Struktur Teks Persuasi Yang Benar dan 6 Contoh Teks Persuasi

Struktur Teks Persuasi Yang Benar

Mungkin kamu pernah dengar teks persuasi? Tahukah kamu jika teks persuasi banyak digunakan dalam dunia tulis menulis. Jadi buat kamu yang memiliki impian menjadi seorang penulis, pentingnya menguasai struktur teks persuasi yang benar itu seperti apa. Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak artikel sampai selesai ya.

Struktur Teks Persuasi Yang Benar

Struktur teks persuasi secara umum dapat diartikan sebagai upaya untuk menentukan topik maupun tema yang akan diangkat. Kehadiran struktur teks persuasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar mengumpulkan data berupa pengalaman, penelitian ataupun dari observasi yang dapat membantu dalam proses pembuatan kerangka tulisan. 

Sementara menurut kementerian dan kebudayaan republik indonesia, struktur teks persuasi diharapkan memudahkan penulis dalam membuat kerangka teks. Berikut adalah struktur teks persuasi yang benar. 

1. Pengenalan isu 

Pengenal isu atau yang familiar kita kenal dengan alinea pembuka. Di dalam alenia pembuka berisi tentang pengantar dan permasalahan yang hendak dikupas tuntas. 

2. Rangkaian arguman 

Selelah pengenalan isu, ada juga yang disebut dengan istilah rangkaian argumen. Nah, di bagian ini penulis bisa mendeskripsikan permasalahan terhadap topik yang diangkat. Dalam istilah lain, rangkaian argumen disebut juga dengan alinea penjelas. Selama menjelaskan tema/topik, penulis perlu memaparkan fakta dan data agar argumen lebih kuat. 

3. Pernyataan ajakan 

Sementara yang dimaksud dengan pernyataan ajakan adalah struktur paling inti dari teks persuasif. Bagian inti inilah penulis secara langsung maupun tidak langsung memberikan ajakan, bujukan, pengaruh kepada pembaca. Adapun kata atau kalimat yang bisa memberikan tekanan atau dorongan kepada penikmat, agar pesan yang disampaikan mengena.

4. Penegasan kembali 

Struktur teks persuasi yang terakhir adalah membuat penegasan kembali. Fungsi penegasan tidak lain hanya memberikan penekanan pada pesan yang paling ingin disampaikan oleh penulis. Meskipun terkesan mengulang bagian yang sudah dijelaskan sebelumnya, pernyataan penegasan ini sangat membantu pembaca mengambil maksud dan tujuan si penulis

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Itulah struktur teks persuasi yang benar. Buat kamu yang ingin mencoba menulis teks persuasi, bisa membuat kerangka di atas, kemudian kamu tinggal mengembangkan dan mengotak-atik. 

ad inserter captain halim

Contoh Teks Persuasi 

Setelah mengetahui struktur teks persuasi yang benar di atas, kurang afdol rasanya jika tidak disertai dengan contoh konkrit. Berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan gambaran dan inspirasi buat kamu membuat teks persuasi.

Contoh persuasi 1

Buah sirsak sebagai antioksidan. Kandungan buah sirsak tidak hanya mengandung vitamin C dan vitamin B saja. Tetapi juga mengandung banyak vitamin lain seperti protein,kalium, magnesium dan zat besi. Khasiat buah sirsak mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Sehingga beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar, ginjal dan hati dapat diminimalisir, jika mengkonsumsi buah sirsak.

Contoh persuasi 2

Sukun buah yang masih sering ditemukan di pekarangan rumah di perkampungan. Siapa yang menyangka jika sukun ini memiliki banyak manfaat, salah satunya baik untuk kesehatan mata, melindungi kesehatan jantung, mengurangi peradangan dan menurunkan gula darah. Meskipun demikian, jika mengkonsumsi sukun dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan efek samping, seperti meningkatkan terjadinya pendarahan dan darah rendah. Jadi, pentingnya memperhatikan kondisi tubuh dan tahu takaran kapan makan sukun agar tidak berubah menjadi penyakit.

Contoh persuasi 3

Helm tidak sekedar sebagai penutup kepala saat berkendara sepeda motor. Tetapi helm menjadi pelindung paling vital, yaitu kepala saat terjadi kecelakaan dijalan. Helm juga mampu meminimalisir resiko cidera otak atau kepala saat mengalami kecelakaan. Coba kita lihat di sekitar kita, rata-rata korban kecelakaan meninggal adalah mereka yang tidak mengenakan helm. Jadi dapat disimpulkan bahwa helm tidak sekedar atribut kepala, tetapi sebagai pelindung dan menyelamat dari kecelakaan lalu lintas.

Contoh persuasi 4

Banjir yang terjadi akhir-akhir ini tidak murni disebabkan oleh perubahan iklim. Tetapi juga dipengaruhi oleh faktor kesadaran masyarakat yang rendah. Masyarakat banyak yang masih belum menyadari pentingnya mengolah sampah organic, dan masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Sehingga, ketika terjadi hujan, banyak titik saluran air yang tersumbat dan terjadilah banjir. Jadi, kesadaran kolektif masyarakat terhadap sampah perlu digiatkan.

Contoh persuasi 5

Chamomile adalah bunga yang memiliki aromaterapi menyegarkan dan dapat dijadikan sebagai teh herbal. Ada banyak khasiat teh chamomile, diantaranya adalah mencegah gangguan pencernaan, sebagai antioksidan dan mencegah potensi diabetes. 

Bagi perempuan yang mengeluh kram perut setiap kali datang bulan, mengkonsumsi chamomile sangat efektif. Karena dapat meringankan rasa nyeri haid. Adapun manfaat lain, seperti mampu menurunkan gula darah, mencegah osteoporosis, mengurangi perdagangan dan masih banyak lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa bunga chamomile tidak hanya sebagai bunga potong, tetapi juga sebagai teh herbal yang kaya manfaat untuk tubuh.

Contoh persuasi 6

Media sosial sebagai media untuk bertukar pengalaman, dan aktivitas. Beberapa orang menjadi media sosial sebagai marketing online, sehingga bisa mendapatkan penghasilan di sana. Sebagian lagi, menjadikan media sosial sebagai ajang pamer, flexing dan adu unjuk gigi biar kelihatan bergengsi. 

Sehingga bagi penikmat yang tidak memiliki kemampuan mengolah informasi secara positif mengalami gangguan emosi seperti iri, dengki dan tidak ingin disaingi. Jadi, media sosial akan memiliki manfaat baik jika dikelola di tangan orang yang bijak, sementara akan menjadi petaka jika ditangan orang yang belum matang secara emosional.

Itulah beberapa struktur teks persuasi yang benar disertai dengan contohnya.  Bagimana, membuat teks persuasi sebenarnya mudah bukan? Selamat mencoba

Info Penting
Nah buat kamu yang udah punya naskah atau masih proses menulis, pas banget nih bukunesia punya layanan cetak buku di semua genre. Jadi kamu bisa langsung nerbitin disini, atau kamu bisa hubungi admin bukunesia.

(Irukawa Elisa)

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait