logo penerbit bukunesia

Pengertian dan Susunan Acara Launching Buku

Pengertian dan Susuan Acara Launching Buku
promo tahun baru 30%

Untuk para penulis yang mungkin sudah memiliki karya sebelumnya dan juga sudah dikenal akan keahliannya di bidangnya, pasti akan memikirkan masalah acara launching buku nanti bagaimana. Nah, untuk kalian yang baru pertama dan ingin mengadakan hal tersebut.

Apa yang harus dilakukan? pahami dulu tenatng apa sih launching buku itu.

Apa itu launching buku

Secara umum, pengertian launching buku adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang penulis untuk meluncurkan karya bukunya kepada para calon pembaca (target pembacanya).

Oleh karena itu, biasanya launching buku itu dilakukan oleh seorang penulis yang sudah terkenal atau sudah memiliki target pembaca yang sudah jelas dan pasti akan menghadiri acara yang akan kita laksanakan. Oleh karenanya, jarang dilakukan untuk yang pertama kali memiliki buku.

Tujuan launching buku

Seorang penulis buku mengadakan launching buku pasti punya alasan dan tujuan di belakangnya. Biasanya tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan buku barunya yang bisa cocok banget untuk para pembacanya atau sekaligus mengenalkan keberadaan penulis.

Memang, terkadang buku bisa dikenal tidak karena bukunya tetapi dari cerita, latar belakang ataupun branding dari penulisnya. Oleh karena itu, mereka para target akan menjadi sadar akan keberadaan penulisnya sekaligus bukunya.

Susunan acara launching buku

BerikNah, bagaimana caranya atau susuan acara launching buku yang baik dan mudah untuk diterapkan? berikut ini sedikit tipsnya.

1. Persiapan

Ada 3 pihak yang harus mempersiapkan ini semua, antara lain: Penulis, Penerbit dan Moderator.

a. Penulis

Pertama bagi penulis, untuk peluncuran buku hal yang wajib disiapkan adalah harus bisa untuk public speaking sebab akan memaparkan isi dari buku tersebut secara umum. Selain itu, pasti akan ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

b. Penerbit

Nah, bagi penerbit hal yang wajib disiapkan adalah siapa editor dari buku yang ditulis oleh penerbit. Seorang editor selain memperbaiki kesalahan penulisan dalam sebuah buku juga akan mengoreksi dan juga membenarkan maksud isi dalam buku supaya bisa lebih mudah dipahami dan tidak multitafsir.

Nah, disini editor tugasnya akan membedah buku penulis lebih dalam lagi dari sudut pandang orang lain (selain penulis).

c. Moderator

Nah terakhir adalah orang yang harus disiapkan yaitu si moderator itu sendiri. Moderator disini tugasnya lebih sebagai perantara orang lain (pembaca dan audiens yang datang), penulis dan editor dalam acara tersebut. Secara umum hal yang bisa dilakukan moderator antara lain:

  1. Mencatat poin-poin penting dalam acara dan setiap hal yang menjadi bahan diskusi.
  2. Membuat outline pertanyaan untuk narasumber secara umum.
  3. Berkomunikasi dengan panitia sebelum acara.
  4. Membuka dan menutup acara peluncuruan buku.

2. Mempersiapkan Waktu dan Tempat

Kedua, penulis harus juga menyiapkan tempat untuk acara tersebut. Untuk akademisi atau yang memiliki komunitas bisa dengan memanfaatkan fasilitas seperti perpustakaan, ruang kelas, atau ruang diskusi untuk acara berlangsung.

Namun, bagi yang tidak memiliki bisa memilih tempat seperti taman baca atau taman literasi.

Nah, untungnya dengan adanya perkembangan zaman dan perubahan di era digital yang cepat selama Covid-19, kegiatan launching bisa dilakukan secara online juga melalui zoom atau google meet.

Terkait dengan waktu, pemilihan waktu juga harus tepat sebab acara ini tujuannya unuk branding juga bukan buat acara seremonial. Jadi, semakin banyak yang datang semakin cepat dikenal juga.

Sudah enak dan mudah kan sekarang? Lanjut ya langkah ketiga.

3. Mengundang Audiens

Nah, masalah audiens sendiri ini sesuaikan dengan target pembaca itu sendiri ya. Pastikan sesuai ya dengan isi dan sasaran pembaca dalam buku tersebut. Kalian bisa menentukan target pembaca seperti target pasar, misalkan sesuaikan dengan demografi, usia, tingkat pendidikan dan juga kebiasaan pembaca yang disasar.

Tujuannya, biar makin tepat sasaran. Selanjutnya, batasi audiens yang datang disesuaikan dengan biaya yang siap ditanggung dan kapasitas lokasi yang dipilih.

4. Flyer

Apa gunanya flyer? Tujuan pembuatan poster ataupun flyer adalah untuk membuat acara lebih meriah lagi dan bisa dijadikan ajang promosi. Jadi, setelah acara bedah buku, bagi yang mengikuti secara online bisa diadakan seperti give away atau pre-order khusus.

5. Pasca Acara

Langkah terakhir launching buku adalah mengadakan kegiatan pasca acara yang menarik dan bisa mendapatkan pembaca yang loyal. Malah bisa lagi kalau misalkan ada acara lagi khusus atau pemberian hadiah. Selain itu, ajak mitra penulis lain atau media digital untuk publikasi acara launching ini. Tujuannya bahwa biar bisa mendapatkan target pasar yang dimiliki penulis lain.

Itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengadakan sususan acara launching buku yang baik dan benar dan pastinya bisa ramai. Semoga artikel diatas bermanfaat dan semuanya bisa menjadi penulis yang terkenal dan menginspirasi (Yusuf Abdhul).

Baca juga artikel penting lainnya berikut.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis