Contoh dan Tips Pendahuluan Cerita yang Memukai bagi Pembaca

pendahuluan cerita
Salah satu hal penting yang membuat pembaca menghabiskan bacaannya adalah mengetahui pendahuluan cerita yang memuakau. Ini cara membuatnya.

Siapa nih di sini yang suka menulis cerpen atau novel? Punya impian menjadi seorang cerpenis dan menjadi seorang novelis itu memang tantangan tersendiri. Apalagi bagi pemula yang masih kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan. Belum lagi masalah paling dasar, yaitu masalah membuat pendahuluan cerita. 

Pertanyaannya adalah, apa perlu pendahuluan cerita pada novel dan cerpen? Jawabannya sangat perlu dan itu penting. Karena sekeren apapun ide cerita kamu, jika tidak diawali dengan pendahuluan yang menarik maka pembaca tidak akan membaca sampai selesai. Sebaliknya, mungkin ide cerita kamu biasa-biasa saja, tetapi pendahuluan yang kamu kemas menarik perhatian, bisa menarik pembaca membaca karya kamu. 

Nah, buat kamu yang sedang terkendala terkait penulisan pendahuluan cerita. Berikut ada beberapa catatan yang bisa kamu masukan dalam catatan kamu juga. 

Tips Membuat Pendahuluan Cerita Supaya Tidak Datar 

Tidak perlu jauh-jauh deh. Ketika kamu membaca novel atau cerpen, setelah judul, apa yang kamu baca? Pasti bagian pendahuluannya bukan? Pendahuluan cerita yang menarik, membuat penasaran, mengejutkan dan memukau pasti lebih menarik perhatian kamu bukan? Berikut adalah beberapa tips membuat pendahuluan novel dan cerpen yang bisa kamu coba-coba. 

1. Buatlah Pendahuluan yang Berani dan Mengejutkan 

Kamu bisa memulainya dengan pendahuluan yang mengejutkan dan berani. Karena cara ini efektif membuat rasa penasaran pembaca. Sehingga pembaca memiliki daya tarik untuk membaca lanjutan kisah untuk menemukan jawabannya. 

2. Gunakan Dialog Memukau

Pendahuluan tidak melulu menggunakan narasi. Kamu pun bisa mengawalinya dengan dialog yang menarik. 

3. Ciptakan Deskripsi Yang Menarik 

Ada pula cara menuliskan pendahuluan novel dan cerpen dengan cara mendeskripsikan lingkungan secara spesifik dan kuat. Agar lebih hidup dan memiliki ruh, penulis perlu memiliki imajinasi atau memiliki pengalaman laporan pandangan mata. Kemudian di deskripsikan yang disertai dengan majas atau kiasan agar lebih sentimen. 

4. Mengawali dengan Mister atau Pertanyaan 

Jika kamu merasa pusing bagaimana cara membuat pendahuluan yang mampu membangkitkan rasa penasaran pembaca. Kamu bisa langsung membuat pertanyaan. Setidaknya pertanyaan diawal kisah mampu mengarahkan pembaca penasaran. Bisa juga dengan membubuhi misteri agar calon pembaca memiliki pertanyaan yang sifatnya membuat penasaran. 

5. Gunakan Sudut Pandang Orang Pertama

Jika kamu masih kesulitan membuat pendahuluan novel dan cerpen yang menarik, kamu bisa belajar memulai dengan sudut pandang orang pertama.

Sudut pandang orang pertama ini juga memudahkan pembaca memahami dan seolah-olah pembaca terlibat langsung didalamnya. Sehingga sudut pandang orang pertama lebih mudah dalam membangun impresi. 

6. Menciptakan karakter yang kuat

Kamu juga bisa membuat pendahuluan novel dan cerpen dengan menonjolkan karakter yang kuat. Misalnya menonjolkan latar belakang dan asal usul tokoh tersebut.  Lebih lengkap mengenai karakter ini, Bukunesia sudah menulisnya dalam artikel khusus berjudul “Cara Menciptakan Tokoh Yang Memikat

7. Kejutkan dengan adegan berbahaya 

Jika kamu ingin membuat cerita yang menarik, tidak ada salahnya kamu membuat pendahuluan novel dan cerpen dengan adegan berbahaya. Kamu bisa menciptakan aksi-aksi seperti aksi heroik penyelamatan atau adegan berbahaya lain. 

8. Gunakan pendahuluan cerita pendek

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan, agar menarik perhatian. Misalnya membuat pendahuluan cerita pendek. Dimana di sini menceritakan gambaran umum dan premis konflik yang akan di eksplore di inti cerita. 

9. Libatkan ilustrasi emosional 

Tidak ada salahnya pendahuluan cerita melibatkan ilustrasi emosional. Dimana penulis menggambarkan emosional lebih detail dan spesifik. Sehingga pembaca bisa merasakan apa yang dirasakan si tokoh.

Baca juga: 4 Cara Menjual Cerita Karangan Sendiri

Contoh Pendahuluan Cerita

Untuk lebih memperjelas dan memberikan gambaran. Berikut adalah contoh pendahuluan cerita dari masing-masing penjelasan di atas. 

1. Buat pendahuluan yang Berani dan Mengejutkan 

Petir menyambar, disertai suara mengejutkan “DOR”. Suasana malam semakin mencekam karena angin kencang menciptakan suara semakin bergemuruh. Tiba-tiba pintu rumah yang gelap gulita dikagetkan suara pintu didobrak. Terdengar langkah kaki tertatih, dengan terdengar suara rintihan menyayat minta tolong. Jalannya seperti zombi, tangan kanan nya memegangi perut. Tidak terlihat secara jelas karena gelap. Gadis kecil itu mendekati sosok itu penuh takut, dilihatnya sebilah pisau menancap di perut penuh simbah darah. 

2. Contoh Awalan Cerita yang Menggunakan Dialog Memukau

Saat malam hari pukul 2 malam, jangan sekali-kali keluar rumah. Karena akan ada keranda terbang. Barang siapa yang melihat keranda terbang, dalam waktu dekat orang tersebut akan mati,” kata Mbok Irah kepada cucunya yang baru datang dari luar kota.

3. Contoh Pendahuluan Cerita yang Dengan Deskripsi Yang Menarik 

Terik yang menyengat akhirnya mulai bergeser, bersembunyi di ufuk barat. Langit sudah mulai dapat di tatap. Terlihat langit melukiskan keindahan dengan gradasi kemerahan. Terlihat kuntul terbang rendah secara berkelompok, hingga akhirnya turun ke pematang sawah mengais makanan. Sesekali para kuntul berjalan mengekor di belakang pembajak sawah. Dan tiba-tiba, si pembajak sawah itu jatuh pingsan.

4. Contoh Pendahuluan Cerita dengan Misteri atau Pertanyaan 

25 tahun yang lalu bayi yang dibuang di depan rumah mbak Inem sudah tumbuh dewasa. Mbok Inem merawatnya penuh kasih dan menjadi orang yang sukses. Sekarang, muncul seorang perempuan usia 50 tahunan yang sering datang dan mengintip keharmonisan dan kebahagiaan mereka. Apakah seseorang tersebut adalah ibu kandungnya?

5. Contoh Pendahuluan Cerita dengan Sudut Pandang Orang Pertama

Aku terbiasa hidup susah dan serba kekurangan. Biasa tidur di gubuk yang reot, sering tidak bisa makan, dan hidup serba keterbatasan. Tiba-tiba datang suami istri kaya raya yang mengaku dia adalah orangtua kandungku. Ingin membawaku pulang ke rumah besar, fasilitas lengkap dan makanan mewah. 

6. Contoh Pendahuluan Cerita yang Menciptakan karakter Kuat

Amel seorang gadis yang hidup bak seperti sultan. Hidupnya selalu dilayani. Bagaimana tidak, ia adalah anak terakhir dari keturunan konglomerat, yang memiliki banyak perusahaan multinasional. Namun kini Amel memutuskan untuk hidup seperti rakyat biasa.

7. Contoh Pendahuluan Cerita Dengan Adegan Berbahaya 

Seorang lelaki terbang di seutas tali. Talinya berayun-ayun. Penuh heroik, lelaki berseragam itu semakin mendekatiku. Apakah ini artinya harapan? Tubuhku sudah tidak berdaya. Aku terombang-ambing di atas air atas selama 24 jam di tengah samudra. Tubuhku sudah pucat pasi. Badanku sudah lemas. Tanganku sudah tidak mampu menopang separuh tubuhku. Hingga akhirnya ada tim penyelamat menyelamatkanku menggunakan helikopter.

8. Contoh Pendahuluan Cerita yang Menggunakan pendahuluan cerita pendek

Hanya dalam waktu hitungan detik, rumah ambruk serentak. Setelah suara BRUUUUK, sekumpulan asap membumbung. Asap menutup perkampungan. Hening sekejap. Tubuhku masih mematung melihat semua kenyataan di depan mata. Setelah itu aku berteriak, berlari sekencang yang aku bisa. Berlari di atas reruntuhan rumah, menggali reruntuhan bangunan rumah sambil memanggil “Bapak… Bapak….kalo masih hidup jawab pak”.

9. Contoh Pendahuluan Cerita yang Libatkan ilustrasi emosional 

Di Bukit Siana, terlihat candi ayu menghiasi semesta. Sementara aku dan dirinya duduk berdampingan, saling berpegangan tangan. Mengeja masa masa depan yang indah. Sayangnya, sampai bisa duduk bersama melalui jalan yang panjang.

Itulah beberapa panduan membuat pendahuluan cerita pada novel dan cerpen. Semoga sedikit ulasan ini membantu dan memberikan gambaran bagaimana cara memulai dan membuatnya. Selamat mencoba. Selain membuat pembukaan, belajar juga ya mengenai “Membuat Ending Cerita di Novel Bagi Pemula“.

(Iruekkawa Elisa)

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait
PROMO TERBIT BUKU