logo penerbit bukunesia

Cara Agar Cerita Wattpad Banyak yang Baca Dan Vote

Cara Agar Cerita Wattpad Banyak yang Baca Dan Vote
promo tahun baru 30%

Kamu baru mulai menulis atau bahkan sudah punya banyak chapter di wattpad namun tidak banyak yang baca ataupun yang vote novelmu? Lalu bagaimana cara agar cerita wattpad kita banyak yang baca dan vote? Tenang semua top 10 novel di wattpad pasti berawal dari bawah dulu.

Cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote memang dibutuhkan beberapa trik strategi. Terutama buat kamu yang ingin fokus cerita kamu mendapatkan perhatian audience wattpad. Lantas seperti apa caranya? Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini. 

1. Membuat Cerita Unik

Cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote, pastikan cerita yang kamu tulis unik. Cerita bisa dikatakan unik apabila cerita belum pernah ada yang mengangkat dan menggulasnya. Tentu saja untuk bisa menciptakan hal ini, dibutuhkan kreativitas dan ide original. Karena salah satu dasar cerita yang unik adalah orisinalitas. 

baca juga :

Bagi penulis pemula, pasti ada banyak sekali kesulitan dan kendala untuk melahirkan cerita yang unik. Itu hal yang lumrah kok. Tugas kamu hanya menulis sebanyak mungkin tulisan. Karena keunikan cerita dapat dirasakan dari “selera” dan “karakter” si penulis. 

Dimana “karakter” penulis ini tidak bisa ditemukan dalam sekali action. Tetapi berkali-kali action. Bahkan bertahun-tahun terus berlatih menulis, sampai menemukan karakter penulisan. Ketika penulis mampu menemukan karakternya, akan sangat mudah membuat cerita yang unik. 

Ingat, bahwa menulis itu dibutuhkan harmoni dan keselarasan antara kemampuan kognitif, imajinasi, kepekaan dan rasa emosional. Jika mampu mengelola semua itu dengan baik, menulis apapun genre cerita, tulisan akan tetap menarik dan menyenangkan saat dibaca. 

2. Membuat Judul Yang Sesuai 

Penting sekali membuat judul yang menarik. Sebagus dan semenarik apapun cerita yang kamu tulis, jika dari sisi judul tidak mampu dikemas secara menarik, maka tidak menarik perhatian dan sesuai. Mungkin kamu pernah membaca judul menarik, namun dari segi isi, cerita tidak menarik sama sekali. Lantas, apa yang kamu rasakan? 

Pasti akan merasa kecewa bukan? Karena merasa dibohongi oleh judul, yang sebenarnya tidak ada kaitannya.  Lantas, kesempatan lain, ketika si penulis menulis cerita lagi, kita pun tidak lagi tertarik membaca tulisannya bukan?

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti ini, penting sekali untuk membuat judul yang tidak sekedar menarik, tetapi juga harus sesuai dengan isi atau tema yang diangkat. Jika masih kesulitan menentukan judul yang sesuai, kamu bisa mencoba menentukan judul di bagian akhir, ketika semua tulisan sudah selesai dibuat. 

3. Cover Yang Menarik

Tahukah kamu, jika salah satu menarik minat audience atau pembaca dapat dilakukan dengan memperhatikan cover. Cover menarik dapat dijadikan sebagai cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote. 

Baca juga https://bukunesia.com/cara-membuat-cover-wattpad/

Kita tahu bahwasanya rasa ketertarikan seseorang dapat diciptakan dengan cara mengangtifkan emosi audience. Misalnya, menghidupkan emosi audience lewat pemilihan warna cover yang umum disukai, desain yang menyentuh atau dengan gambar yang menarik perhatian. 

Berkat cover yang menarik, setidaknya cerita yang biasa-biasa saja tetap memiliki peluang dibaca oleh audience, berkat cover yang menarik. Nah,  kamu pun juga bisa mencoba membuatnya mulai sekarang. 

4. Memilih Genre Yang Sesuai

Cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote dapat dilakukan dengan melihat genre. Pastikan cerita yang ditulis sesuai dengan genre. Misal segmentasinya adalah seluruh masyarakat Indonesia, tanpa melihat umur. Entah itu remaja atau orang dewasa. 

Sebagai orang Indonesia, yang kental dengan mistis dan mitos, maka tidak heran jika banyak audience pun tertarik cerita horor. Nah, peluang dan potensi inilah yang bisa disasar dan bisa kamu jadikan sebagai objek penulisan di wattpad. Di jamin, tingkat ketertarikan lebih tinggi dibandingkan genre bernuansa pendidikan. 

5. Menulis Deskripsi Yang Clickbait Dan Mengundang Kepo

Buat yang suka membaca cerita di wattpad pasti sudah tidak asing. Nah, di sana terdapat kolom deskripsi cerita yang dapat diisi sebagai clickbait. Tujuannya adalah untuk mengundang rasa penasaran audience atau pembaca. 

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat deskripsi yang clickbait? Pastikan kamu menuliskan poin-poin yang menarik. Jangan diceritakan semuanya, cukup spill sedikit atau sebagian kecilnya saja. Karena salah satu tujuan deskripsi yang clickbait adalah membangkitkan rasa penasaran pembaca, sehingga pembaca bersedia membaca lembar inti atau lembar berikutnya. 

6. Update Setiap Hari

Cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote yang tinggi adalah konsistensi. Konsistensi inilah yang tidak semua penulis mampu melakukannya. Apalagi buat kamu yang menulis berdasarkan mood yang tidak menentu. 

Seperti beberapa artikel yang sudah pernah saya ulas sebelumnya. Bahwasanya mengandalkan bakat menulis saja tidak cukup. Bakat itu hanya 10%. Penentu paling utama adalah kemauan dan disiplin. Salah satu bentuk disiplin di sini adalah menulis cerita setiap hari. 

Adapun tips buat kamu yang menulis cerita berdasarkan mood, kamu bisa menulis sebanyak mungkin di ms. Word. Hanya saja waktu penguploadan di wattpad bisa dilakukan secara harian dan berkala. Nah, cara ini lebih efektif dan paling aman. Dibandingkan harus menulis di waktu dan detik itu juga. 

7. Gabung Di Komunitas Penulis

Adapun cara lain, yaitu mengikuti komunitas penulis. Di era digitalisasi seperti sekarang, banyak komunitas penulis yang dapat kamu ikuti. Kamu bisa mengikuti komunitas menulis di media sosial, ataupun offline. Sekarang banyak beragam pilihan dan semakin memudahkan. 

baca juga Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad Gampang

Apa hubungannya mengikuti komunitas penulis dengan wattpad? Sebenarnya ada banyak alasan. Selain mendapatkan informasi terkini di dunia tulis menulis, dan mendapatkan relasi lebih luas. Kamu pun juga sangat mungkin memiliki relasi di dunia penerbitan. 

Misalnya, memiliki rekan editor buku,  atau mungkin memiliki penerbit buku. Nah, dari sinilah kamu bisa menjadikan wattpad kamu sebagai personal branding, memperkenalkan karya kamu. Siapa tahu ide dan karya-karya kamu dilirik oleh penerbit. Jika hal ini terjadi, dan kamu beruntung, kamu pun bisa menerbitkan buku ke penerbit. Tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. 

8. Promosi Di Tiktok

Tidak dapat dipungkiri jika perkembangan media sosial sangat pesat dan cepat. Salah satunya di Tiktok. Nah, kamu pun tidak ada salahnya untuk mempromosikan tulisan atau sedikit spill cerita kamu di wattpad ke akun tiktok. Karena segmentasi tiktok menyasar kalangan anak muda yang memiliki rasa penasaran tinggi. 

Maka tidak heran jika tiktok dapat kamu jadikan ajang promosi gratis dan menguntungkan. Sebenarnya tidak hanya di tiktok, di instagram, facebook ads dan masih banyak sarana yang bisa dimanfaatkan. Hanya saja buat yang tertarik dengan hal yang gratis dan pengaruh cepat, maka Tiktok inilah paling mudah dilakukan. 

Dari kedelapan cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote di atas, saya yakin sebenarnya ada beberapa poin yang sudah kamu lakukan. Kamu hanya tinggal melengkapi poin-poin yang belum dipraktekan. Semoga dari sedikit ulaan ini memberikan semangat dan optimisme agar tetap semangat menulis di wattpad. 

Ingat, menulis itu butuh proses dan waktu. Tidak ada hasil yang diperoleh secara instans. Dan ingat, bahwa rejeki sudah ada yang menentukan. Tugas kita hanya berusaha, biarkan Tuhan yang bekerja. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis