7 Cara Membuat Novel Di Laptop Terbaru

Cara Membuat Novel Di Laptop Terbaru
Cara membuat novel di laptop sebenarnya modal dasar buat kamu yang ingin menerbitkan karya novel ke sebuah penerbit. Begini cara runtutnya.

Cara membuat novel di laptop sebenarnya modal dasar buat kamu yang ingin menerbitkan karya novel ke sebuah penerbit. Tentu saja sebuah buku yang ciamik dengan tampilan layout dan cover keren, tidak luput dari proses awal si penulis, yaitu menuliskan si cerita. 

Mungkin Kamu salah satu pemula yang kebingungan bagaimana bisa buku novel yang kece ini pertama kali?

Sebenarnya pembuatannya mudah kok. Bahkan, kamu tidak perlu harus bisa punya skill melayout dan desain. Jika kamu memang punya skill menulis, maka kamu hanya fokus pada konten isi novel. Lalu bagaimana tips dan cara membuat novel? tentu saja kamu hanya perlu memulai untuk menuliskan di laptop.

Oh iya, kalau tidak punya laptop, Bukunesia juga sudah tuliskan lho, panduan menulis novel dengan HP. Jadi, tidak perlu lagi ragu ya dengan alat apapun bisa.

Cara Membuat Novel Di Laptop

Caranya sangat mudah, dan sebenarnya semua orang pun bisa menulis novel. Hanya saja tidak semua mampu mengubah keinginannya menjadi action dan bukti nyata. Nah, salah satu cara agar keinginan kamu memiliki karya novel hanya cukup melawan diri sendiri dan merealisasikan dalam bentuk action. Adapun cara mewujudkannya, sebagai berikut. 

1. Siapkan laptop dan aplikasi menulis

Cara membuat novel yang pertama, hanya cukup masuk ke lembar kerja ketik. Jika menggunakan laptop, kamu bisa membuka Ms.Word, atau bisa juga langsung ke google docs agar file tersimpan secara online. Nah, biasanya di tahap ini setiap masing-masing orang memiliki seleranya masing-masing. 

Ada tipe orang yang lebih senang menulis di Ms. Word karena tidak bergantung dengan jaringan internet. Hanya saja kelemahannya, Ketika terjadi kerusakan laptop dan memori, data kamu tidak bisa terselamatkan. Ada tipe yang suka menulis langsung di google docs. Karena menulis di sini mampu meminimalisir terjadinya kehilangan data. Sehingga datar di jaman terselamatkan apabila laptop atau memori laptop rusak atau terkena virus. 

2. Atur format kertas dan layout 

Langkah kedua, kamu perlu mengatur format kertas dan layout versi di pengaturan di Ms Word. Sebenarnya pengaturan di word tidak akan berpengaruh. Karena Ketika nanti novel kamu dimasukan ke penerbit, dan diterbitkan di sana, biasanya akan di layout ulang oleh tim. Jadi saran saya, layout menggunakan layout standar penulisan buku versi ms. Word. 

Bukan berarti tidak penting. Karena kita melakukan layout pada lembar kerja word tidak lain untuk membantu memperkirakan ketebalan novel yang akan kita terbitkan. Adapun format standar untuk penulisan novel, bisa menggunakan font times new roman size 12, paragraf justify, spasi 1,15. Selain times new roman, kamu bisa mengganti dengan arial ukuran 11. 

3. Susun dari Kerangka Novel

Kita perlu ingat, bahwa membuat novel itu tidak seperti menulis cerpen ataupun menulis puisi. Sehingga kita pun perlu mempersiapkan lebih matang saat hendak menulis novel. Nah, kesalahan dan keluhan umum yang dilakukan pemula adalah, menganggap menulis novel itu sekali tulis selesai. 

Padahal, realitanya tidak demikian. Mengingat problematika dan ceritanya Panjang, maka dibutuhkan bantuan yang disebut dengan kerangka novel. Kerangka novel ini seperti kisi-kisi atau garis pokok apa saja yang perlu dituliskan. 

Fungsi dari kerangka novel adalah, agar penulis tidak mengalami kebuntuan ide ditengah-tengah tulisan. Dimana masalah ini paling banyak dikeluhkan. Kan tidak seru jika mandek ide gara-gara banyak hal yang ingin disampaikan, yang jatuhnya malah tidak bisa fokus. 

4. Tentukan tokoh dan karakternya

Setelah beberapa tahap di atas sudah ditentukan semua, Langkah yang tidak boleh terlewatkan adalah menentukan tokoh dan karakter. Bagian ini juga penting. Karena sebuah kisah tanpa ada tokoh dan karakter akan terasa hambar, datar dan membosankan. 

Tips menentukan tokoh dan karakter agar menciptakan novel yang menarik adalah, ciptakan suasana yang saling bertentangan antara tokoh satu dengan tokoh yang lain karena memiliki perbedaan karakter ataupun sudut pandang. Oleh karena itu, sebelum novel ditulis, pastikan untuk membuat karakter pada masing-masing tokoh dengan kuat, agar menciptakan kisah yang emosional untuk pembaca. 

5. Tulis sesuai dengan urutan kerangka

Cara membuat novel di laptop yang tidak boleh diabaikan selanjutnya adalah, perlunya menuangkan ide, gagasan dan imajinasi kamu sesuai dengan urutan kerangka. Apakah hal ini harus dilakukan? Jawabannya tentu tidak harus. Namun car aini paling banyak dilakukan, karena sangat membantu penulis untuk menciptakan novel yang sistematis, runtut dan memastikan semua yang ingin disampaikan penulis bisa tersampaikan. 

Kita perlu ingat, bahwa pembaca lebih senang novel yang memiliki fokus yang jelas. Sementara menulis novel tanpa kerangka, seringkali menimbulkan bias atau kisah yang tidak fokus. Nah, setidaknya dengan menulis sesuai urutan kerangka ini sangat membantu kamu agar tetap fokus.

6. Revisi dan editing setelah selesai

Setelah semua ide dan imajinasi kamu sudah selesai dituangkan. Maka jangan lupa momen paling berharga. Yaitu jangan lupa untuk melakukan revisi atau proses editing. Bahkan saat melakukan proses editing tidak cukup dilakukan hanya sekali. Karena revisi sekali pun tidak menjamin tulisna kamu akan sempurna.

Sementara, jika seorang penulis merangka menjadi seorang editing memiliki subjektivitas. Oleh karena itu, jika kamu punya teman yang suka membaca, atau teman yang memang seorang editor, tidak ada salahnya menggunakan jasa mereka untuk mengecek. Tapi ingat, sebelum menyuruh orang lain membaca, kamu sudah melakukan editing dan revisi. 

7. Kirim naskah ke penerbit

Jika dari sudut pandang kamu merasa cukup, dan dari sudut pandang orang-orang terdekat sudah bagus. PR yang paling menantang bagi Sebagian besar penulis pemula adalah, menawarkan naskah tersebut ke penerbit. Mengingat ada banyak penerbit yang ada di Indonesia, pasti kamu bingung bukan? 

Daripada bingung, kamu bisa langsung focus mengirimkan novel kamu ke penerbit bukunesia. Karena di penerbit ini, kamu bisa mendapatkan banyak program dan penawaran yang menarik loh. 

Tips Menulis Novel Di Laptop

Setelah mengetahui cara membuat novel di laptop, ada juga sedikit tips menulis novel di laptop yang perlu digaris bawahi. 

Selalu save dan backup file biar tidak hilang

Saat menulis di laptop, ada banyak faktor yang perlu diantisipasi. Pastikan kamu harus selalu save dan backup file agar tidak hilang. Apalagi jika laptop atau komputer kamu sudah memiliki gejala, seperti sudah berusia, memori full dan sering “hang” dan lemot. 

Tulis per chapter/bab biar lebih ringan

Agar kamu tidak merasa beban, maka kamu bisa menulis novel per chapter. Misalnya, dalam sehari, kamu focus menyelesaikan satu chapter. Sehingga kamu akan lebih mudah dan lebih ringan menyelesaikan novel yang ketebalannya bisa ratusan halaman.

Gunakan juga untuk mendengarkan lagu jika bisa membuat focus

Ada yang menarik nih. Setiap penulis memiliki karakternya sendiri dalam mengerjakan novel. ada yang bisa bekerja dengan suara music, atau suara-suara rame. Jika kamu tipe seperti ini, kamu bisa menulis sambil mendengarkan music. Sebaliknya, ada penulis seperti saya, yang tidak bisa konsentrasi sama sekali jika mendengar kebisingan dan mendengarkan music.

Bagaimana? Kamu termasuk penulis yang jenis mana? Kamu boleh share pengalaman kamu di kolom komentar. Semoga sedikit ulasan seputar cara membuat novel di laptop ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait
PROMO TERBIT BUKU