karena sulit, tetapi karena ketidaktahuan teknis pengerjaannya. Sebelum fokus pada cara membuat kata pengantar dan contohnya, kita simak dulu pengertian kata pengantar menurut para ahli berikut ini. 

Pengertian Kata Pengantar 

Kita tahu setiap laporan karya ilmiah ataupun dalam ulasan sebuah buku, kita selalu menemukan lembar kata pengantar. Tentu saja isi kata pengantar di buku dan karya ilmiah berbeda panjangnya. Pada karya ilmiah, kata pengantar relatif lebih singkat dibandingkan kata pengantar di dalam buku. Penasaran apa sih pengertian dari kata pengantar menurut para ahli? Berikut ulasannya. 

1. Lexico 

Kata pengantar dari perspektif Lexico diartikan sebagai pengantar dalam sebuah buku yang digunakan untuk menyatakan subjek dan menyampaikan ruang lingkung dan tujuan dibuat buku atau karya ilmiah tersebut. 

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Menurut KBBI, kata pengantar diambil dari dua kata dasar yaitu kata pengantar yang merupakan kata benda atau nomina yang memiliki arti sebagai pembimbing, atau yang mengantarkan atau alat untuk mengantarkan. Secara keseluruhan KBBI mengartikan kata pengantar sebagai kata pendahuluan yang ditulis secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan karya tulis tulis ataupun buku.

2. Dictionary 

Berbeda dengan pendapat Dictionary yang mengartikan kata pengantar sebagai pernyataan pendahuluan yang ditulis oleh penulis ataupun oleh pihak editor buku. Dictionary sependapat dengan lexico yang mana kata pengantar berisi menguraikan tujuan dan ruang lingkup buku yang hendak di sampaikan.

Itulah beberapa pengertian tentang kata pengantar. Jika dilihat dari segi definisi secara umum. Kata pengantar adalah lembar pengantar yang dapat ditulis oleh si penulis dan dapat pula ditulis oleh pihak penerbit. 

Terjadi kesalah kaprahan dalam mengartikan kata pengantar. Kata pengantar lebih sering digunakan dalam buku. Sementara di dalam karya ilmiah bukan kata pengantar, melainkan prakata. Nah, prakata inilah yang hanya khusus ditulis oleh pihak penulis/peneliti karya ilmu. Secara peruntukan sama, hanya beda peruntukan siapa yang menuliskannya. 

Cara Membuat Kata Pengantar 

Setelah mengetahui pengertian kata pengantar. Secara teknis, ada tiga bagian cara membuat kata pengantar. Ketiga bagian tersebut meliputi pendahuluan, isi dan penutup. Ulasan singkatnya kita simak berikut ini. 

1. Pendahuluan

Pendahuluan adalah lembar yang berisi jawaban yang melatarbelakangi tulisan kamu dibuat. Jadi fokus di bab pendahuluan lebih menekankan pada topik penelitian. Adapun dasar yang harus ada di bab pendahuluan, yaitu harus memuat latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan kamu membuat tulisan apa.

2. Isi

Isi dari kata pengantar memuat gambaran secara umum dari isi karya tulis atau karya ilmiah yang sudah kamu buat. Nah di bab isi inilah kamu wajib menyebutkan atau menyertakan judul karya tulis, kemudian dilanjutkan uraian secara singkat saja, tidak terlalu detail. Takutnya isi kata pengantar nanti terlalu panjang. 

Ingat, isi kata pengantar tidak boleh terlalu panjang. Cukup sampaikan garis besar, namun yang berbobot dan penting. Intinya, di bagian ini tetap utamakan daya tarik, agar pembaca tertarik ingin membacanya.

banner-di-artikel (1)

3. Penutup

Di bab penutup, tentu saja berisi penutup yang memuat bahwa kamu membuka kritik dan saran dari luar. Sebagai penulis menyadari betul bahwa karya tulis yang dibuat masih jauh dari kata sempurna. Diharapkan dari kekurangan karya tulis yang kamu buat, bisa mendorong karya lain yang jauh lebih baik lagi.

Itulah tiga bagian cara membuat kata pengantar yang wajib ada. Ingat, dari tiga cara di atas tetap perhatikan panjang kata pengantar. Pastikan kata pengantar ditulis secara singkat, padat dan jelas. Jangan terlalu berbelit-belit panjang.  Jika masih bingung, kamu bisa lihat contoh kata pengantar di bawah. 

Contoh Kata Pengantar

Berbicara tentang contoh, ada banyak sekali contoh, ada lebih 300 contoh kata pengantar buku hingga karya ilmiah. Karena keterbatasan ruang, berikut beberapa contoh kata pengantar yang dapat dijadikan sebagai gambaran kamu membuat karya. 

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT., karena atas ridho dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Metodologi Penelitian ini dengan baik.Dimana tugas ini Penulis sajikan dalam bentuk yang sederhana, yaitu membahas seputar metodologi penelitian secara kuantitatif dan kualitatif.

Maksud dan tujuan dari penulisan tugas ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian. Penulis merasa bahwa dalam pembuatan tugas ini masih menemui beberapa kesulitan dan hambatan, disamping itu juga penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak. Menyadari penulisan tugas ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada.

1. Direktur Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS)
2. Ketua Jurusan Fakultas Ekonomi Unkris
3. Ibu Hj. Dewi Rejeki, SE. AK, Msi, selaku Dosen Mata Kuliah Metodologi Penelitian
4. Kedua orangtua dan seluruh keluarga yang selalu memberikan dukungan baik berupa materi maupun non materi
5. Teman-teman akuntansi kelas karyawan pindahan yang selalu memberikan saran dan kritik yang membangun dalam menyelesaikan Tugas makalah ini.

Serta semua pihak yang tidak bisa Penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu terselesaikannya tugas ini. Saran dan kritik yang bersifat membangun akan diterima dengan senang hati untuk kesempurnaan penulisan tugas ini dimasa yang akan datang.Dengan terselesaikannya makalah ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Penulis khususnya dan bagi para Pembaca pada umumnya.

Bekasi, 06 Juni 2016
Nur Wulandari
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat sampai pada tahap ini dan dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Struktur Makrozoobentos di Pantai Sindangkerta Kabupaten Tasikmalaya”. Solawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada Rasulullah SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir jaman, aamiin.

Penulisan skripsi ini bertujuan memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Biologi. Penulis menyadari skripsi ini masih belum sempurna karena keterbatasan penulis, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan demi skripsi yang lebih baik dan dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Bandung, Juni 2016
Rizkiyah M. S
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik, dan ilham-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Film Kartun Terhadap Perkembangan Psikologis Anak SD Negeri Pelita Kelas 4 dan 5” ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca mengenai hal-hal yang berkaitan dengannya. Karya ilmiah ini disusun dalam rangka untuk melaksanakan tugas dari guru kami Ibu Erdina Indrawati selaku guru pembimbing mata kuliah Psikologi Perkembangan UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA Y. A. I.

Harapan kami semoga karya ilmiah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi karya ilmiah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.Karya ilmiah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu diharapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan karya ilmiah ini.

JAKARTA, 20 APRIL 2019
PENULIS

Itulah dua contoh kata pengantar dari Bukunesia. Semoga sedikit contoh dan ulasan di atas cukup memberikan gambaran membuat kata pengantar. Jika melihat dari contoh, ternyata membuat kata pengantar itu tidak rumit bukan? Selamat mencoba.

Penulis: Irukawa Elisa

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis