Cara Menentukan Tema Cerpen dengan Mudah

Cara Menentukan Tema Cerpen

Menentukan tema cerpen (cerita pendek) kadang dianggap susah. Namun, akan mudah apabila mengikuti langkah berikut ini.

Apa itu Tema Cerpen?

Secara umum, tema diartikan sebagai pusat dari sebuah cerita atau disebut juga dengan inti dalam cerita yang diangkat penulis.

Tema sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu tema mayor yang merupakan tema secara penuh dari cerita yang diangkat serta tema minor merupakan tema yang mendukung tema mayor. Biasanya tema minor ini muncul dengan mencari sudut pandang lain dalam membaca dan memahami cerita pendek.

Nah, sudah tau mengenai pengertian tema dan jenisnya kan? Sebelumnya sudah aku bahasa juga secara lengkap untuk memahami mengenai pengertian tema. Silakan, kalian pahami dan baca disana ya.

Cara Menentukan Tema Cerpen

Ada 4 langkah menentukan tema, yaitu membaca semuanya, mencatat peristiwa penting, menyimpulkan dan menentukan inti cerita. Mari kita bahas satu per satu ya penjelasannya.

Oh iya, sebelum menentukan tema cerpen, lebih baik ketahui dulu genre dalam cerita pendek deh biar memudahkan dalam menentukan tema. Artikelnya bisa dibaca pada Jenis Genre Cerpen.

1. Membaca Secara Menyuluruh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara membaca sebuah cerita pendek menyeluruh atau sampai akhir dan selesai. Membaca seluruh ini tidak hanya sekali saja ya, tetapi bisa sampai 2-3 kali sesuai dengan tingkat pemahaman masing-masing.

Mengapa harus dibaca secara menyeluruh? Sebab, cerita yang ingin disampaikan penulis bisa terbaca dengan baik apabila sudah tau konflik, klimaks masalahnya dan juga bagaimana penyelesaian akhirnya.

2. Mencatat peristiwa yang terjadi

Kedua, mencatat peristiwa penting yang muncul dalam setiap bagiannya. Tidak harus per paragraf, tetapi akan terlihat setiap bagian-bagian ada hal yang ingin disampaikan dengan jelas dan tersirat. Nah, mencatat bisa dengan mengingatnya di otak atau lebih baiknya mencatat secara jelas dalam catatan kertas ya.

3. Menyimpulkan Cerita

Langkah selanjutnya adalah menyimpulkan cerita dari peristiswa-peristiwa penting yang telah kalian catat pastinya. Rangkaian peristiwa penting ini apabila disusun secara singkat akan menjadi alur cerita yang lebih ringkas.

Nah, tugas kaliana dalah membuat simpulan cerpen tersebut. Mudahnya adalah membuat rangkuman cerita dalam beberapa paragraf saja sehingga orang yang membaca bisa tau apa yang ada dalam cerpen tersebut tanpa harus membacanya sampai selesai.

Rangkuman inilah yang menjadi bahan untuk langkah terakhir dan menentukan tema dengan benar dan tepat.

4. Menentukan Inti Cerita

Terakhir adalah menentukan inti cerita. Dengan sudah membuat rangkuman atau ringkasan cerpen, pasti akan mudah sekali membuat kalimat atau kata singkat dari isi keseluruhan cerpen. Nah, inti dari rangkuman yang telah dibuat ini yang disebut dengan tema cerpen.

Bagaimana? Mudahkan langkah-langkahnya? Kelihatannya sih panjang ya tetapi sebenarnya tanpa menulis pun bisa menentukan temanya apabila mengingat “rangkaian peristiwa” dalam cerita pendek yang dibaca. Semoga bermanfaat ya buat kalian yang suka membaca cerpen dan juga ingin mengetahui temanya.

Oh iya, untuk membuat cerita pendek yang menarik, aku sudah membuat panduan lengkapnya. Silakan kalian baca pada artikel Membuat Cerpen: 8 Panduan Lengkap A-Z.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis