Publikasi Buku: Tahapan Pengajuan Naskah & Tips Terpublikasi

publikasi buku
Publikasi buku merupakan nama lain dari menerbitkan buku. Ada tahapan khusus untuk publikasi buku hingga terpublikasi. Simak 7 langkah penting ini.

Siapa sih yang tidak bangga bisa mempublish buku? Pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri. Publikasi buku menjadi bagian terpenting bagi sebagian orang yang bekerja di dunia pendidikan. Salah satunya bagi seorang dosen. Dimana dosen dianggap memiliki ilmu pengetahuan luas yang dapat mentransformasikan atau menyalurkan ilmu pengetahuan tidak hanya lewat proses belajar mengajar, tetapi juga lewat buku. 

Meskipun pada kenyataannya, semua saja berhak dan boleh mempublikasi buku sesuai dengan kemampuan masing-masing penulis. Di sisi yang lain, banyak dosen dan penulis yang merasa bahwa mempublikasikan buku itu sesuatu hal yang sulit dan ribet. Padahal, jika tahu formula dan jalannya, semuanya akan mudah. 

Publikasi buku, Praktis dan Terbit Berkualitas !

Sudah menjadi rahasia umum jika publikasi buku dianggap hal yang sulit. Tidak sekedar sulit selama proses penulisan bukunya, ternyata masih banyak orang yang beranggapan bahwa menerbitkan bukunya pun juga sulit. 

Apakah benar demikian? Anggapan itu ternyata tidak selalu benar. Selama tahu caranya semuanya mudah untuk dilakukan. Begitupun dengan masalah publikasi buku. Mungkin ada beberapa penerbit yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan sampai satu tahunan untuk menerbitkan satu buku?

Jika anda mengalami pengalaman seperti itu, sepertinya anda perlu mencoba mempublikasikan buku dengan system self publishing. Dimana anda bisa menerbitkan tanpa drama seleksi yang rumit dan memakan waktu hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. 

Pertanyaannya adalah, penerbit apa yang bisa demikian? Jawabannya ada di bukunesia. Di sana anda bisa menerbitkan buku lebih efektif efisien. Dimana di penerbit ini tidak sekedar menawarkan metode self publishing, tetapi juga menawarkan cetak oplah.  

Jadi ada banyak pilihan buku bisa diterbitkan. Tergantung kebutuhan dan kemampuan dari masing-masing penulis. Anda menginginkan yang apa? Tulis pengalaman kalian di kolom komentar ya. 

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Apa Itu Menerbitkan Buku?

Istilah publikasi buku terkesan asing di dengar. Tidak dengan istilah menerbitkan buku yang lebih familiar kita dengar. Dimana keduanya sebenarnya memiliki esensi maksud yang sama. Dimana kata publikasi dapat diartikan sebagai kegiatan menyebarkan informasi kepada masyarakat umum. Diharapkan pembaca tahu informasi yang disediakan oleh konsumen.

ad inserter captain halim

Dengan kata lain, publikasi buku adalah menerbitkan buku. Dimana proses menerbitkan buku adalah upaya untuk mengedarkan dan menyebarluaskan buku ke masyarakat umum. Dimana sekarang bentuk buku tidak hanya dalam bentuk buku fisik, tetapi juga berbentuk ebook. 

Persiapan publikasi buku

Sementara untuk teknis publikasi buku, seorang penulis harusnya sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Terutama masalah naskah siap jadi. Adapun persiapan publikasi buku lainnya yang akan dibahas satu persatu di sini. 

1. Naskah sudah siap 

Persiapan publikasi buku yang paling penting yang wajib penulis pahami adalah, pentingnya untuk mempersiapkan naskah. Pastikan naskah sudah 90% jadi. Akan lebih bagus lagi jika naskah sudah jadi 100%. Jika naskah belum selesai minimal 90%, maka potensi gagal terbit lebih besar. 

2. Revisi sendiri buku sebelum dikirim ke penerbit

Bahkan setelah naskah sudah jadi, seorang penulis juga berkewajiban untuk membaca ulang buku. Tujuan membaca ulang adalah upaya penulis untuk merevisi naskahnya sendiri. Setidaknya cara ini mampu meminimalisir terjadinya kesalahan ketik dan kesalahan penulisan kalimat yang sulit dipahami. 

3. Sesuaikan dengan format dari penerbit

Adapun persiapan publikasi buku yang juga cukup penting, yaitu perlunya untuk mengenal penerbit yang akan dituju. Jadi masing-masing penerbit memiliki ketertarikan naskah yang berbeda-beda. Ada penerbit buku yang tertarik dengan naskah politik, ada yang tertarik dengan naskah novel da nada pula penerbit yang suka dengan naskah buku pendidikan. Setidaknya dengan mengetahui jenis dan format yang diinginkan pihak penerbit akan menghemat waktu anda. Dan mengurangi angka penolakan penulisan naskah.

4. Hubungi penerbit

Jika anda sudah memiliki naskah yang siap dipublikasikan, namun masih kebingungan memilih penerbit yang pas. Maka anda bisa menghubungi penerbit di Kirim Naskah Buku. Di sana anda bisa mengisikan form untuk paket cetak. Di sini anda juga bisa berkenalan lebih dekat tentang bukunesia, terkait dengan jenis-jenis buku yang menarik. Termasuk anda juga bisa mengetahui paket-paket dalam penulisan buku.

5. Di follow up bukunesia

Ketika anda tertarik menerbitkan buku di bukunesia dan sudah mengisi form, maka hanya tinggal menunggu follow up bukunesia. Buat anda yang khawatir masalah waktu, tenang, karena proses tim memfollow up tidak sampai satu bulan. 

6. Dealing

Ketika pihak tim mengecek secara sekilas naskah buku yang masuk, ketika naskah dirasa cocok. Maka masuk ke proses dealing. Disini anda pun juga memantaskan diri. Jika anda merasa yakin, anda pun juga bisa memutuskan untuk melanjutkan ke proses penerbitan. 

7. Proses penerbitan

Jika semua persiapan di atas sudah terpenuhi dan tidak ada revisi atau tambahan lain, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke proses penerbitan. Selama proses penerbitan anda tidak perlu lagi repot. Cukup duduk manis dan menunggu hasil dan follow up dari tim. Ketika buku sudah siap, anda pun akan dihubungi untuk proses konfirmasi pengiriman naskah yang sudah jadi.

Jadi, sudah tau kan cara publikasi buku di Bukunesia? Mengapa harus publikasi buku di Bukunesia? Sebab, hanya buku yang berkualitas yang kami terbitkan. Ragu dengan naskah Anda? Tenang, isi form pendaftaran dahulu nanti bisa dikonsultasikan dengan CS kami. Kami bantu Anda sampai naskah Anda terbit terbaik, bukan Asal terbit! Lihat penawaran sekarang, hanya di Terbitkan Buku Sekarang!

Tips biar cepat terbit

Apakah anda termasuk orang yang selalu drama setiap kali publikasi buku? Berikut beberapa tips biar cepat terbit, dimana beberapa hal sepele ini yang paling banyak dihadapi oleh pihak penerbit. 

1. Mengenali Selera Penerbit 

Pastikan memasukan naskah ke penerbit yang memiliki selera sama. Misal, anda menulis buku motivasi, maka pastikan pilih penerbit yang memang tertarik menerbitkan buku-buku serupa. Karena jika penerbit tertarik dengan buku novel, dan naskah anda adalah buku motivasi, maka naskah anda tidak akan dilirik dan tidak akan menjadi prioritas bagi mereka. 

2. Selesaikan Naskah 

Seringkali banyak penulis yang mengirimkan naskah belum jadi. Sementara pihak penerbit menginginkan naskah sudah jadi 100% agar segera diproses dan lebih efisiensi waktu. Ada tipe penerbit yang ketat. Mereka tidak ingin tahu drama proses penulisan si penulis. Mereka hanya akan fokus dan memproses naskah yang sudah utuh dan sudah selesai.

3. Hindari Pemikiran yang Ruwet 

Sering sekali menemukan penulis yang memiliki pemikiran ruwet dan terlalu kompleks. Dimana sebenarnya apa yang ditakutkan mereka tidak perlu. Dimana kerumitan yang dialami penulis ini kadang mengganggu proses penerbitan buku loh. Jadi, lebih baik ikuti alur dari pihak tim. Karena jika ada kekurangan naskah atau ada yang kurang, pihak penerbit akan mengkonfirmasi. 

4. Kurangi Komplain dan Kurangi Banyak Permintaan yang Sulit

Kurangi complain berlebihan. Misalnya, ketika penulis mendapatkan naskah dari pihak penerbit untuk di cek untuk terakhir kalinya, maka pastikan anda benar-benar cek. Lihat dan teliti sedetail mungkin. 

Jangan pertama kali diteliti, kemudian diserahkan ke tim lagi, kemudian ada complain revisi tambahan susulan.  Biasanya hal-hal keluhan susulan seperti ini menjadi salah satu faktor utama penyebab publikasi buku memakan waktu lama. Berlaku juga untuk banyaknya permintaan yang sulit. 

Dari keempat tips di atas, semoga cukup memberikan gambaran. Jika ternyata ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat publikasi buku. Sudah makin yakin? Kalau belum yakin dengan naskahmu, ini ada Ebook buat membantu penulisan bukumu makin lebih baik. Gratis. Silakan klik “Ebook Panduan Menulis Buku

(irukawa elisa)

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait