Cara Menentukan Gaya Bahasa Dalam Cerpen

menentukan gaya bahasa cerpen
Sebuah cerpen haruslah memiliki gaya bahasa yang unik dan beda dari yang lain. Berikut cara menentukan gaya bahasa dalam cerpen yang mudah.

Cara menentukan gaya bahasa dalam cerpen sebenarnya mudah jika kamu sudah menguasai beberapa jenis majas. Dari sekian banyak gaya bahasa yang ada, ternyata masih banyak yang kesulitan loh cara menentukan gaya bahasa dalam cerpen. 

Nah, untuk mengetahuinya, berikut cara menentukan gaya bahasa dalam sebuah cerpen.

Tips menentukan gaya bahasa dalam cerpen yang mudah

1. Mengetahui jenis-jenis majas 

Cara menentukan gaya bahasa dalam cerpen yang paling utama dan dasar adalah, kamu harus mengetahui macam-macam gaya bahasa. Istilah gaya bahasa ini dalam pelajaran Bahasa Indonesia disebut dengan majas. 

Sementara ada beberapa jenis majas yang meliputi majas perbandingan, majas pertentangan, majas penegasan dan majas sindiran. Dimana masing-masing jenis majas tersebut memiliki macam-macam gaya bahasa yang bisa dibuka kembali di buku bahasa indonesia kamu di SMA/K/MA ya

2. Jika menemukan gaya Bahasa asing bisa cek ke catatan macam-macam majas

Saat dihadapkan pada bacaan cerpen, sebenarnya tanpa kamu sadari ada banyak gaya Bahasa yang akan ditemukan.

Jika kamu masih merasa kesulitan menentukan gaya bahasa pada cerpen, maka Ketika kamu menemukan gaya bahasa asing atau istilah baru kamu bisa cek macam-macam majas. Apakah kata tersebut termasuk kedalam majas atau tidak. 

3. Jika menemukan gaya Bahasa benda mati seolah-olah hidup juga perlu di cek di macam-macam majas

Jika kamu seorang penulis cerpen, memang salah satu rahasia menentukan gaya bahasa adalah menguasai ilmu majas. Karena dengan bekal ilmu majas, kamu bisa menemukan gaya bahasa yang bervariasi. Kamu juga bisa menyampaikan imajinasi kamu lebih eksploratif dan memuat arti kata jadi berbeda dari karya lain. 

Misalnya, kamu bisa membuat gaya bahasa dari benda mati seolah-olah hidup. Membuat gaya bahasa pertentangan, berlebih-lebihan dan masih banyak lagi. Dimana pemolesan gaya bahasa yang ditata unik dalam sebuah kata-kata tidak sekedar memberikan kesan bagi pembaca, tetapi juga sebagai bentuk kreativitas penulis.

Apalagi jika penulis cerpen memiliki seni menulis sastra dengan kosakata dan penghayatan yang baik. Maka biasanya muncul gaya bahasa yang unik, menarik dan memberikan kesan cerpen terasa lebih menyenangkan dan hidup.

Nah, kata-kata asing yang tidak sewajarnya dan tidak umumnya didengar itulah yang perlu di garis bawahi, kemudian di cek. Apakah gaya bahasa tersebut termasuk majas atau bukan. 

4. Menentukan Gaya Bahasa Menggunakan rasa 

Adapun kunci dalam menentukan gaya bahasa dalam cerpen, yaitu buatlah menggunakan rasa. Seorang penulis fiksi termasuk penulis cerpen sangat penting untuk membuat karya atas dasar rasa. Salah satu kuncinya adalah menghayati.

Seorang penulis Ketika menghayati, maka mampu melahirkan gaya Bahasa dan istilah kata secara alamiah dan spontan, yang sifatnya original dari penulis. 

5. Harys memiliki seni 

Tidak berhenti sampai disitu saja, cara menentukan gaya Bahasa penulis harus memiliki seni. Bagaimana cara melahirkan seni pada cerpen? Bisa kamu desain lewat sudut pandang, pembentukan konflik cerita.

Cerpen yang ditulis hanya datar akan terasa membosankan. Sebaliknya cerpen yang didesain bisa menjadikan cerpen lebih kritis dan emosional. 

6. Banyak membaca 

Cara terakhir menentukan gaya Bahasa dalam cerpen adalah, perbanyak kosakata. Kosakata bisa kamu dapat dengan banyak cara. Bisa dengan membaca, melihat, merenung ataupun dengan cara berdiskusi.

Semakin banyak membaca, kamu pun akan memiliki banyak sudut pandang.Dimana sudut pandang inilah yang menjadi landasan dasar kamu memiliki diksi yang berbeda daripada yang lain. 

Itulah beberapa cara menentukan gaya Bahasa dalam cerpen. Bagi penulis pemula, gaya Bahasa bisa kamu buat dengan mengaktifkan imajinasi.

Berikan kebebasan untuk menuangkan pesan, kata dan maksud. Karena seringkali gaya Bahasa justru muncul dengan sendirinya. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat ya. Lanjut dengan membaca artikel-artikel menarik berikut ini.

Penulis konten: Irukawa Elisa

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait
PROMO TERBIT BUKU