Sumber Ide Penulisan Puisi yang Menarik

Sumber ide penulisan puisi

Darimana sumber ide penulisan puisi yang bagus nih? Supaya karya yang kita tulis kedepan bisa menarik, banyak yang menyukainya dan pesannya tersampaikan.

Namun, memang sih mencari ide menulis puisi itu sangat susah sebab tidak semua yang kita inginkan dapat kita dapatkan. Dalam artikel ini, akan dibahas nih mengenai sumber ide penulisan puisi yang menarik.

Baca juga: Apa yang dimaksud 2, 3 dan 4 bait?

1. Internet

Sumber inovasi dan ide menulis puisi yang paling mudah dijangkau dan bisa diakses oleh semua orang adalah dengan menggunakan internet. Nah, internet ini sifatnya gratis ya jadi manfaatkan dengan baik. Namun, yang perlu diperhatikan adalah selalu hati-hati karena akan rawan penjiplakan karena selalu membaca karya orang.

2. Membaca

Sumber ide penulisan puisi yang kedua, yaitu dari sumber bacaan. Nah, banyak banget sumber bacaan ini sekarang apalagi yang bisa support untuk membuat puisi yang baru, dengan kata yang baru dan bisa berhubungan dengan masa kini, yaitu bisa dengan melalui instagram, twitter, wattpad ataupun yang lainnya.

Ingat, ini hanya inspirasi ya bukan dibuat jadi acuan utama supaya menghindari duplikasi dan plagiarisme. Hargai selalu karya orang lain.

3. Mendengarkan Musik

Loh, emang bisa ya dengan mendengarkan musik malah dapat ide untuk menulis puisi yang bagus dan menarik? Pastinya. Asalkan lagu-lagunya dihayati setiap lirik-liriknya. Sebab, sebanarnya sebuah puisi ini merupakan sebuah lagu juga. Jadi, ya mirip-miripalah antara lagu dan puisi ya.

4. Podcast dan Ngobrol

Cara nyari ide yang paling mudah dan relevan dengan masalah adalah podcast dan ngobrol. Sebab masalah yang diangkat dalam sebuah obrolan maupun podcast mengangkat problematika kehidupan yang sedang hangat dibicarakan.

Nah, ide dari topik dan tema yang diangkat dalam podcast bisa dijadikan juga tema ataupun topik dalam sebuah puisi yang pasti. Namun, perlu sesuatu lagi sehingga bisa dikemas secara puitis dan bermajas.

5. Menonton Film

Terakhir tapi bukan jadi akhir juga sih, yaitu bisa menonton sebuah serial film yang menarik dan sedang kamu sukai. Apalagi, dalam cerita banyak banget yang bisa kita dapatkan mulai dari alur, konflik bahkan suasana dalam cerita tersebut yang merupakan sumber ide terbesar dalam menulis puisi. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Bagaimana dengan 5 panduan diatas mengenai apa aja sumber penulisan yang menarik dan pastinya bakal mudah di dapatkan? Semoga membantu ya dalam membuat dirimu makin produktif dalam menghasilkan karya puisi. Sebab, karya yang bagus adalah yang selesai dan tidak ditunda-tunda.

Baca juga artikel terkait berikut ini

banner-di-artikel (1)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis