Aplikasi Untuk Menulis di Laptop dan HP Terbaru

aplikasi untuk menulis di laptop

Aplikasi untuk menulis di laptop memang sudah lama tersedia. Namun tidak semua pengguna menyadari adanya aplikasi ini. sehingga tidak memanfaatkannya. Padahal ada banyak aplikasi untuk menulis di laptop dan sangat membantu memudahkan pekerjaan.

Adapun yang sampai detik ini yang tidak memiliki laptop, dan masih memiliki HP atau smartphone saja. Diera serba mudah dan canggih seperti sekarang bermodal smartphone pun tetap bisa menulis dan berkarya loh. Penasaran aplikasi apa saja sih yang dapat digunakan untuk menulis di laptop dan di HP? Simak ulasannya sebagai berikut. 

Aplikasi Untuk Menulis di Laptop

Aplikasi laptop untuk menulis laptop memang ada banyak yang bisa dimanfaatkan dan memudahkan kerja kita. sayangnya, banyak yang tidak tahu aplikasi untuk laptop. Penasaran, langsung saja kita simak satu persatu berikut ini.

1. Google Doc

Google docs merupakan aplikasi yang dibuat oleh Google untuk pengguna secara gratis. Bentuk dari google docs itu sendiri seperti dengan Microsoft word, hanya saja versi digital atau versi online. Cocok buat kamu yang memiliki aktivitas super padat. 

Misalnya, kamu awalnya menulis di laptop di aplikasi google docs. Kamu bisa melanjutkan menulis menggunakan smartphone kamu, asalkan diakses dari akun yang sama. Jadi proses pengerjaannya simpel dan memudahkan sebagai pengguna. 

Sementara untuk hasil lembar kerja tidak sekedar disimpan dalam bentuk .doc atau microsoft word saja. tetapi dapat dibuat dalam format lain seperti OpenDocument Format (.odt), Rich Text Format (.rtf), PDF Document (.pdf), Plain Text (.txt), Web Page (.html, zipper), dan EPUB Publication (.epub).

Di era digitalisasi yang menuntut serba cepat, salah satu kelebihan menggunakan aplikasi google docs adalah, dapat mengedit tulisan secara bersamaan. Cocok buat kamu yang memiliki penulis freelance di luar sana, dan memudahkan dalam melakukan koordinasi.

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

2. Microsoft Onenote

Ada juga aplikasi yang dapat untuk menulis, yaitu onenote. Onenote sebenarnya buku catatan yang dikemas secara digital. Tidak hanya dapat menuliskan apa yang ingin kamu tulis. Di aplikasi ini kamu pun bisa merekam audio juga loh. 

Bahkan buat kamu yang bisa melakukan sketsa, juga bisa melakukannya di aplikasi ini. hasil dari catatan di OneNote mudah untuk diatur, dibagikan ataupun untuk dicetak juga loh. Karena bentuknya OneNote ini online, kelebihannya kamu bisa menulis dimana saja dan kapan saja, selama koneksi internet masih terhubung.

3. Blooom Dairy

Selain onenote and google doc, ada juga aplikasi untuk menulis secara online, yaitu Bloom Dairy. Aplikasi ini adalah aplikasi yang pas buat kamu menuliskan dan menceritakan pengalaman dan momen berharga. 

Adapun kelebihan dari aplikasi ini, yaitu memiliki fitur editor yang banyak pilihan pemformatan teks. Konsepnya dibuat per bab, sehingga memudahkan kamu untuk memanggil catatan yang pernah kamu tulis. 

Buat kamu yang suka traveling, kemudian menuliskannya, maka Bloom Dairy ini pilihan yang pas. Karena kamu bisa memasukan foto di dalamnya, sehingga catatan terkesan lebih menarik dan menyenangkan.

4. Bear Notes

Mungkin kamu asing dengan aplikasi bear notes? Tidak banyak yang tahu, jika bear notes juga dapat dipasang di laptop. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menulis sekaligus juga disisipkan dengan gambar. Kelebihan aplikasi ini, tidak hanya digunakan di laptop, tetapi juga dapat dipasang di sistem operasi iOS dan macOS juga loh.

5. Idailydiary

Jika kamu ingin aplikasi menulis yang lebih ketat, kamu bisa menggunakan aplikasi idailydiary. Dimana setiap kali masuk ke aplikasi, kamu perlu memasukan password dan enkripsi. Tentu ini cocok buat kamu yang ingin tulisannya dijaga secara privasi, agar tidak mudah diakses oleh orang lain,selain kita. Hasil tulisan yang tertuang di sini bisa kamu ubah kedalam format HTML atau bisa juga disimpan dalam bentuk flashdisk juga loh.

6. Paperstreet Journal

Adapun aplikasi gratis yang bisa dipasang di laptop,yaitu paper street journal. Sama seperti yang lain, aplikasi ini tidak hanya untuk menuliskan dalam bentuk teks, tetapi juga dapat menyisipkan gambar. Hasil catatan yang sudah kamu tulis pun bisa berbentuk PNG ataupun RTF. 

Ada yang berbeda dibandingkan aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika aplikasi Paper Street journal juga dapat mengubah suara menjadi teks. Cocok buat kamu yang punya keahlian dalam berbicara. Maka kamu cukup memanfaatkan fitur ini, dan akan berubah menjadi teks. Tentunya aplikasi ini juga ada fitur yang dapat memeriksa ejaan yang salah menjadi benar

Itulah enam aplikasi untuk menulis di laptop yang bisa kamu coba dan kamu eksplore. Lalu dari masing-masing aplikasi di atas, mana yang paling nyaman digunakan? Tentu saja jawabannya pun relative. Karena kesenangan orang berbeda-beda.

baca juga Mudah & Gak Ribet, 3 Langkah Cara Membuat Novel di HP

Aplikasi Untuk Menulis di HP

Setelah mengetahui aplikasi untuk menulis di laptop diatas barangkali ada diantara kamu yang tidak biasa bekerja menggunakan laptop, melainkan menggunakan HP atau smartphone. Atau mungkin kamu belum memiliki cukup uang untuk membeli laptop?

Tenang, karena sekarang jaman sudah super canggih. Bahkan saat kamu tidak punya laptop untuk menulis mengerjakan tugas. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi menulis lewat HP. Penasaran aplikasi tersebut apa saja? Simak ulasan berikut. 

1. IA Writer

iA Writer salah satu aplikasi yang dapat digunakan di HP. Caranya cukup mendownload. semua HP yang memiliki iOS dan Android bisa menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi ini adalah aplikasi yang paling banyak dipasang oleh pengguna. Adapun kelebihan dari iA Writer yaitu ada fitur tambahan yang memudahkan kamu mengetahui kata sifat,kata kerja,kata sambung yang ada di dalam dokumen.

2. Jotterpad

Selain iA Writer ada juga yang disebut JotterPad. Aplikasi ini juga dapat dinikmati bagi pengguna HP. Kamu tidak hanya bisa menulis di aplikasi ini, tetapi juga memanfaatkan aplikasi ini dapat digunakan untuk menulis tulisan pendek maupun tulisan panjang. Buat kamu yang tidak suka ada gangguan di layar, maka aplikasi ini mungkin kamu bisa menghilangkan semua gangguan di layar.

3. Evernote

Jika ingin pengalaman yang lain, kamu bisa mencoba aplikasi evernote. Aplikasi yang cocok untuk menuliskan catatan ide kamu secara digital. Setidaknya kamu tidak hanya menulis catatan singkat saja, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencatat dalam bentuk checklist, bahkan membuat voice note pun juga bisa loh. Karena catatan ini bersifat digital, maka dapat diakses kapan saja dan dimana saja kamu berada. Kelemahannya, ketika tidak ada sinyal internet, aplikasi ini pun tidak dapat digunakan.

4. Werdsmith

Kamu seorang penulis yang tidak hanya menulis catatan pendek, melainkan menulis tulisan panjang, seperti novel? Jika iya. Kamu bisa memakai Werdsmith. Di aplikasi ini ada format untuk menulis novel, bahkan skenario pun juga ada.Kelebihan dari aplikasi Werdsmith adalah,dapat digunakan untuk publikasi portofolio juga. Sayangnya bagi membership tiap bulan dikenakan sebesar $4,99 per bulan.

5. Scrivener 

Jika kamu tidak terbiasa menulis dalam jumlah berlembar-lembar. Namun sebenarnya kamu memiliki ketertarikan untuk melakukannya, maka kamu bisa menggunakan aplikasi scrivener ini. Setidaknya di sini kamu bisa menulis dengan sedikit bantuan. Misalnya kamu bisa memberi highlight pada bab atau kalimat. Dan dari hasil tulisan di sini, kamu pun bisa mengubahnya menjadi format e-book juga loh.

6. Writer Tools

Writer tools ini juga aplikasi yang cocok buat kamu yang suka nulis novel. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dapat membantu kamu untuk melacak kemajuan kamu dalam menulis. Sehingga cocok buat kamu yang masih pemula. Writer tools ini tersedia dalam beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, Polandia, Portugis, Prancis, Rusia, Korea, Italia, Spanyol, Cina dan masih banyak lagi.

7. Pure Writer

Pure writer salah satu aplikasi yang memudahkan kamu bekerja dimana saja dan kapan saja, tanpa harus membawa laptop. Karena cukup memiliki hp dan terpasang pure writer, kamu pun sudah bisa tetap menulis bekerja. Tidak hanya di dedikasikan untuk para penulis saja, pure writer juga cocok digunakan untuk anak sekolah ataupun mahasiswa saat mencatat selama di kelas juga loh. Jadi buat pelajar yang belum punya laptop, masih bisa mengerjakan tugas menggunakan aplikasi ini.

8. My Story Today

Kamu bisa juga mencoba aplikasi lain seperti my story today. Aplikasi ini di dedikasikan buat kamu yang ngaku seorang penulis fiksi. baik itu penulis cerpen maupun novel. Aplikasi yang dapat dipasang di smartphone ini tentu memudahkan kamu dalam menulis dan mengembangkan ide gila kamu kepada penggemar. Salah satu kelebihan mystory today adalah memiliki manajemen cerita dengan bab dan adegan. buat kamu yang penasaran, bisa coba aplikasi ini bisa mencoba.

Itulah delapan aplikasi di HP dan 6 aplikasi untuk menulis di laptop. Semoga dari beberapa jenis aplikasi di atas bisa membantu kamu untuk bekerja hanya cukup menggunakan perangkat yang sudah dimiliki. Jangan jadikan keterbatasan sebagai alasan, dan selamat mencoba.

(Irukawa Elisa)

Baca juga artikel

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait