Pengertian Influencer Menurut Para Ahli

Pengertian influencer menurut para ahli

Pengertian influencer – Siapa yang disini memiliki follower banyak di media sosial? Era serba digita, semua orang bisa memiliki follower banyak dan menjadi influencer. Tapi kamu juga harus hati-hati, karena banyak follower pasif, atau follower yang dibelikan. 

Ternyata bermain media sosial tidak melulu bermain-main saja. Bagi yang memiliki follower banyak, ternyata dapat menghasilkan cuan dengan cara menjadi influencer. Nah, barangkali kamu juga salah satu yang ingin mendapatkan cuan lewat jalur ini? Jika iya, kamu harus tahu tentang influencer berikut ini. 

Pengertian Influencer Menurut Para Ahli

Berbicara tentang influencer, bagi kawula muda pasti sudah banyak yang tahu. Buat kamu yang belum tahu apa sih influencer itu? Yuks, intip pengertian influencer menurut para ahli berikut. 

  1. Joseph Grenny 

Menurut Joseph Granny, definisi influencer adalah upaya seseorang berupaya mengubah perilaku orang lain. 

  1. Bruns 

Menurut bruns, pengertian influencer adalah seseorang yang aktif dan memiliki konektivitas yang memiliki dampak dan pengaruh terhadap pengikutnya tentang banyak hal. Bisa mempengaruhi dalam hal kecantikan, makanan, fashion atau opini mereka. 

  1. Kadekova & Holiencinova 

Pengertian influencer adalah individu yang memiliki jumlah pengikut di media sosial dalam jumlah yang signifikan. Kemudian individu tersebut mendapatkan tawaran untuk mempromosikan produk dari perusahaan tertentu ke pengikut mereka. 

  1. Ledbetter 

Sementara ledbetter mendefinisikan bahwa influencer media sosial upaya memasarkan merek lewat kehidupan mereka. Banyaknya influencer di era media sosial ini ternyata dapat dijadikan upaya menyasar target lebih luas lagi. 

  1. De Veirman

Dari perspektif brand atau pengusaha, influencer sangat berpengaruh dan penting bagi mereka. Mereka memberikan manfaat jangka panjang bagi para pengusaha. 

  1. Waiss 

Sementara menurut Weiss, influencer dalam hal tertentu dianggap cara pemasaran tradisional paling efektif dan mendorong perusahaan/brand fokus pada target mereka. 

  1. Glicksman 

Glicksman pun sependapat bahwa peranan influencer media sosial secara tidak langsung telah mengubah perspektif sebuah brand berinteraksi dengan konsumen lebih positif lagi. 

Jika disimpulkan dari beberapa pengertian Influencer di atas, maka dapat disimpulkan bahwa influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki followers yang banyak. Followers inilah yang akan mempengaruhi pengikutnya. Tingginya followers umumnya karena orang tersebut terkenal, disenangi, kontennya bermanfaat, inspiratif dan masih banyak lagi alasan.

Tingkatan Influencer

Nah buat kamu nih yang ingin menjadi influencer, harus tahu lima tingkatan agar tidak salah dalam memilih. 

1. Nano influencer 

Tingkatan pertama adalah nano influencer yang memiliki rentang jumlah follower dari 1.000 – 10.000. Nah, di tingkat ini si influencer dibagi lagi menjadi dua kemampuan. Pertama influencer nano yang memiliki satu kemampuan bidang saja, misal dalam hal kesehatan, keuangan dsb. Sedangkan nano yang kedua influencer yang mampu menguasai beberapa kategorisasi sekaligus. 

Meskipun dibilang follower sedikit, ternyata kategorisasi nano influencer ini memiliki potensial pasar yang bagus. Seperti yang dilansir oleh Hype Auditor, nano influencer memiliki engagement rate kurang lebih 5,60%, yang ternyata ini lebih baik dibandingkan dengan engagement rate influencer yang lain.

Oh iya, Nano influencer disebut-sebut juga memiliki hubungan lebih personal dengan para pengikutnya yang memberikan tingkat kenyamanan dalam berinteraksi. 

2. Micro influencers 

Jumlah follower dari 10.000 – 100.000 termasuk dalam kategori micro influencers. Nah, berbeda spesifikasinya, pada micro influencer hanya fokus pada kategorisasi bisan yang dikuasai. Jika follower masih di bawah 100.000 pengikut, keterlibatan dengan followersnya lebih aktif dan baik.

Sayangnya justru ketika follower sudah naik diangkat 100.000 engagement rate akan mengalami penurunan. Meskipun demikian, jangkauan produk juga tetap tersampaikan lebih luas. 

3. Mid-Tier Influencer

Naik level lebih tinggi, tingkat mid-tier influencer memiliki follower 100.000 – 500.000. Kelemahan tingkat ini dari segi interaksi dengan follower justru kurang kuat. Namun dari segi jangkauan, tentu lebih luas dan langsung menyasar target market lebih jauh. 

Jadi buat para pengusaha atau brand sudah tahu siapa yang disasar. Jika menginginkan lebih interaksi, berarti menyasar nano dan micro. Sebaliknya, jika ingin menyasar pada jangkauan luas, akan memilih midtier influencer ini. 

4. Macro influencer 

Tingkat macro influencer adalah influencer yang memiliki pengikut 500.000 – 1.000.000. Nah, jika ada orang yang sudah memiliki follower diangka ini, maka mereka disebut sebagai selebgram. 

Kelemahannya, antara influencer dan pengikutnya tidak saling kenal atau tidak memiliki hubungan saling kenal secara personal, karena memang ada banyak sekali pengikut. Kelebihannya, dari segi jangkauan dan melakukan iklan sangat luas. 

5. Mega Influencer 

Dikatakan sebagai mega influencer apabila pengikutinya sudah mencapai lebih dari satu juga orang. Nah, sebutan yang pas bagi follower lebih dari satu juta masuk dalam kategori selebritas. Tarafnya bisa untuk kalangan lokal (indonesia saja) atau bisa juga untuk kalangan internasional. 

Tentu saja produk-produk yang berani mengiklankan produk ke mega influencer adalah penguasa atau brand yang berani merogoh kocek. Tarif influencer di atas satu juta sudah pasti sudah mahal. Karena segmentasi jangkauannya memang juga sangat luas.

Dari kelima tingkatan influencer di atas, apakah kamu sudah termasuk salah satu diantara tingkat di atas? Jika sudah, apakah kamu sudah pernah mendapatkan tawaran untuk melakukan iklan? Jika belum, sabar. Karena semua ada proses dan perlu berjuang. 

Jenis Influencer Yang Banyak Di Indonesia

Berbicara tentang influencer yang ada di Indonesia, sebenarnya ada banyak sekali influencer. Pertanyaannya adalah, apa saja sih jenis influencer yang paling banyak di Indonesia? Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut. 

Travel Influencer

Seiring berkembang dan majunya dunia pariwisata. Baik itu wisata nasional hingga wisata daerah yang lokasinya tersembunyi, maka potensi travel influencer juga semakin banyak dilirik. Berbicara tentang travel, memang setiap influencer memiliki fokusnya sendiri-sendiri. 

Ada yang fokus pada travel yang cakupannya nasional, namun banyak juga influencer yang cakupannya internasional. Nah, mungkin kamu ingin mengikuti jejak mereka? atau justru ingin mencari peluang lain selain dunia travel.

Beauty Influencer

Pengguna media sosial yang aktif, jika jeli mengamati beranda, kita sering banget iklan-iklan di dunia kecantikan. Dulu hanya produk-produk itu-itu saja. Sekarang, ada banyak sekali produk kecantikan buatan lokal hingga internasional. 

Biasanya para cewek-cewek nih yang sering menekuni influencer. Karena memang dari segi marketing, khusus kecantikan, perempuan lebih artistic lebih menarik. 

Food Influencer

Indonesia memang sudah dikenal sebagai Negara beragam suku, etnis dan budaya. Keberagaman inilah yang secara tidak langsung melahirkan makanan khas daerahnya masing-masing. Ditambah akulturasi makanan. 

Beberapa tahun belakangan ada banyak sekali makanan yang murah meriah, rasa tetap tidak kalah enak dan nendang di lidah. Didukung para wirausaha muda yang mencoba peruntungan di dunia bisnis makanan. Maka para food influencer menjadi salah satu strategi market yang paling efektif bagi mereka. 

Maka tidak heran jika sekarang kita bisa tahu makanan yang enak dan nampol dari para food influencer. Barangkali kamu salah satu yang suka dengan makanan, bisa nih mencoba peluang satu ini. 

Influencer Hijab

Influencer yang cukup banyak kita temukan di dunia bermedia sosial adalah influencer hijab. Hal yang wajar jika influencer hijab banyak ditekuni, karena jumlah penduduk mayoritas Indonesia adalah muslim. Kesadaran akan menutup aurat pun juga lebih tinggi. 

Mom Influencer

Berbicara peluang influencer tidak hanya diperuntukan untuk kawula muda saja. Ternyata banyak juga loh yang sudah menjadi seorang ibu sekaligus sebagai influencer, yang kemudian kita lebih mudah menyebutnya dengan mom influencer. 

Influencer Pendidikan

Influencer yang paling banyak di Indonesia adalah influencer pendidikan. Tentu saja dari segi konten dan segala sesuatunya berisi tentang dunia pendidikan dan segala hal. Mengingat pendidikan adalah hal yang paling penting, dan satu sisi juga sebagai bisnis. 

Setelah tahu influencer yang paling banyak ditemukan beberapa poin di atas. Maka kamu bisa membranding diri di luar keenam jenis di atas. Kenapa? Karena mencari persaingan yang lebih berpeluang. Jika kamu tetap menekuni influencer yang sudah dilakukan oleh banyak orang, persaingannya akan lebih ketat. 

Semoga sedikit ulasan pengertian influencer menurut para ahli dan jenis, tingkatan influencer ini memberikan gambaran buat kamu dan bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Baca artikel penting lainnya dari penerbit buku umum Bukunesia

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Artikel oleh

Artikel Terbaru