logo penerbit bukunesia

Manfaat, Unsur dan Tujuan Teks Biografi yang Perlu Kamu Tau

tujuan teks biografi
promo tahun baru 30%

Tujuan teks biografi adalah cerita yang menceritakan peristiwa dalam kehidupan seseorang dan termasuk fakta atau biografi tokoh. Teks biografi merupakan jenis teks yang menceritakan kisah dan perjalanan hidup seseorang. Tokoh yang perjalanan hidupnya dituliskan menjadi biografi dapat siapa saja. Biasanya, penulis akan memilih tokoh yang memiliki kisah hidup yang menarik atau menginspirasi orang lain.

Sebuah teks biografi tidak hanya ditulis begitu saja dengan memilih tokoh yang disukai. ada berbagai tujuan dan manfaat dari teks biografi. Pada artikel berikut ini akan dijelaskan tujuan teks biografi, termasuk unsur dan manfaatnya.

Tujuan Teks Biografi

Penulisan biografi seorang tokoh oleh penulis lain ternyata dilakukan dengan berbagai tujuan. Misalnya adalah untuk menyebarkan informasi yang lebih luas mengenai tokoh tersebut. Inilah sebabnya, penulis akan memilih tokoh yang terkenal, berpengaruh, atau memiliki cerita hidup yang menarik.

Selain untuk menyebarkan informasi mengenai seorang tokoh, masih ada berbagai tujuan teks biografi lainnya, yaitu:

1. Memberikan Informasi

Seorang tokoh bisa saja sudah dikenal secara luas karena satu peristiwa tertentu yang dialaminya. Namun informasi detail tentangnya dan peristiwa menarik lainnya dalam hidup tokoh tersebut belum diketahui secara luas oleh kebanyakan orang.

Baca juga Gampang Kok! Begini Cara Membuat Teks Biografi yang Benar

Maka tujuan dari teks biografi adalah memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai tokoh tadi kepada banyak orang melalui biografi.

2. Menceritakan Kisah dan Perjalanan Hidup Seorang Tokoh

Tujuan kedua dari teks biografi adalah untuk menceritakan kisah dan perjalanan hidup seorang tokoh. Seorang tokoh mungkin saja terkenal karena satu kisahnya yang menginspirasi, tetapi orang lain tidak tahu peristiwa lainnya yang terjadi pada diri tokoh tersebut. Dengan adanya biografi, maka berbagai kisah dan perjalanan hidupnya dapat diketahui secara luas.

3. Menginspirasi Orang Lain

Ditulisnya biografi seorang tokoh juga bertujuan untuk menginspirasi orang lain yang membacanya. Kisah hidup menginspirasi dari tokoh yang dituliskan menjadi biografi diharapkan bisa memberikan motivasi untuk pembacanya.

4. Memberikan Pesan Moral

Tidak hanya bertujuan untuk menginspirasi pembaca dengan berbagai kisah hidup dari seorang tokoh, penulisan biografi juga bertujuan untuk memberikan pesan moral kepada pembaca. Pesan moral ini bisa diberikan dari berbagai kisah hidup yang dialami oleh tokoh, baik itu peristiwa sedih maupun bahagia.

Unsur Biografi

Ada dua unsur biografi yang harus diperhatikan dalam penulisan biografi, yaitu unsur biografi tokoh dan unsur kebahasaan.

1. Unsur Biografi Tokoh

Unsur biografi tokoh ini meliputi berbagai hal mengenai tokoh yang dituliskan pada teks biografi, yaitu:

  1. Identitas Tokoh

Identitas tokoh ini meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, profesi, latar belakang keluarga tokoh, hingga latar belakang pendidikan tokoh, berbagai data yang didapatkan dari identitas tokoh inni bisa menjadi bahan tulisan biografi yang menarik.

  1. Pengalaman Hidup

Sebuah teks biografi menceritakan tentang riwayat hidup dan perjalanan hidup seorang tokoh. Maka dari itu, unsur biografi tokoh berupa pengalaman hidupnya merupakan unsur yang sangat penting untuk didapatkan kemudian ditulis menjadi teks biografi.

  1. Pandangan Hidup

Unsur biografi tokoh yang selanjutnya adalah mengenai pandangan hidup tokoh. Hal ini bisa dituliskan pada biografi tokoh, karena pandangan hidup ini dapat menjadi hal yang dapat menginspirasi pembaca biografi.

  1. Kebiasaan

Tokoh yang ditulis dalam biografi pasti memiliki berbagai kebiasaan yang sering dilakukannya. Meski terdengar tidak terlalu penting, namun kebiasaan yang dilakukan oleh tokoh ini juga bisa dituliskan di biografi dan bisa menjadi pelajaran bagi pembaca.

2. Unsur Kebahasaan Biografi

  1. Kata Hubung

Fungsi kata hubung dalam sebuah teks adalah untuk menghubungkan satu kata dengan kata lain atau kalimat dengan kalimat lain. Kumpulan kalimat yang terbentuk dengan bantuan kata hubung ini dapat membentuk suatu kalimat. Kata hubung dalam teks biografi menjadi hal yang penting, karena data yang sudah didapatkan oleh penulis akan dibuat menjadi berbentuk narasi, dengan menggunakan kata hubung.

  1. Peristiwa Waktu dan Tempat

Unsur kebahasaan biografi yang juga dapat digunakan adalah peristiwa waktu dan tempat. Penggunaannya akan membantu menjelaskan kronologis terjadinya suatu peristiwa dan di mana terjadinya peristiwa tersebut.

  1. Kata Sifat

Penggunaan kata sifat pada teks biografi akan bertujuan untuk menjelaskan sifat tokoh secara detail.

Manfaat Biografi

Jika sebelumnya dijelaskan tujuan biografi, maka biografi juga memiliki manfaat bagi pembacanya. Apa saja manfaat biografi?

1. Mengenal Tokoh

Manfaat pertama dari biografi adalah mengenal tokoh dengan lebih mendalam dan merasa dekat dengan tokoh. Bukan hanya penggemar dari tokoh tersebut saja yang jadi lebih mengenalnya, tapi juga orang lain yang sebelumnya tidak tahu tentang tokoh tersebut.

2. Mempelajari Keteladanan

Salah satu tujuan dari biografi adalah memberikan pesan moral kepada pembacanya. Maka dari itu, biografi juga bermanfaat untuk membantu pembaca untuk mempelajari berbagai keteladanan dari tokoh tersebut.

3. Memahami Keputusan Tokoh

Pada teks biografi seorang tokoh, akan dituliskan berbagai peristiwa dan berbagai pemikirannya. Ternyata, hal-hal ini juga akan membantu pembaca untuk memahami keputusan yang diambil oleh tokoh pada suatu peristiwa tertentu.

4. Membangun Motivasi

Manfaat lainnya dari teks biografi juga adalah membangun motivasi bagi pembacanya. Ada berbagai kisah hidup tokoh yang dituliskan pada biografi yang secara tidak sadar akan membangun motivasi orang yang membacanya.

(Tyas Wening)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis