logo penerbit bukunesia

Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi yang Populer di 2023

Contoh buku fiksi dan non fiksi
promo tahun baru 30%

Mungkin kamu saat ini sudah paham mengenai fiksi dan non fiksi, namun jika ingin menulis buku masih bingung mau mulai dari mana. Tenang solusinya adalah mengetahui contoh buku fiksi dan non fiksi agar bisa menulis.

Ada banyak sekali contoh dari buku fiksi maupun non fiksi di dunia ini. Namun jika kamu ingin karangan yang simpel dan mudah dipahami, disinilah tempat kamu mencari tahunya.

Contoh Buku Fiksi

Buku fiksi lebih banyak disukai dari semua kalangan. Mulai kalangan orang kecil hingga dewasa. Alasannya sederhana, karena buku fiksi bersifat menghibur dan mengajak pembaca untuk eksplore imajinasi.  Dan berikut adalah penjelasan dan contoh buku fiksi.

Apa itu Buku Fiksi

buku fiksi adalah jenis buku yang menceritakan sebuah kisah yang dikembangkan berdasarkan imajinasi atau khayalan. dimana buku fiksi adalah buku yang bersifat subjektif penulis. dimana kebenaran tidak bersifat mutlak. 

Secara teknis penulisan, buku fiksi ditulis menggunakan bahasa konotatif (tidak sebenarnya). Dari segi sistematika penulisan, buku fiksi tidak ada aturan baku. buku fiksi yang baik, dapat dilihat dari keahlian penulis dalam menghidupkan emosi pembaca dan cara menyampaikan amanat/pesan moral cerita kepada pembaca lebih mudah diterima.

Contoh Buku Fiksi 

Lantas apa saja sih contoh buku fiksi yang pernah ngetrend atau sedang ngetrend? Berikut beberapa contoh bukunya. 

  1. Petualangan Jack dan Piggy Natal 
Petualangan-Jack-dan-Piggy-Natal 
Petualangan Jack dan Piggy Natal 

Buat pecinta fiksi, karya petualangan Jack dan Piggy Natal karya J.K. Rowling ini adalah contoh fiksi yang cukup trend akhir-akhir ini.buku ini menceritakan tentang kisah seorang anak laki-laki bernama Jack yang melakukan petualangan di malam natal bersama mainan barunya. Jack bersama mainan baru yang bisa hidup pergi berpetualang di tanah yang hilang. 

  1. Bibi Gill
Bibi-Gill
Bibi Gill

Ada yang ngefans dengan Tere Liye? Ada contoh buku fiksi yang menarik dari Tere Liye yang berjudul Bibi Gill. Buku ini menceritakan kisah Bibi Gill yang penuh drama dan kisah tragis. Ada banyak kejutan yang ditawarkan di buku fiksi satu ini.

  1. Kumpulan Pantun Anak

contoh buku fiksi selain berbentuk buku atau dongeng. Ada juga buku kumpulan pantun anak. Buku karya Dewi Anggraini terbitan Bukunesia adalah buku berisi kumpulan pantun yang terdiri dari beberapa bab. ada pantun ceria, kesabaran,hewan, kebersihan, mainan dan masih banyak lagi. buku ini cocok untuk anak-anak.

Tentu saja jika kita lihat secara keseluruhan, ada banyak sekali contoh buku fiksi yang tidak kalah menarik untuk dibaca. Bahkan, di setiapaz tahunnya buku selalu memiliki trennya masing-masing. Di tahun ini, buku fiksi apa yang menurut kamu menarik? Boleh banget ditulis di kolom komentar. 

baca juga 7 Cara Menulis Cerita Fiksi yang Menarik

Contoh Buku Non Fiksi

Dibandingkan dengan buku fiksi, ternyata buku non fiksi kurang menarik bagi masyarakat umum.meskipun kurang menarik, tetap banyak yang mencari buku non fiksi karena beberapa hal. 

Misalnya karena tuntutan dari pihak sekolah untuk membeli buku pendidikan. Sisanya, buku seperti buku motivasi dicari karena dorongan dari masing-masing orang akan pentingnya bacaan. Adapun pengertian singkat dan contoh buku non fiksi sebagai berikut. 

Penjelasan singkat non fiksi 

Sebaliknya, selain buku fiksi, ada juga yang disebut dengan buku non fiksi. Dikatakan sebagai buku nonfiksi karena buku ini ditulis berdasarkan data, dan fakta yang dikumpulkan oleh penulis. Secara sistematika penulisan, buku non fiksi  memperhatikan aturan penulisan. Misalnya buku ajar, harus ditulis sesuai dengan kaidah buku pendidikan. 

Buku nonfiksi dari cara penyampaian, menggunakan bahasa lebih baku. Isi yang disampaikan pun berdasarkan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga dalam proses penulisan harus berhati-hati dengan sumber. 

Contoh buku non fiksi 

Setelah mengintip contoh buku fiksi, kurang afdol jika kita tidak mengupas tentang contoh buku non fiksi. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa kamu intip. 

  1. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat 
Sebuah-Seni-Untuk-Bersikap-Bodo-Amat
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Buku karya Mark Manson berjudul “Sebuah seni untuk bersikap bodo amat” adalah contoh buku non fiksi yang cukup tren dan banyak dicari. Buku ini termasuk buku self improvement yang akan mengajak pembaca untuk melihat dari perspektif yang baru. Buku ini sangat cocok buat kamu yang sedang mencari semangat baru dan wawasan baru. Setidaknya di era serba digital yang serba pencitraan, kadang hidup dengan bodo amat perlu dilakukan, agar tetap sehat secara mental. 

  1. Atomi Habits 
Atomi-Habits
Atomi Habits

Contoh buku non fiksi yang cukup populer dan trend adalah karya James Clear yang berjudul “Atomi Habits”. Buku ini menjadi trend karena banyak memberikan perspektif baru dalam mengubah kebiasaan menjadi kebiasaan yang baru. Ada banyak kebiasaan yang bisa dipelajari di dalam buku ini. Dari penyampaian pun juga menyenangkan. Buku ini sangat cocok untuk teman mengisi waktu luang.

  1. Mencari Rakyat di Tengah Pilkada Rasa Pandemi 

Adapun contoh buku non fiksi yang tidak kalah menarik untuk teman membaca. Buku Karya Anicetus windarto terbitan bukunesia ini adalah buku yang mengkritik seputar pilkada yang momentumnya berdekatan dengan pandemi covid-19. Ada banyak perspektif yang dipaparkan di buku ini. Penasaran, kamu bisa langsung spoiler di sini. Di sana juga ada contoh buku non fiksi yang tidak kalah menarik. Atau mungkin kamu ada yang ingin menjadi penulis buku non fiksi? Bisa kirim tulisan kamu di bukunesia juga loh. 

Ada banyak contoh buku non fiksi selain contoh di atas. Kamu bisa lihat contoh buku non fiksi lainnya di penerbit deepublish atau di bukunesia. DI sana ada banyak sekali koleksi buku fiksi maupun buku nonfiksi yang akan memperkaya pengetahuan dan wawasan kamu.

Namun jika kamu sudah mempunyai naskah atau hampir selesai menulis naskah, kami bukunesia memiliki layanan penerbitan semua genre dan sedang diskon 30%. Jika ingin menerbitkan bukumu silahkan kunjungi disini.

Kamu juga bisa membaca Begini Cara Menulis Footnote Untuk Buku Non Fiksi

(Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis