Cover Buku: Ciri-Ciri yang Menarik dan Bikin Laris

Ciri-Ciri Cover Buku
Anda sedang mencari kriteria atau ciri cover buku yang menarik? Baca artikel ini sampai selesai. Sebab, cover buku penentu larisnya buku.

Anda sedang mencari kriteria atau ciri cover buku yang menarik? Baca artikel ini sampai selesai. Sebab, cover buku penentu larisnya buku.

Cover buku di rak toko buku memang beragam. Desain yang ditawarkan pun menarik. Ada pula yang lucu hingga serius. Namun tahukah Anda, jika sebuah cover buku sampai ada di toko buku memiliki perjalanan yang cukup panjang dan memiliki peran penting. Penasaran? Anda bisa temukan artikel ini. 

Apa Itu Cover Buku?

Sudah menjadi rahasia umum jika bacaan yang keren bisa saja terongokan di sudut rak. Sementara buku yang kurang baik bisa sangat laris karena hanya karena pengaruh dari cover buku. Apakah Anda juga sependapat? 

Cover buku lebih familiar disebut dengan sampul buku. Cover buku dapat diartikan sebagai pelindung bagian isi buku. Cover buku adalah sebagai identitas yang membedakan antara buku satu dengan buku yang lain. Dimana kehadiran cover menjadi lebih mudah untuk dikenali. 

Oleh sebab itu, banyak yang mengemas cover buku dengan desain yang lebih menarik. Sehingga dengan melihat cover, calon pembaca atau calon koonsumen tidak perlu membaca judul.

Apa Pentingnya Cover Buku?

Dari sekilas tentang cover buku di atas, menunjukan bahwa cover memiliki kekuatan marketing yang cukup kuat. Sehingga bisa mempengaruhi calon konsumen untuk membeli buku tanpa berpikir panjang. Jadi, buat Anda yang saat ini sedang mengembangkan sebuah karya buku, penting sekali memperhatikan cover buku. 

Lantas, sepenting apa sih cover buku? Dan kenapa harus membuat cover yang baik? Berikut beberapa alasan penting cover buku. 

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

1. Sebagai penguat 

Pentingnya adanya cover buku, yaitu sebagai penguat buku. Sehingga halaman per halaman agar tidak mudah terlepas. Adapun jenis-jenis penjilidan buku, anda bisa cek di artikel sebelumnya di sini. 

ad inserter captain halim

2. Strategi marketing 

Salah satu alasan pentingnya cover buku sebagai strategi marketing. Ternyata, cover buku yang baik dan menarik, mampu menarik antusiasme dan dorongan calon konsumen/pembaca untuk membeli buku anda loh. Maka tidak heran jika cover yang baik dan menarik menjadi sarana pemasaran secara halus.

3. Sebagai identitas buku 

Jika diperhatikan, kehadiran cover buku sebagai identitas buku yang ditulis oleh si penulis. Secara tidak langsung, cover buku memperkenalkan dan menonjolkan ciri khas si buku itu. Sehingga calon pembaca/konsumen pun akan mengingat dalam memori mereka. 

Apabila terjadi kesamaan cover buku di judul buku yang lain, tanpa ijin dari pihak penerbit dan penulis, maka masuk dalam penjiplakan dan plagiat.

4. Menyampaikan makna 

Apakah anda sering ke toko buku? Jika iya, pasti anda pun sudah terbiasa melihat beragam cover buku bukan? Mungkin saja anda tidak membeli semua buku yang ada di sana. Namun setidaknya anda melihat ada banyak desain cover buku yang bermacam-macam.

Ada cover buku yang didesain penuh makna. Bahkan sebelum membaca judul bukunya, kadangkala kita bisa menangkap pesan yang tergambarkan lewat cover buku tersebut bukan? Dari sini dapat disimpulkan bahwa, salah satu fungsi cover buku tidak lain sebagai media untuk menyampaikan arti secara visual. 

5. Menggambarkan genre 

Tidak semua orang tahu jika cover buku ternyata bisa digunakan untuk melihat genre buku juga loh. Apakah anda sudah tahu? Ketika melihat di toko online, mungkin tidak begitu terlihat perbedaannya. Tetapi ketika anda pergi ke toko buku. Anda akan melihat secara jelas perbedaan genre dari cover bukunya. 

Salah satu contohnya, buku genre fiksi, seperti novel hingga komik tentu berbeda jauh dengan cover buku dari genre self improvement, buku pendidikan, buku tutorial ataupun buku resep masakan.  Maka tidak heran jika dengan melihat cover, dalam sekian menit atau detik anda pun bisa menebak genre buku. 

6. Jati diri sebuah buku 

Menulis hingga melahirkan sebuah buku itu seperti melahirkan anak. Dimana setiap anak memiliki karakter dan sifatnya sendiri-sendiri. Begitu Pula dengan buku.  Hanya saja cara menyampaikan jati diri sebuah buku ditampilkan melalui cover buku, desain buku, judul dan gaya bahasa yang hendak disampaikan penulis ke pembaca. 

7. Mengartikan isi buku

Jika dianalogikan, cover buku itu seperti wajah manusia. Dimana wajah adalah cerminan dalam diri. Dari cover buku, merepresentasikan atau mewakili isi buku yang akan dibahas. Ketika cover yang menarik, isi buku juga disampaikan secara menarik, meskipun didalamnya cukup kompleks. 

8. Kesuksesan penjualan buku

Salah satu alasan kenapa cover buku yang baik itu perlu dimaksimalkan? Karena kesuksesan penjualan buku bergantung disana. Sebagus apapun tulisan, jika cover buku dibuat ala kadarnya dan seadanya, maka hasilnya pun kurang menarik. Berlaku sebaliknya.

Pentingnya membuat cover buku yang baik di atas semoga membukakan wawasan. Bahwasanya kehadiran sebuah sampul buku yang terlihat sepele, ternyata sangat berpengaruh terhadap banyak hal. Maka tidak heran jika sebelum memutuskan menerbitkan secara massal untuk didiskusikan terlebih dahulu, hingga sampai pada jawaban final. 

Baca juga: Manfaat dan Isi Identitas Identitas Buku

Ciri dan Kriteria Cover Buku Yang Baik

Ada beberapa ciri cover buku yang baik, yang banyak tidak dipahami oleh penulis buku. Sebagai penulis buku, meskipun tidak secara langsung mengerjakan cover buku, tidak ada salahnya juga mengetahui kriteria cover buku yang baik itu seperti apa. berikut adalah ciri atau kriteria cover buku. 

1. Memuat Informasi Lengkap 

Kriteria cover buku dikatakan lengkap apabila memuat judul buku, nama penulis, dan penerbit buku. Fungsinya sebagai identitas dasar. 

2. Adanya Ilustrasi dan Desain

kriteria ilustrasi atau desain buku diserahkan ke masing-masing penerbit/penulis untuk mengeksplorasi dalam bentuk cover yang seperti apa.

3. Sederhana

Kriteria cover buku yang baik sekaligus banyak disukai adalah yang sesuai dengan konten dan desain tidak terlalu ramai 

4. Rapi 

Kriteria cover buku yang terakhir terlihat rapi dalam penataan. Cover buku yang terlalu sesak memenuhi proporsi justru kurang disukai.

Dari keempat kriteria cover buku yang baik di atas masih ada satu hal perlu Anda ketahui. Apa itu? Anda bisa temukan jawabannya di sub bab akhir dibawah. 

Apa Saja Yang Wajib Ada Dalam Cover?

Jika naskah Anda masuk ke penerbit mayor, Anda tidak perlu pusing memikirkan cover buku. Karena biasanya akan dikerjakan oleh tim professional dari pihak penerbit. Sayangnya seleksi cukup tinggi. Maka tidak heran jika beberapa tahun belakangan ini lebih banyak penulis yang menerbitkan buku secara self publishing. 

Ketika hendak menerbitkan buku self publishing, itu berarti Anda merangkap juga menjadi seorang desain cover. Atau mencari jasa sendiri desain cover buku. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui hal-hal yang wajib ada di cover buku itu sebagai berikut.

  1. Memperhatikan jenis dan ukuran huruf pada penulisan judul buku
  2. Pilihan judul menggunakan kalimat yang singkat dan mudah dipahami 
  3. Tercantumkan nama penulis 
  4. Memunculkan identitas penerbit 
  5. Perlunya adanya gambar yang menarik 
  6. Di bagian belakang cover buku berisi sinopsis 
  7. Di punggung buku dituliskan identitas buku

Sampai di sini, sudah semoga sudah terjawab. Ternyata ada banyak hal-hal yang perlu dan wajib diperhatikan saat membuat cover buku yang baik dan menarik. Anda pun mulai sekarang sudah bisa mencoba memulainya. Semoga berhasil dan hasilnya memuaskan. (Irukawa Elisa)

Insight baru dengan baca Review Buku: Struktur dan Cara Membuat [Step-by-Step]

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait