logo penerbit bukunesia

Hobi yang Bermanfaat & Bisa Untuk Mengembangkan Diri

hobi yang bisa mengembangkan diri
promo tahun baru 30%

Masing-masing orang tentu memiliki hobi yang berbeda. Hobi tersebut digunakan untuk mengisi luang dengan melakukan kegiatan yang disukai atau melakukan kegiatan yang bermanfaat. Memang ada kalanya hobi hanya sekadar dijadikan hiburan saja, tetapi ada juga lho hobi yang bermanfaat.

Hobi yang bermanfaat ini tak hanya bisa digunakan untuk mengisi waktu luang saja, tetapi juga bisa mendatangkan ketenangan, melepas penat, stres, dan bahkan mengembangkan diri. Tapi tak jarang hobi juga bisa menghasilkan uang. Kira-kira apa saja ya hobi yang bermanfaat dan bahkan bisa menghasilkan uang?

baca juga Kata Kata yang Bisa Meningkatkan Motivasi Menulis

Macam-macam Hobi yang Bermanfaat

Berikut ini ada beberapa hobi yang bermanfaat yang tak hanya bisa dijadikan solusi mengisi waktu luang dan melepas kepenatan, bahkan juga bisa menghasilkan uang. Hobi ini bisa jadi pilihan kamu untuk mempertimbangkan hal yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan dirimu:

1. Membaca Buku

Jenis teknik membaca

Bagi sebagian orang, membaca buku merupakan hal yang membosankan. Akan tetapi banyak orang yang menekuni hobi membaca buku ini, lho. Perlu diketahui, hobi membaca buku memiliki banyak manfaat, terbukti banyak orang ternama dan populer bahkan berprestasi dunia memulai kesuksesannya dari hobi membaca buku.

Tak hanya itu, penelitian membuktikan bahwa membaca buku dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, dan bahkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Tentu manfaat tersebut sangat dibutuhkan banyak orang. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat tersebut, diperlukan konsistensi yang baik.

kamu yang belum terbiasa membaca buku juga harus mulai belajar pelan-pelan untuk memulai hobi membaca buku tersebut. Berbagai buku bisa kamu baca. Mulai dari buku fiksi dan buku nonfiksi. Dengan hobi membaca buku, dijamin kamu akan memiliki informasi yang lebih bermanfaat dan berkembang.

2. Menulis

Ide menulis cerita

Selain membaca, hobi menulis ini juga kerap dianggap membosankan. Tetapi tahukah kamu, hobi menulis ini sangat banyak manfaatnya. Bahkan hobi menulis ini bisa membuat kamu dapat mengumpulkan pundi-pundi penghasilan lho.

Untuk memulai hobi menulis, memang diperlukan latihan dan kebiasaan serta kemampuan menguasai bahasa. Sehingga tak banyak orang yang menekuni hobi ini karena diperlukan inspirasi dan kreativitas tinggi dalam melakukannya. Namun kamu bisa memulainya dengan menulis buku diary.

kamu bisa menuliskan apa saja yang kamu alami belakangan ini, yang kemudian bisa menjadikan kamu konsisten untuk menulis dan berlatih menulis sedikit demi sedikit, sehingga kamu bisa semakin mengembangkan kemampuan menulis kamu. Jika hobi tersebut sudah menjadi kebiasaan, kamu bisa mengembangkan lagi menjadi hal yang makin bermanfaat.

Hobi menulis ini bisa menghasilkan, ketika kamu memulai diri menjadi penulis. kamu bisa menulis buku, menjadi penulis lepas atau freelancer, dan bahkan menjadi content writer. Hobi menulis tersebut akan menghasilkan uang ketika digeluti dengan serius dan konsisten.

Saat ini, pendapatan penulis cukup menjanjikan. Bahkan sangat banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan penulis lepas untuk mengisi konten di website atau di ruang lingkup pekerjaannya. Sehingga tak hanya sekadar menyalurkan hobi, menulis kemudian bisa menjadi keuntungan yang menghasilkan uang.

Berbagai jenis tulisan atau buku bisa kamu tulis. Misalnya buku novel, cerpen, esai, artikel, buku mengenai bisnis, investasi, keuangan, dan lain sebagainya. Bagaimana, menarik bukan?

3. Menggambar (Designer)

designer

Hobi selanjutnya adalah menggambar atau designer. Sama halnya seperti penulis, designer saat ini sangat dibutuhkan banyak orang. kamu yang memiliki hobi menggambar bisa mengembangkan diri untuk belajar menggambar secara digital menggunakan tablet atau laptop.

Gambar digital saat ini sangat diminati dan bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang, lho. Sehingga selain dapat menyalurkan hobi, perasaan, dan kreativitas, kamu juga bisa mendapat keuntungan berupa uang. Selain itu menggambar juga memiliki manfaat yang tak terduga bagi kesehatan.

Dengan menggambar, kamu bisa memperbaiki atau meningkatkan kualitas kesehatan mental. Hal ini karena menggambar merupakan terapi yang tepat untuk meredakan stres sehingga membuat seseorang lebih rileks. Sebenarnya, gambar bisa dimulai di mana saja, dan jika dimanfaatkan dengan baik, sama-sama akan menguntungkan.

kamu juga bisa menawarkan jasa yang kamu kuasai tersebut untuk dipakai orang lain. Misalkan membuatkan desain logo, menggambar ilustrasi, membuat undangan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, hobi yang kamu jalani akan bermanfaat bagi diri kamu dan juga orang lain.

4. Foto (Fotografer)

passion fotografi

Hobi fotografi sering dinilai menjadi hobi yang mahal karena membutuhkan modal yang besar. Tetapi siapa sangka hobi ini tetap bisa dijalankan meski dengan modal seadanya. Saat ini, ponsel yang kamu miliki tentu sangat canggih. kamu bisa menangkap berbagai memori dan juga momen menggunakan ponsel Ada.

Jika kamu memiliki hobi foto atau fotografi, kamu bisa mulai belajar mengembangkan diri menjadi fotografer profesional. Sebagai fotografer profesional, kamu tentu akan mendapat penghasilan atau uang dari hobi yang kamu tekuni. Dan tak masalah jika modal yang kamu miliki belum terlalu lengkap, kamu bisa meminjam atau menyewa.

Hobi foto atau fotografi ini juga tak hanya menghasilkan uang tetapi memiliki manfaat yang baik. Mulai dari meningkatkan memori otak, meningkatkan imajinasi, kreativitas, bahkan bisa bermanfaat untuk menghilangkan stres.

Namun jika memang kamu tak memiliki modal cukup, kamu bisa memulai memotret menggunakan ponsel kamu dan mengunggah di media sosial yang kamu miliki. Dengan demikian akan banyak orang yang melihat dan tertarik dengan karya kamu. Siapa tahu mereka akan meminta kamu bekerja sama dengannya dan kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus mencari uang.

5. Berkebun

berkebun agriculture

kamu hobi berkebun? Tak perlu khawatir, berkebun juga merupakan hobi yang bermanfaat. Berkebun dinilai menjadi cara terbaik menghilangkan stres. Bahkan penelitian membuktikan bahwa melakukan interaksi dengan alam mampu membantu menurunkan hormon stres sehingga mampu menjernihkan pikiran.

Berkebun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, sehingga jika hobi ini ditekuni, maka akan membuat umur lebih panjang. Hobi berkebun ini modalnya tak perlu besar. kamu cukup memanfaatkan lahan yang sudah ada, membeli pot dan juga bibit tanaman. Setelah itu, berkebunlah dengan rajin agar menghasilkan tanaman sesuai yang kamu kehendaki.

kamu bisa memilih berbagai tanaman yang kamu suka, misalnya bunga, tanaman, sayuran hidroponik, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin hobi kamu menghasilkan, kamu bisa merawat tanaman tersebut sebaik-baiknya dan dijual secara online. Saat ini, bisnis jualan tanaman secara online sedang marak dan kamu bisa memanfaatkan hal tersebut.

6. Menari

menari

Hobi seni salah satunya menari juga bermanfaat. Tahukah kamu, menari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Dengan menari, kamu sama saja melakukan latihan aerobik dan juga anaerobik yang mampu membakar kalori lebih banyak. Tentu ini sangat bermanfaat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, menari juga memiliki manfaat lain seperti melatih daya ingat, melatih tubuh menjadi lentur, menjaga kesehatan jantung, dan juga melatih konsentrasi. Sehingga tak hanya sekadar menjalankan hobi, dengan menari kamu juga dapat menjaga kesehatan dengan baik.

7. Masak

memasak

Hobi memasak juga menjadi hobi yang sangat bermanfaat. Tentu bagi keluarga, hobi memasak ini bisa mengenyangkan perut dan memanjakan lidah seisi rumah. Tetapi manfaat selain itu sungguh menakjubkan. Dengan memiliki hobi memasak, kamu bisa melatih kesabaran, meningkatkan hubungan baik dengan orang, bahkan mampu meredakan stres. kamu juga bisa memanfaatkan hobi ini menjadi suatu hal yang menghasilkan. Salurkanlah hobi memasak kamu menjadi bisnis. kamu bisa berjualan makanan secara online atau pre-order dan kamu akan mendapatkan keuntungan dari jualan kamu.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis