logo penerbit bukunesia

Jenis Jenis Komik : Penjelasan dan Contohnya

jenis jenis komik
promo tahun baru 30%

Pada sebelumnya bukunesia suda membahas tentang cara membuat komik dan ciri ciri komik, sekarang bukunesia akan menjelaskan tentang jenis jenis komik. Siapa sih yang disini masih bingung apasaja jenis jenis komik dan penjelasannya?

Komik merupakan hasil dari perpaduan seni dengan sastra yang berbentuk gambar dan juga tulisan. Hal tersebut membuat komik sering disebut sebagai karya sastra bergambar yang berisi kata-kata dan juga gambar. Saat ini, komik tak hanya dalam bentuk buku saja tetapi juga sering dijumpai di berbagai platform, misalnya di media sosial, majalah, bahkan di internet.

Ciri khas yang utama di dalam sebuah komik adalah cerita bergambar. Dengan gambar ilustrasi di dalam komik, maka pembaca akan lebih tertarik dan bahkan mudah memahami cerita yang ada di dalam komik tersebut. Tak hanya itu, komik juga bersifat ringan, mudah dicerna, dan juga lucu serta menghibur.

Apalagi, komik memiliki sifat yang luwes dan mudah dipahami, sehingga komik sangat mudah berkembang dari waktu ke waktu.

Jenis Jenis Komik

Komik memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda yang disukai oleh para pembacanya masing-masing. Berdasarkan bentuknya, berikut adalah beberapa jenis komik yang bisa Anda nikmati.

1. Jenis Komik Indonesia

Komik Indonesia  memiliki beberapa jenis komik yang sangat laku di pasaran. Di bawah ini adalah beberapa jenis komik yang ada atau yang diciptakan di Indonesia.

A. Komik Strip

Komik Strip by facebook tahilalats
Komik Strip by facebook tahilalats

Komik strip atau yang juga sering disebut dengan komik potongan merupakan jenis komik yang hanya terdiri dari berbagai panel yang berisi gambar. Di dalam komik strip ini, meskipun berisi gambar dalam setiap halamannya, namun tetap dapat mengungkapkan gagasan dan juga isi serta alur cerita yang disampaikan secara utuh.

Selain itu, komik strip juga sangat mudah ditemui di berbagai platform, misalnya buku, majalah, surat kabar, dan bahkan di internet. Perlu diketahui, berbeda dengan komik yang ada di dalam buku, komik strip ini tidak dibuat dengan gambar yang banyak, melainkan hanya dibuat dengan gambar yang sedikit.

Dengan demikian, maka komik jenis strop ini membuat isi di dalam komik tidak terlalu banyak menyampaikan gagasan atau pesan kepada para pembacanya. Komik strip ini lebih fokus terhadap satu isu atau topik saja, misalnya yaitu tanggapan dari sebuah cerita atau peristiwa dan berbagai isu yang sangat ramai diperbincangkan dan juga dibahas di kalangan publik.

B. Komik Buku

ciri-ciri-komik-Photo-by-Miika-Laaksonen-on-Unsplash

Selain jenis komik strip, jenis komik Indonesia lainnya adalah komik buku. Sejak zaman dahulu, komik buku ini sangat banyak peminatnya. Sesuai dengan namanya, komik buku ini adalah jenis komik yang ditulis dalam bentuk buku atau komik yang dibukukan. Meski begitu, komik buku ini biasanya hanya memuat satu cerita yang disajikan secara utuh.

Biasanya, komik buku ini diterbitkan dalam bentuk seri buku. Sehingga pada satu buku komik, bisa jadi di dalamnya memiliki puluhan bahkan ratusan seri komik. Bahkan ada juga yang masih belum tamat dalam satu buku, sehingga dilanjutkan lagi ke dalam buku selanjutnya.

Adapun komik yang menampilkan cerita berkelanjutan, namun ada juga komik yang hanya ada untuk beberapa seri saja. Komik buku ini saat ini masih banyak peminatnya dan biasanya di jual di berbagai toko buku. Komik buku juga memiliki tema-tema tertentu, misalnya persahabatan, cinta, keluarga, bahkan politik atau hukum.

C. Komik Online

komik online

Seiring berkembangnya zaman, berbagai karya sastra saat ini juga semakin berkembang, baik cerita maupun medianya. Oleh sebab itu, tak heran jika di Indonesia ada salah satu jenis komik yaitu komik online. Komik online ini dikatakan sebagai salah satu jenis komik yang sering dibaca oleh orang yang ada di era digital seperti saat ini.

Komik bisa terdapat di internet dan bahkan komik yang terdapat di internet ini sudah membuat adanya perubahan terhadap ekosistem komik. Yang mana sejak dahulu kita memahami bahwa komik hanya bisa dibaca dengan cara membeli buku komiknya, namun saat ini, komik tidak selalu banyak bisa dibaca melalui buku saja.

Komik juga bisa dibaca di laman internet karena banyak komik yang tersebar di internet dan dapat dengan mudah ditemui di internet serta mudah diakses, baik secara gratis atau berbayar. Masuknya komik ke dalam internet atau disebarkan secara online ini merupakan salah satu langkah efektif mengingat biaya mengunggah komik ke dalam internet dinilai lebih murah.

Selain itu, menulis komik di internet dinilai lebih mudah dan ringkas, serta peminat atau pembacanya lebih banyak karena mayoritas orang sudah menggunakan bahkan bergantung pada internet. Sehingga tujuan ditulisnya komik secara online ini akhirnya juga membuat banyak orang mulai beralih atau berpindah dari komik buku menjadi komik online dengan kemudahan yang ditawarkan.

2. Jenis Manga atau Komik Jepang

Berbeda dengan komik Indonesia, komik khas Jepang ini juga memiliki beberapa jenis. Tak hanya laku di Jepang saja, komik Jepang atau Manga ini juga banyak peminat dari berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis komik Jepang atau Manga.

A. Kodomo (Komik Anak-anak)

komik kodomo dari harismundar
komik kodomo dari harismundar

Jenis komik kodomo adalah komik dengan genre anak-anak yang sangat mudah dipahami dan juga jalan ceritanya sangat ringan. Di dalamnya menampilkan tokoh anak-anak yang umumnya bertema persahabatan dan juga petualangan. Contohnya adalah komik Doraemon, Miko!, Detective Conan, dan lain sebagainya.

B.Shoujo (Komik Remaja Perempuan)

manga-shojou dari pinterest
manga shojou by pinterest

Jenis komik Jepang selanjutnya adalah shoujo atau yang bergenre remaja perempuan yang cenderung menceritakan tokoh utamanya sebagian besar adalah perempuan yang biasanya memiliki cerita yaitu kisah percintaan, kehidupan sekolah, bahkan kadang diwarnai berbagai intrik kecil yang menyentuh hati pembaca.

C. Shounen (Komik Remaja Laki-laki)

manga shounen
manga shounen

Komik shounen atau komik remaja laki-laki ini biasanya cenderung terdapat tokoh laki-laki di dalam ceritanya yang terlibat dalam sebuah petualangan menyenangkan yang diwarnai dengan intrik perkelahian, pertempuran magis, pertempuran pedang, robot, dan lain sebagainya.

D. Josei (Komik Dewasa Perempuan)

Sekilas, josei ini hampir mirip dengan shoujo. Akan tetapi, jalan ceritanya cenderung lebih rumit dan kompleks sehingga sedikit lebih sulit dipahami daripada shoujo. Cerita yang ada di dalam josei ini biasanya mengambil setting di dunia kerja, kampus, dan lain sebagainya yang khas dengan kesan romantis.

Meskipun hampir mirip dengan shoujo, akan tetapi jalan cerita di dalam josei lebih membutuhkan waktu dan pemikiran untuk memahami isi cerita di dalam komik tersebut. Sehingga tak heran jika sasarannya adalah perempuan dewasa.

E. Seinen (Komik Dewasa Pria)

Terakhir adalah seinen yang targetnya merupakan pria dewasa sehingga alur ceritanya lebih kompleks jika dibandingkan dengan shounen. Komik seinen ini memiliki intrik cerita yang lebih berat, kasar, humor, dan dewasa. Komik jenis ini juga membutuhkan pemikiran yang lebih rumit, sehingga diperlukan pemikiran yang dewasa dan matang untuk memahami jalan cerita ini.

Sejak zaman dahulu, komik Jepang atau Manga sangat berpengaruh pada kultur masyarakat Indonesia. Misalnya pada era Dragon Ball hingga Naruto, One Piece, dan lain sebagainya yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis