8 Cara Menemukan Ide dalam Menulis Sebuah Puisi

mencari ide untuk menulis puisi

Menulis puisi memanglah tidaklah mudah apalagi menggali sebuah ide. Namun, bagaimana ya cara menemukan ide dalam menulis sebuah puisi bagi seorang penyair? Pasti ada cara khusus supaya bisa menulis dalam waktu yang cepat dan tetap memiliki makna yang mendalam.

Puisi ini dibawakan sebagai salah satu “ekspresi diri” oleh penulisnya mengenai apa yang dia alami, apa yang dia lihat dan apa yang menjadi keresahan dalam masyarakat, alam dan dirinya dengan Yang Maha Tinggi.

Bagaimana cara menggali ide puisi ini supaya lebih mendalam lagi? Yuk perhatikan beberapa langkah berikut yang bisa membantumu lebih baik dalam menulis sebuah puisi.

Baca juga: Perbedaan Sajak dan Puisi

Menemukan Ide dalam Menulis Puisi

1. Peka Lingkungan Sekitar

Langkah pertama dan harus dilakukan oleh seorang penyair adalah peka. Peka disini merupakan memahami dan bisa menilai apa yang sedang dirasakan ataupun dilihatnya.

Kebanyakan puisi yang baik adalah yang berasal dari keresahan diri sendiri dan juga keresahan kebanyakan umum masyarakat. Kenapa? Sebab puisi tidak dibaca sendiri tetapi juga akan didengar oleh banyak orang.

Apabila isi dalam puisi sangat mewakili masyarakat ataupun masalah mereka pribadi yang kebanyakan dialami orang, maka akan bisa merasakan pesan dalam puisi tersebut.

2. Bernalar dan Logis

Langkah kedua, adalah bisa berpikir logis dan pandai dalam bernalar. Tak semuanya memakai perasaan karena apapun yang memakai perasaan saja pasti akan memiliki akhir yang berbeda. Nah, logis ini mengkombinasikan antara perasaan yang dirasakan dan juga “mencari” penyebabnya apa.

Jadi, setiap yang dirasakan pasti minimal ada penyebabnya kan? Gali itu sedalam mungkin supaya pesan yang disampaikan bisa dinalar dan diterima dengan baik.

3. Jalan-Jalan

Kenapa loh harus jalan-jalannya? Pentingnya apa dan apa kaitannya dengan menulis sebuah puisi?

Pasti banyak yang bertanya seperti itu, kan? Memang secara tidak sadar kita akan membantah hal tersebut. Padahal ide-ide menulis dan kreatif itu muncul dari apa yang didengar dan apa yang dilihatnya. Pastinya dengan jalan-jalan akan melihat banyak hal yang unik dan bisa diangkat menjadi sebuah bahasan dalam puisimu.

4. Mengenali Diri

Mengenali diri sendiri bisa membuat sudut pandang dalam puisi menjadi keunikan tersendiri. Gaya bahasa, penulisan dan kata-kata setiap penyair pasti memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya dan ada ciri khasnya.

Selain itu, dengan mengenali diri sendiri kita akan bisa juga mengenali orang lain yang kita ajak untuk interaksi dalam segala hal di dunia ini.

5. Catat Ide

Sudah jalan-jalan dan sudah peka juga terhadap lingkungan, yang paling penting lagi adalah abadikan momen. Momen diabadikan dalam bentuk apa?

  • Bisa berupa video,
  • rekaman suara
  • foto
  • atau bahkan catatan singkat

Kita akan lupa apabila banyak melihat sesuatu yang beranekaragam dan banyak sekali dalam satu waktu. Makanya, ketika ada yang menarik dan unik, minimal yaitu catat hal tersebut.

6. Be Creative

Tampil beda lebih baik daripada lebih baik dari yang lain. Apabila kita lebih baik saja, masih bisa ditiru dan dikerja namun tampil beda itu lebih lama untuk orang lain mengejar kita.

Nah, tampil beda ini yang perlu diasah. Apalagi sekarang yang suda serba cepat pasti proses adopsi akan lebih cepat juga. Selalu padukan antara kehidupan nyata dan maya menjadi hal paling menarik untuk dibahas dalam sebuah puisi.

Baca juga: Pahami Perbedaan Baris dan Bait

7. Cari Tempat yang Sesuai

Menulis butuh ketenangan. Yaps, solusinya cari tempat yang menurutmu nyaman tapi tak terjatuh dalam zona nyaman dan nikmat tapi tak lupa sekitar. Hehe.

Intinya, cari yang menurutmu bisa mengerjakan hal-hal penting lebih cepat, tepat dan baik.

8. Kosa Kata

Terakhir, suka baca. Kosa kata dalam bahasa Indonesia sangatlah banyak dan sangat luas sekali. Bahkan kita tidak sadar ada kata tersebut dalam KBBI. Yuk rajin baca dan olah kata baru supaya tidak membosankan dan monoton.

Puisi yang baik apabila dibawakan juga dengan baik. Pahami mengenai cara membaca puisi yang baik.

Itu saja yang bisa saya sampaikan dalam menulis sebuah puisi yang baik. Puisi juga bisa dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah antologi buku puisi yang keren dan bernilai loh. Bagaimana caranya? Langsung saja hubungi admin@bukunesia.com ya. Siapa tau ada promo menarik untuk menerbitkan bukumu.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis