⚡ Promo Diskon Akhir Tahun | diskon 30% + 20% dan bonus eksemplar up to 10

Lihat Selengkapnya

Tujuan dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli

manfaat menulis menurut para ahli

Artikel ini akan membahas tentang tujuan dan manfaat menulis menurut para ahli yang bisa mendorong kemampuanmu dalam menulis dan menerbitkan buku.

Menulis memang dipandang sepele oleh orang lain entah karena pekerjaan yang tidak membutuhkan keringat atau dianggap pekerjaan yang tidak menghasilkan.  Tapi, kalian tau ga sih bahwa menulis itu banyak sekali peluang kerjanya dan pastinya manfaatnya. Yuk, pahami manfaat menulis menurut para ahli berikut.

Apa itu Menulis

Henry Guntur Tarigan (2008:22, menurutnya menulis adalah menggambar atau melukis berupalambang-lambang grafik yang menggambarkan atau mendeskripsikan suatu bahasa yang bisa dipahami seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang yang telah dibuat tersebut.

Lambang-lambang ini banyak jenisnya bisa berupa lambang, tulisan, coretan, logo, isyarat ataupun grafik-grafik yang dibuat.

Tujuan menulis menurut para ahli

Menurut, Rini Kristiantari (2004: 101), tujuan menulis adalah membimbing seseorang supaya tulisannya lebih baik dalam artian mudah dipahami dan mudah untuk menerjemahkan sebuah pesan yang ingin disampaikan. 

Menurutnya apabila menulis untuk sekedar menyelesaikan tugas atau memenuhi kewajiban hal ini bukan termasuk kedalam tujuan menulis.

Sebelum melanjutkan membaca, ada kabar baik buat kamu, buknes lagi ada promo PDKT bareng Bukunesia, Diskon hingga 50% dan bonus eksemplar up to 10. Baca lebih lanjut yuk!

Menurut ahli lainnya, yaitu Reinking dalam Rini Kristiantari (2004: 101) mengatakan dan memaparkan mengenai tujuan menulis yang utama adalah untuk sasaran dalam menginformasikan, meyakinkan, mengekspresikan diri, dan menghibur baik itu diri sendiri maupun orang lain. 

Interkasi menjadi penting dalam tujuan menulis itu sendiri yang nantinya bisa menghidupkan ide baru dan pemantik pemikiran-pemikiran yang apik.

Berikut ini hal yang bisa kamu terapkan untuk cara meningkatkan kemampuan menulis.

Manfaat Menulis

Setelah mengetahui pengertian menulis. Sekarang yuk pahami apa saja manfaat menulis yang akan didapatkan seseorang. Berikut ini beberapa manfaat menulis menurut para ahli yang bisa kamu pahami.

promo akhir tahun bukunesia

A. Menurut Hairston

Manfaat menulis menurut Hairston dalam Darmadi (1996:3-4), yaitu :

  • Kegiatan menulis bisa sebagai sarana untuk dapat menemukan sesuatu atau penemuan, artinya bisa mengangkat ide dan juga informasi yang ada pada alam bawah sadar diri kita yang bisa diwujudkan atau nantinya dibuktikan.
  • Kegiatan menulis bisa memunculkan sebuah ide-ide dan penemuan baru.
  • Kegiatan menulis bisa melatih kemampuan mengorganisasi dan memurnikan berbagai konsep ataupun ide yang kita miliki.
  • Kegiatan menulis bisa melatih sikap objektif yang ada di diri seseorang.
  • Dengan menulis, seseorang bisa terbantu supaya berlatih memecahkan beberapa masalah sekaligus secara komprehensif dan mendalam, sebab apabila tidak ditulis dan hanya dibayangkan akan kebanyakan lupanya dan hanya mengandalkan intuisi saja.
  • Kegiatan menulis di dalam sebuah bidang ilmu akan memungkinkan kita supaya menjadi aktif dan juga tidak hanya menjadi penerima informasi.

B. Menurut Yunus dan Suparno

Lebih lanjut Mohamad Yunus dan Suparno (2009: 1.4) mengemukakan manfaat menulis adalah sebagai berikut. 

  1. Meningkatkan kecerdasan
  2. Mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, 
  3. Menumbuhkan keberanian, dan 
  4. Mendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Semoga penjelasan tentang tujuan dan manfaat menulis menurut para ahli diatas dapat menginspirasi dan memotivasi kalian untuk selalu bersemangat dalam menulis. Sebab banyak banget orang yang sukses berkat suka dan rajin menulis dan nanti diterbikan menjadi buku bacaan.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang menulis hanya di penerbit buku Bukunesia.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis