logo penerbit bukunesia

8 Contoh Komik Simpel, Mudah, dan Menarik

contoh komik
promo tahun baru 30%

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang masih bingung bagaimana contoh komik setelah mengetahui jenis jenis komik atau cara membuat komik

Memang tidak salah, karena dalam membuat komik kamu harus mengetahui terlebih dahulu contoh contoh komik itu seperti apa saja, sehingga kamu bisa mempunyai banyak referensi ketika ingin membuat komik.

Untuk lebih mengenal contoh komik dan penjelasannya, simak beberapa jenis komik, lengkap dengan contohnya seperti di bawah ini.

Contoh komik

1. Contoh Komik Sederhana

Di Indonesia, ada berbagai jenis komik, salah satunya komik sederhana. Komik sederhana ini biasanya disampaikan dengan sifat menghibur atau memberi informasi yang ringan, sehingga isi pada komik sederhana ini akan lebih mudah dipahami dan juga dimengerti oleh pembaca.

Di Indonesia, ada berbagai contoh komik sederhana yang menarik namun banyak yang menarik perhatian para pembaca. Ada berbagai rekomendasi, baik dalam bentuk buku maupun yang biasanya ada di media sosial.

Salah satu contoh sederhana yang belakangan ini banjir perhatian dan ramai dibaca oleh masyarakat. Karena umumnya berisi informasi, biasanya komik sederhana ini dibuat dengan ilustrasi yang sangat menarik namun sarat akan makna di dalamnya. 

Biasanya, komik sederhana ini dikeluarkan oleh instansi, perorangan, dan lain sebagainya sebagai informasi atau imbauan. Di bawah ini ada beberapa contoh sederhana yang bisa dan mudah ditemui di internet.

contoh komik sederhana

2. Contoh Komik Pendidikan

Jenis komik yang selanjutnya adalah komik pendidikan. Komik pendidikan atau yang dikenal dengan komik edukasi merupakan komik yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kemauan anak untuk membaca. Meski sebagian besar orang beranggapan jika komik hanya jadi sarana bermain, tapi komik lebih menarik dan sarat akan pesan yang bermanfaat.

Komik pendidikan biasanya disusun dalam urutan kronologis yang mana menceritakan satu cerita atau serangkaian cerita yang berbeda yang terdiri dari panel yang berurutan dengan mewakili adegan individu. Selain itu, panel pada komik biasanya disertai dengan teks dan dialog di dalam gelembung teks.

Komik edukasi merupakan bentuk bacaan yang isinya berbagai macam pengetahuan yang bisa mengangkat berbagai tema yang di dalamnya berisi pembelajaran dan berbagai nilai budi pekerti. Contoh dari komik pendidikan adalah komik islami, komik pendidikan sains, komik pendidikan alam, dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh komik pendidikan yang ada di Indonesia

3. Contoh Komik Singkat

Jenis komik selanjutnya adalah komik singkat. Komik singkat ini merupakan komik pendek yang biasanya ditujukan untuk pengguna ponsel, baik di aplikasi, di media sosial, dan lain sebagainya. Meski terkesan singkat, akan tetapi komik singkat ini tetap sarat akan makna dan juga informasi.

Dengan cara penyampaiannya yang singkat, maka komik singkat akan jauh lebih mudah dipahami dan banyak pembaca karena bisa dipahami dengan mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa contoh komik singkat yang ada di Indonesia.

4. Contoh Komik Strip

Jenis komik yang lainnya adalah komik strip. Komik strip merupakan jenis komik yang belakangan ini sangat populer di Indonesia. Komik strip merupakan beberapa gambar yang memiliki cerita dan alur yang mana gambar dan alur tersebut kadang disertai dengan tulisan atau balon kata yang mengisahkan cerita dari gambar.

Komik strip disusun dalam bentuk gambar atau rangkaian gambar yang berisi cerita dan biasanya ditulis oleh seorang kartunis. Tak hanya di buku saja, saat ini komik strip juga biasanya terbit di media sosial dan juga aplikasi lainnya. Di bawah ini adalah beberapa contoh komik strip yang ada di Indonesia.

5. Contoh Komik Kartun

Komik kartun juga merupakan salah satu jenis komik yang populer di Indonesia. Komik kartun berisi satu tampilan yang membuat gambar dan tulisan dalam satu ilustrasi. Biasanya, di dalam komik kartun ini berisi gabungan teks dan gambar yang sifatnya memberi kritikan, sindiran, atau bahkan berisi humor.

Komik kartun ini menjadi komik yang menarik karena ilustrasinya dibuat seperti kartun sehingga lebih enak dipandang dan juga akan menarik hati perhatian banyak orang. Karena gambarnya yang menarik, maka pesan yang terdapat di dalam komik kartun tersebut juga dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami pembaca.

Di bawah ini ada beberapa contoh komik kartun.

6. Contoh Komik Silat

Komik silat merupakan komik asli Indonesia yang memiliki latar belakang atau cerita dengan tema silat. Komik silat ini memiliki latar belakang cerita yaitu pada suatu zaman antah berantah dan ada sebagian lainnya yang menggunakan latar belakang cerita pada masa Majapahit, zaman Islam dan kolonial.

Tak hanya itu, komik silat biasanya menggunakan latar kedaerahan dan wilayah di nusantara. Berikut adalah contoh komik silat yang ada di Indonesia.

7. Contoh Komik Humor

Jenis komik selanjutnya adalah komik humor. Komik humor adalah komik yang isinya menampilkan sesuatu yang lucu dan mengundang pembaca untuk tertawa ketika menikmati komik tersebut. Komik humor juga diartikan sebagai komik Indonesia yang memiliki tema dagelan atau humor. Saat ini, komik humor sangat sering beredar.

Tak hanya di buku saja, di media sosial pun komik humor kerap digunakan untuk menyampaikan informasi atau hiburan yang menggelitik dalam bentuk konten. Berikut adalah contoh dari komik humor yang perlu Anda ketahui.

8. Contoh Komik Anime

Jenis komik yang terakhir adalah komik anime. Anime merupakan istilah untuk kartun bergaya Jepang yang biasanya disajikan di dalam media film atau serial televisi. Namun, anime ini bisa dikemas sebagai komik yang berarti menyajikan komik atau tulisan dengan bergambar dengan tema atau gaya Jepang.

Berikut ini adalah contoh komik anime populer  di Indonesia.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis