Cara Menulis Buku Motivasi: 7 Langkah Penting!

Cara Menulis Buku Motivasi
Banyak sekali buku-buku motivasi yang laris dipasaran karena memang lagi banyak dibutuhkan. Nah, berikut ada 7 langkah menulis buku motivasi.

Salah satu jenis buku yang laris di pasaran adalah buku motivasi. Sehingga tak heran jika mulai banyak penulis menulis buku motivasi. Tetapi tentu saja penulisan buku motivasi tetap tak boleh sembarangan. Oleh sebab itu jika Anda ingin menulis buku motivasi, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Apa itu Buku Motivasi?

Sebelum memulai menulis buku motivasi, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu buku motivasi. Buku motivasi adalah salah satu jenis buku yang di dalamnya memuat mengenai kumpulan motivasi hidup yang menginspirasi. Ada berbagai macam bentuk buku motivasi.

Berbagai bentuk atau macam tulisan yang dituangkan tersebut bisa dalam bentuk cerita, narasi, atau menuliskan pengalaman pribadi menulisnya sendiri yang menginspirasi. Meski tampaknya cukup mudah menuangkan tulisan ke dalam buku motivasi, tetapi ternyata faktanya tidak demikian.

Membuat buku motivasi ini cukup sulit jika dibandingkan dengan buku lainnya. Hal ini karena buku ini bukan hanya berisi imajinasi, melainkan harus ditulis berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Sehingga penulis harus melakukan penelitian dan bahkan riset berulang kali untuk memastikan kebenaran dari tulisannya tersebut.

Data atau fakta yang didapatkan harus berdasarkan fakta yang valid dan benar, sehingga apa yang dituangkan ke dalam buku motivasi benar adanya dan tidak berdasarkan imajinasi belaka.

Mengapa Buku Motivasi Banyak Peminatnya?

Walau beberapa buku motivasi bentuknya monoton dan tidak selalu berbentuk narasi atau novel, faktanya buku motivasi ini peminatnya cukup banyak. Apa alasannya? Rupanya, buku motivasi ini memiliki ‘pasar’ yang spesial.

Seperti yang kita tahu, buku motivasi ini memuat berbagai hal yang berisi kisah perjalanan hidup atau sesuatu yang memotivasi atau menginspirasi pembaca. Jelas tujuannya agar pembaca yang membutuhkan motivasi atau inspirasi tertarik dengan buku tersebut.

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Selanjutnya, tentu setiap orang merasa membutuhkan motivasi dalam menjalankan apapun dalam hidupnya. Ketika mereka merasa tidak ada pihak lain yang mampu memotivasi dirinya sedangkan ia membutuhkan motivasi, tentu buku motivasi jadi pelariannya. Buku motivasi seolah menjadi sumber energi eksternal yang sangat cocok dan sesuai untuk mencapai tujuannya.

ad inserter captain halim

Dengan membaca buku motivasi, maka pembaca ikut termotivasi dan mendapat inspirasi untuk mengambil jalan yang benar. Itulah mengapa buku motivasi ini memiliki banyak peminat.

Cara Menulis Buku Motivasi

Meski memiliki banyak peminat, tentu menulis buku motivasi tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan buku motivasi. Di bawah ini ada beberapa cara menulis buku motivasi yang berkualitas dan akan laku di pasaran.

1. Riset Apa yang Mau Ditulis

Sebelum memulai menulis buku motivasi, hal yang paling utama dan penting untuk dilakukan adalah melakukan riset mendalam. Riset yang dilakukan bisa dimulai dari mengamati orang-orang yang ada di sekitar atau mengamati suatu peristiwa yang bisa dijadikan sebuah motivasi untuk banyak orang.

Selain mengamati, Anda juga bisa melakukan bincang atau wawancara langsung agar mendapatkan cerita yang jelas. Dengan demikian, apa yang Anda tulis akan sesuai dengan bagaimana kisah orang tersebut dan juga ditulis berdasarkan fakta sebenarnya.

Tak hanya itu, saat melakukan riset, diperlukan kepekaan terhadap segala hal. Artinya, Anda harus benar-benar memahami dan peka terhadap orang yang ada di lingkungan Anda. Manakah yang kira-kira menginspirasi dan manakah yang bisa memunculkan inspirasi dan motivasi.

Cara ini memang harus dilakukan berdasarkan kepekaan dan simpati masing-masing, sehingga penulis memang harus memiliki perhatian penuh pada lingkungan sekitar.

2. Buat Outline Kasar

Setelah melakukan riset, Anda juga harus membuat outline secara kasar. Sebelum menulis, outline ini diperlukan supaya Anda dapat menulis dengan terstruktur. Selain itu, outline ini juga nantinya akan memudahkan penulis dalam menulis buku tahap demi tahap.

Dengan membuat outline, nantinya penulis tidak akan mengalami kesulitan atau kebingungan di tengah jalan karena semua bahan tulisan sudah disusun dengan rapi dan terstruktur. Hasil tulisan pun lebih jelas dan terarah, sehingga tidak membingungkan.

Baca juga: Cara Membuat Online Buku

3. Tentukan Tema Motivasi yang Diangkat

Tahap selanjutnya adalah menentukan tema motivasi yang diangkat. Sama halnya seperti buku novel atau cerita, buku motivasi juga memiliki tema. Tentu tema ini akan menyasar pada ‘pasar’ buku tersebut. Oleh sebab itu agar buku Anda laku di pasaran, pilih tema yang memang sesuai dengan motivasi yang ingin Anda tulis.

Selain itu, sesuaikan tema tersebut dengan keahlian atau minat Anda dalam menulis. Serta sesuaikan dengan permintaan pasar. Akan lebih baik jika temanya bisa mencakup seluruh masyarakat, sehingga yang menikmati buku motivasi Anda berasal dari berbagai kalangan, tidak hanya pada kalangan tertentu saja.

4. Tulis Buku Sesuai Bab atau Chapter

Setelah itu, tulis buku jangan asal menulis saja. Tulis sesuai dengan bab atau chapter atau bagian. Dengan demikian, pembaca akan lebih mudah menikmati dan meresapi motivasi yang tertuang di dalam buku. Jika buku hanya ditulis panjang tanpa arah dan tidak dibagi sesuai bagian, tentu pembaca akan mengalami kebingungan.

Bab demi bab ini juga harus disesuaikan dengan kisah motivasi masing-masing. Jika akan memuat banyak motivasi dengan cerita masing-masing, Anda bisa memisahkannya ke beberapa bab agar lebih mudah dipahami.

5. Swasunting

Setelah semua selesai, pastikan tulisan Anda sudah tepat sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Periksa kembali dan lakukan penyuntingan secara mandiri untuk memeriksa adalah salah kata atau pemilihan kata. Adakah kesalahan penulisan tanda baca, dan lain sebagainya.

Baru setelahnya, serahkan pada editor atau serahkan pada penerbit yang akan menerbitkan buku Anda tersebut.

6. Memasukkan ke Penerbit Motivasi Bukunesia

Untuk memilih penerbit, tentu juga harus melihat penerbit yang berkredibilitas dan mampu membantu distribusi buku. Salah satu penerbit yang bisa membantu menerbitkan buku adalah Penerbit Bukunesia. Di Penerbit Bukunesia, sudah banyak buku motivasi yang ditulis dan diterbitkan.

Hasilnya pun tak mengecewakan. Banyak buku terbitan Bukunesia yang menjadi best seller di berbagai toko buku. Oleh sebab itu, jika Anda sedang mencari penerbit buku, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih Penerbit Bukunesia sebagai penerbit buku motivasi pilihan Anda.

Lihat penawarannya di: Layanan Cetak Reguler

7. Buku Terbit dan Siap Dipasarkan

Terakhir, buku sudah siap terbit dan dipasarkan. Jika Anda memilih Penerbit Bukunesia, tentu Anda tak susah payah menerbitkan dan memasarkan buku sendiri. Anda bisa menggunakan penawaran Penerbit Bukunesia yang akan menerbitkan dan juga memasarkan buku, sehingga Anda tinggal menerima hasilnya.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi laman Penerbit Bukunesia dan memilih paket atau penawaran apa yang sesuai dengan Anda yang juga sesuai dengan budget Anda dan Anda akan dibantu diproses buku motivasi Anda hingga buku tersebut terbit dan sampai buku motivasi yang Anda tulis dipasarkan di masyarakat luas.

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait