Analisis Artikel: Pengertian dan Cara Membuat

cara analisis artikel
banner-download-ebook

Membuat analisis artikel biasanya dilakukan untuk membuat analisis pada karya-karya ilmiah yang bentuknya artikel ilmiah. Hal ini sangat bermanfaat dan juga penting bagi seorang pembaca dan juga yang mau menggunakan artikel lainnya untuk jadi referensi.

Baca juga: Contoh Kerangka Artikel

Apa itu Analisis Artikel

Secara umum, analisis artikel merupakan proses untuk mengkaji atau mereview artikel dengan cara melakukan tinjauan untuk menunjukkan sebuah fakta dari sebuah data yang ada dalam sebuah artikel yang dijadikan rujukan tersebut.

Nah, karena pentingnya hal tersebut maka analisis artikel inilah yang perlu dipelajari oleh orang yang mau mendapatkan isi dari sebuah artikel dengan benar dan pasti.

Cara Melakukan Analisis Artikel

Berikut ini cara melakukan analisis artikel yang bisa kamu gunakan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Baca Ulang Artikel

Langkah pertama, silakan cari artikel yang akan dilakukan analisis mendalamnya. Biasanya sih artikel ini sifatnya artikel ilmiah karena informasinya yang sangat banyak dibandingkan dengan artikel lainnya. Namun, tidak terbatas juga di artikel ilmiah ya.

Setelah menentukannya, silakan baca ulang artikel tersebut secara berulang minimal 3-5 kali. Tujuannya, supaya benar-benar memahami konteks dari artikel tersebut. Nah, setelah itu lakukan pencatatan (poin 2).

2. Catat Istilah yang Asing dan Penting

Pencatatan disini tujuannya adalah bisa menggali lebih dalam maksud, tujuan dan konteks dari artikel yang dianalisis. Analisis artikel sendiri kan tujuannya untuk menganalisis isi dari artikel yang sudah ada. Makanya, memahami kata yang susah dan juga kata yang sering digunakan bisa menjadikan pembahasan dan analisis artikel menjadi luas dan mendalam.

3. Buat Tinjauan Data dan Analisisnya

Langkah ketiga dalam melakukan analisis artikel adalah memperhatikan data-data penting dan pendukung dalam artikel tersebut. Setelah mendapatkannya, lihat analisis dari penulis terhadap data-data yang diperolehnya itu sendiri.

Makanya, disini penting untuk memahami konteks dan tujuan dari penulisan artikel yang dianalisis supaya tidak salah interpretasi.

4. Buat Ringkasan

Setelah semuanya dapat, buatlah ringkasan yang paling singkat, jelas dan padat. Yang penting adalah bisa mengumpulkan semua informasi penting dalam artikel yang dianalisis dan alurnya juga jelas.

5. Kemas Data Penting dalam Artikel

Setelah itu, masukkan data-data dan analisisnya kedalam rangkuman analisis artikelmu. Kemas data yang susah menjadi lebih mudah dipahami dan malah bagus jika dibuat gambar. Poin utamanya adalah supaya data mudah dibaca dan pastinya bisa dipahami tanpa perlu untuk membaca penuh artikel yang dianalisnya.

6. Bandingkan Opini dan Fakta

Bandingkan opini yang dituliskan oleh penulis dengan fakta yang terjadi dalam artikel tersebut. Pastinya, ada fakta-fakta dan data yang seolah-olah sesuai dengan opini dari penulis. Nah, tugasmu adalah menilai hal tersebut apakah sudah benar atau belum.

7. Tanggapan Kamu

Apabila merasa benar dan atau salah tetap ada alasannya kan? Disinilah tanggapanmu diperlukan sebagai yang mereview artikel tersebut. Namun opini ini, harus berdasarkan data dan analisa sebelumnya yang kamu lakukan

8. Kesimpulan

Pada bagian akhir artikel analisis, buatlah dan tuliskan kesimpulannya secara rinci, ringkas dan lengkap.

Baca juga: Pola Penyajian Artikel

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis