Keterampilan Menulis: Pengertian, Tujuan dan Macam

macam-macam Keterampilan Menulis

Keterampilan menulis merupakan salah satu keahlian yang tidak dimiliki banyak orang, yang tujuannya untuk menyampaikan pesan dan gagasan dengan baik. Berikut pengertian keterampilan menulis, tujuan macam dan cara mengasahnya.

Sebelum kesana, kita pahami dulu nih sebenarnya pengertian keterampilan menulis itu apa sih? ada beberapa definisi yang diutarakan oleh para ahli sebagai berikut.

Pengertian keterampilan menulis menurut para ahli

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian keterampilan yang erat kaitannya dengan menulis ini, antara lain sebagai berikut.

1. Abbas

Menurut Abba (2006), menjelaskan bahwa keterampilan menulis berkaitan erat dengan kemampuan seseorang dalam mengungkapkan gagasan, ide, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain secara baik melalui tulisan. 

Tulisan yang baik disini meliputi penggunaan kosakata yang benar, gramatikal dan ejaan yang benar penempatannya sehingga orang yang membacanya tidak menimbulkan multitafsir arti.

2.  Suparno 

Pengertian dan penjelasan lebih sederhana lagi oleh Suparno (2009, menurutnya keterampilan menulis merupakan kemampuan menyampaikan pesan dalam ranah untuk komunikasi dan interaksi yang medianya dalam bentuk tulisan.

3. Tarigan

Menurut Tarigan (2008), keterampilan menulis disematkan kepada kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan tanpa tatap muka atau secara tidak langsung dengan menggunakan bahasa yang produktif dan ekspresif.

Baca juga: Cara Membuat Peta Konsep di Word

Tujuan keterampilan menulis

Berdasarkan penjelasan diatas sebenarnya kita sudah mengetahui secara umum menekankan bahwa tujuan dengan bisa memiliki keterampilan menulis adalah bisa menyampaikan ide atau pesan yang baik kepada pihak yang diberikan pesan.

Sebelumnya sudah dibahas juga manfaat menulis menurut para ahli, kalian bisa baca pada artikel Manfaat Menulis Menurut Para Ahli.

Nah, tujuan menulis secara umum antara lain sebagai berikut.

1.  Assignment Purpose

Tujuan penugasan dalam penulisan sebenarnya tidak memiliki tujuan sama sekali. Sebab, penulis melakukan kegiatan menulis karena sebab ada paksaan atau tuntutan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan orang lain.

2. Altruistik Purpose

Kedua, tujuan menulis adalah untuk memberi kebahagiaan dan kesenangan kepada para pembaca, menghindarkan kedudukan pembaca, ingin membantu pembaca dalam memahami sesuatu, menghargai perasaan dan penalarannya, dan membuat efek memberi kesenangan yang benar-benar bisa dirasakan dari karyanya.

3.  Persuasive Purpose

Nah, tujuan yang ketiga ini lebih tegas lagi yaitu untuk bisa meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang disampaikan oleh penulis. 

4.  Informational purpose

Sebuah tulisan, paling banyak dibuat untuk keperluan informasi. Nah, informasi ini sifatnya sangat luas bisa seperti deskripsi atau berita.

5.   Self Expressive Purpose

Tulisan yang bertujuan memperkenalkan atau menyatakan diri sang pengarang kepada para pembaca atau jaman sekarang sudah dikenal yang namanya personal branding.

6.  Creative Purpose

Tulisan ini bertujuan mencapai nilai-nilai artistik, nilai-nilai kesenian. Nah, selain itu sekarang tulisan sudah menjelma menjadi sebuah ilmu seperti ilmu copywriting dan untuk promosi loh. Jadi, seorang yang terampil akan memiliki peluang kerja yang luas juga asal selalu mau mengasahnya.

7.  Problem Solving Purpose

Dalam tulisan seperti ini penulis ingin memecahkan masalah yang dihadapi. Penulis ingin menjelaskan, menjernihkan serta menjelajahi serta meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasan-gagasannya sendiri agar dapat dimengerti dan diterima oleh pembaca.

Selain itu, banyak juga tulisan ini digunakan untuk penelitian seperti artikel ilmiah, pernyataan ilmiah, skripsi dan lain sebagainya.

📢 Ingin menerbitkan buku tetapi belum tau membuat biodata penulis? Panduan membuat biografi penulis untuk Buku.

Macam macam keterampilan menulis

Ada beberapa macam jenis menulis seperti berikut ini.

1. Menulis Eksposisi

Bentuk tulisan yang tujuannya berusaha menjelaskan, mendeskripsikan, atau menganalisis gagasan utama yang memperluas pengetahuan dan perspektif seseorang.

Dalam eksposisi sebuah tulisan diulas secara terperinci dan berisi analisis-analisis yang mendalam supaya pesan bisa disampaikan secara baik dan dapat dipercaya.

Menulis eksposisi sering digunakan untuk menulis artikel ilmiah, skripsi, tesis, surat kabar dan disertasi. 

2.Menulis Deskripsi

Kedua yaitu keterampilan menulis deskripsi. Arti deskripsi sendiri adalah menjelaskan dan menggambarkan apa yang ingin disampaikan yang berkaitan dengan benda, tempat, suasana dan keadaan.

3. Menulis Narasi

Tulisan yang bertujuan untuk menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia berdasarkan waktu dari waktu ke waktu. Nah, penulisan narasi ini yang perlu banyak keterampilan dalam menulis sebab banyak hal selain mendeskripsikan juga harus bisa memberikan kesan Alur cerita didalamnya.

Ciri khas narasi adalah selalu adanya alur dan konflik didalamnya.

4. Menulis Argumentasi

Menulis yang bertujuan untuk bisa memaparkan opini dan gagasannya kepada umum dan membuat pihak yang mendengarkannya dapat percaya bahwa itu benar.

5. Menulis Persuasi

Terakhir adalah keterampilan yang tidak semua orang bisa menulisnya. Sebab tujuan utamanya adalah untuk menghimbau dan mengajak orang untuk mengikuti anjuran yang dibuat. Contohnya adalah iklan layanan masyarakat.

Cara meningkatkan keterampilan menulis 

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dan kreatif dalam menulis.

  1. Disiplin Menulis
  2. Sering membaca gaya tulisan baru
  3. Belajar memahami PUEBI
  4. Jaga Mood ketika menulis
  5. Selalu baca ulang dan evaluasi setiap menulis
  6. Minta saran kepada orang lain tentang tulisanmu
  7. Bergabung dengan komunitas menulis
  8. Menggunakan kalimat aktif dalam menulis
  9. Ikuti kelas menulis
  10. Cari editor yang kompeten

Semoga penjelasan diatas mengenai keterampilan menulis bisa dipahami dan langsung dipraktikkan ya. Oh iya, untuk kalian yang sedang menulis dan sudah memiliki naskah ingin menerbitkan buku, bisa langsung terbitkan sekarang dan sangat mudah dijamin terbit.
Silakan terbitkan bukumu di Penerbit Buku Buknesia

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis