Sinopsis Novel: Manfaat serta Cara Membuatnya

Sinopsis Novel: Manfaat serta Cara Membuatnya

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah mengulas cara membuat outline novel, maka pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar sinopsis novel. Sinopsis wajib ditulis, terutama jika konteksnya ingin diterbitkan oleh penerbit. 

Tanpa kehadiran sinopsis, sulit rasanya novel kamu bisa diterima dengan baik oleh pihak penerbit. Hanya masalah tidak ada sinopsis saja, naskah yang kita ajukan ke pihak penerbit bisa ditolak mentah-mentah. Padahal dari segi konten isi novel cukup menarik. 

Jadi buat kamu yang ngaku ingin menjadi seorang penulis novel yang sukses diterbitkan penerbit, wajib tahu manfaat dan harus tahu bagaimana cara membuat sinopsis novel yang menarik. Agar tidak berbelit-belit, langsung saja kita simak satu persatu berikut ini. 

Pengertian Sinopsis Novel

Sinopsis dapat diartikan sebagai ringkasan singkat. Ringkasan singkat tersebut harus mampu memberikan gambaran kepada pembaca inti garis besar novel yang ada di dalam buku tersebut. 

Sinopsis berisi tentang poin utama yang ingin disampaikan penulis dalam desain lebih singkat. Sinopsis bisa juga menjelaskan tentang genre, gaya, latar, atau karakter novel yang ditulis. Jadi teknis penulisan sinopsis dapat ditulis berdasarkan sudut pandang yang ingin ditonjolkan diserahkan pada si penulis. Dapat pula sinopsis menonjolkan pada peristiwa utama dan informasi terkait karakter si tokoh.

Manfaat Sinopsis Novel 

Manfaat sinopsis wajib ditulis oleh penulis, ternyata memiliki banyak manfaat. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Mengetahui Isi/Kandungan Bacaan 

Manfaat sinopsis ditulis dengan tujuan memberikan gambaran isi buku akan membahas apa saja. calon pembaca tidak ingin merasa kecewa dengan buku yang sudah di beli. Bisa jadi judul berisi A setelah dibaca isi membahas B. Tentu akan menjadi penyesalan tersendiri. 

Maka dari itu, dalam upaya menghindari ketidaksesuaian isi bacaan. Penting sekali sinopsis dalam sebuah novel. Manfaat penulisan sinopsis novel selain memberikan gambaran isi buku juga memberikan gambaran kandungan bacaan apa yang akan diulas di buku tersebut. Misal menceritakan novel bergenre romantic humor, novel action atau apapun itu. Setidaknya kehadiran sinopsi membantu calon pembaca agar TIDAK MERASA TERTIPU

2. Menarik Perhatian Calon Pembaca 

Pernahkah kamu merasakan manfaat kehadiran sinopsis novel? mungkin saat berbelanja buku di toko buku. Selain melihat cover, kamu akan melihat apa lagi? Mungkin melihat bagian daftar isi dan bagian sinopsis bukan? Saat kamu membaca sinopsis, kamu berharap bisa mengetahui inti garis besar yang akan disampaikan oleh penulis di dalam buku. 

Jika sinopsis menarik, kamu pasti tertarik ingin membelinya karena kelihatannya sinopsis terlihat lebih menarik. Sebaliknya, jika sinopsis yang kamu baca terasa datar, kita pun cenderung meninggalkan buku tersebut di tempatnya, dan mencari buku-buku lain yang lebih menarik bukan? 

Sampai di sini saja, dapat disimpulkan bahwa sinopsis bermanfaat sebagai penarik perhatian calon pembaca. 

3. Sebagai Ringkasan Isi Buku 

Kehadiran sinopsis bermanfaat untuk meringkas isi buku. Kita tahu novel ditulis dengan ketebalan yang bisa mencapai ratusan halaman. Dari segi pengemasan novel pun dibuat secara narasi. Sehingga terkesan susah untuk dibuat ringkasan. Maka tidak heran jika novel perlu diringkas agar mudah untuk dipahami secara cepat dan singkat. 

banner-di-artikel (1)

Sinopsis dibuat tidak melulu untuk pembaca saja loh. Tetapi juga diperuntukan untuk penerbit. Jadi naskah mentah yang ditulis penulis, kemudian hendak diterbitkan ke penerbit buku. Maka penulis butuh dan perlu yang namanya pengajuan terlebih dahulu ke pihak penerbit buku.

Sementara penerbit buku, sebagai penerima naskah dari penulis tidak mungkin membaca seluruh pengajuan naskah yang masuk bukan? Padahal jumlah yang mengajukan naskah ada banyak banget. Dalam rangka memudahkan tugas seorang editor dan penyeleksi naskah, maka perlu adanya sinopsis novel. 

Sinopsis novel yang baik tentu akan mempengaruhi penilaian pihak penyeleksi naskah. Sebaliknya, jika sinopsis naskah isinya umum dan biasa-biasa saja, maka naskah novel kamu akan tereliminasi. 

4. Sinopsis Sebagai Strategi Marketing Ke Penerbit 

Dari uraian di atas, maka secara tidak langsung sinopsis novel secara tidak langsung sebagai strategi marketing penulis ke pihak penerbit buku. Agar novel kamu diterima oleh pihak penerbit buku, seorang penulis harus tahu betul selera penerbit. 

Berbicara tentang selera penerbit, setiap penerbit punya seleranya masing-masing. Penerbit A lebih senang novel percintaan, sementara novel kamu adalah novel action. Sementara penerbit B lebih suka menerbitkan novel action daripada novel percintaan. Maka, seorang penulis novel juga harus selera yang pas sesuai selera mereka agar novel dapat diterima oleh pihak penerbit. 

Jadi apabila novel kamu tidak diterima oleh penerbit A, jangan langsung patah semangat. Naskah yang ditolak tidak selalu karena jelek. Bisa jadi karena memang tidak sesuai dengan keinginan selera penerbit saja. 

5. Untuk Meyakinkan Calon Pembaca Bahwa Novel Menarik 

Jika konteksnya novel sudah dijual belikan dan disebarluaskan di pasar. Maka sinopsis novel berfungsi untuk meyakinkan calon pembaca bahwa novel kamu menarik. Sebagai penulis sekaligus sebagai penerbit buku, tentu saja tetap ingin menonjolkan sisi marketing dari karya yang sudah mereka lahirkan. 

Tujuannya jelas, untuk meningkatkan daya beli dan selera calon konsumen terhadap novel yang sudah kamu keluarkan. Dari pihak konsumen atau pembaca pun merasa terhibur sekaligus mendapatkan pengalaman baru setelah membaca novel. 

6. Metode Baca Cepat 

Disadari atau tidak, sinopsis berfungsi untuk membantu siapapun untuk membaca cepat. Coba bayangkan, seorang calon pembeli yang sedang mencari informasi terhadap calon buku yang akan di beli, jika untuk membeli satu buku harus membaca seluruh naskah, akan menghabiskan banyak waktu bukan. Salah satu cara cepat yaitu dengan membaca cepat, yaitu dengan membaca sinopsis novel. 

Sebagai Panduan Mengembangkan Cerita 

Manfaat sinopsis novel bagi penulis, membantu untuk mengembangkan cerita. Dengan kata lain, sinopsis sebagai pengingat dan garis besar yang tidak boleh dilanggar penulis. Sinopsis ceria sebagai real yang mengarahkan penulis agar tetap konsisten dan fokus mengerjakan karya fiksi mereka. 

Itulah beberapa manfaat sinopsis novel. Adapun manfaat lain, seperti Dapat Digunakan Untuk Introduksi Novel Sebelum Dipresentasikan  dan  Untuk Penerbit Membantu Melihat Novel Berkualitas Atau Biasa Saja

Tips Membuat Sinopsis Novel Menarik

Lalu gimana cara membuat sinopsis  novel yang menarik? Ada beberapa tips yang akan saya bagikan. langsung saja simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Sorot Cerita Unik

Pastikan kamu mengambil tema yang belum pernah diangkat sebelumnya. Jika kebetulan semuanya sudah ada yang pernah yang menangkap, setidaknya kamu harus bagian mana cerita yang paling unik. Bagian yang paling unik inilah yang harus disorot untuk dijadikan sebagai selling point. 

2. Tulis Dengan Jelas Dan Mudah Dipahami

Tips cara membuat sinopsis novel yang menarik selanjutnya, pastikan untuk memilih diksi atau memilih kata yang sederhana dan susun menggunakan kalimat aktif. Kalimat aktif salah satu trik agar kalimat mudah untuk dipahami dan dimengerti. Hindari penulisan kalimat yang berputar-putar. Tulis secara jelas dan lugas. 

3. Merangkum Isi Cerita

Tips selanjutnya, tulislah sinopsis novel dengan cara merangkum. Rangkuman adalah ringkasan dari keseluruhan cerita dari A-Z. Secara sederhana, buatlah ringkasan cerita novel yang sedang kamu kembangkan agar lebih enak dipahami. 

4. Sorot Keunikan Karakter

Agar synopsis tidak terkesan datar begitu-begitu saja. Maka butuh sudut pandang yang perlu disorot. Misalnya menyoroti karakter si tokoh. Alur cerita yang menantang dan keunikan dari novel yang kamu angkat dibandingkan dengan novel yang lain apa. 

Itulah beberapa tips membuat sinopsis novel. Oh iya, penulisan sinopsis tidak boleh ditulis lebih dari dua halaman. Buatlah sesingkat mungkin. Karena ditulis secara singkat, justru sinopsis novel terasa lebih sulit. Apalagi jika tidak terbiasa menulis. 

Tantangan saat menulis sinopsis novel adalah, kita dituntut untuk menulis secara singkat. Namun dari segi muatan isi harus kaya dan harus entertain. Penulisan sinopsis pertama kali memang sulit, namun seiring jam terbang, menulis sinopsis akan terasa lebih mudah. 

Semoga tips membuat dan manfaat sinopsis dari Bukunesia yang kita ulas kali ini memberikan gambaran dan manfaat. Selamat berkarya. Penulis: Irukawa Elisa

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis