Cara Menulis Wattpad Agar Menarik

MENULIS WATTPAD MENARIK

Ada berbagai karya sastra yang dapat dinikmati oleh pembacanya melalui berbagai platform, bukan hanya berbentuk buku fisik saja salah satunya menulis wattpad. Salah satu cara membaca karya sastra seperti novel atau cerpen juga bisa dilakukan melalui Wattpad, yang merupakan sebuah media online bagi para penulis.

Bersumber dari situs Wattpad.com, Wattpad adalah wadah atau tempat bagi para penulis yang baru mau memulai karirnya, bahkan sampai penulis yang sudah terkenal. Bagi kamu yang ingin mulai menulis sebuah karya di Wattpad, ketahui berbagai hal tentang menulis di Wattpad berikut ini, mulai dari menentukan tema cerita, sampai membuat desain cover yang menarik.

Baca juga: Membuat Novel dari HP

Daftar akun Wattpad

Sebelum mengunggah atau menulis cerita di Wattpad, penulis harus mendaftarkan diri dan memiliki akun Wattpad lebih dahulu. Untuk daftar di akun Wattpad bisa dilakukan melalui dua perangkat atau device yang berbeda, yaitu melalui ponsel ataupun melalui laptop dan komputer.

a. Cara Daftar Akun Wattpad Melalui Ponsel

  • Pastikan kamu sudah download dan install aplikasi Wattpad dari Play Store atau AppStore.
  • Setelah aplikasi Wattpad selesai diinstal, kemudian buka aplikasi. Pada halaman awal, kamu akan menemukan kolom pendaftaran akun. Ada beberapa opsi atau pilihan untuk daftar akun Wattpad dan login, yaitu melalui Facebook, Google, atau daftar dengan mengisi beberapa kolom.
  • Jika ingin mendaftar dengan mengisi formulir yang sudah disediakan, maka penulis harus mengisi beberapa data, seperti email, nama pengguna, kata sandi, dan tanggal lahir.
  • Setelah semua kolom diisi, selanjutnya pilih opsi ‘daftar’ yang ada di bagian bawah.
  • Di langkah berikutnya, kita diharuskan mengisi beberapa data lagi, seperti jenis kelamin dan memilih apakah akun akan menjadi Pembaca atau Penulis.
  • Setelah selesai mendaftar, kemudian ikut Langkah-langkah yang ada selanjutnya, lalu aplikasi sudah bisa digunakan.

b. Cara Daftar Akun Wattpad Melalui Laptop atau Komputer

  • Untuk mendaftar akun Wattpad melalui laptop atau computer, penulis dapat mengakses situs Wattpad.com.
  • pada halaman awal, akan ada dua opsi, yaitu ‘start reading’ dan ‘start writing’.
  • Bagi penulis, pilihlah opsi ‘start writing’,
  • Setelah memilih opsi ‘start writing’, selanjutnya penulis akan beralih ke halaman untuk mengisi data diri, seperti username, email, kata sandi, dan tanggal lahir.
  • Jika semua sudah diisi, kemudian klik tombol ‘start writing’ dan ikuti langkah yang muncul selanjutnya.
  • Akun Wattpad sudah bisa digunakan.

Menentukan Tema Cerita

Cerita yang diminati oleh pembaca adalah cerita dengan tema yang menarik, misalnya sesuai dengan kejadian-kejadian yang dialami sehari-hari. Namun, bagaimana menentukan tema cerita yang menarik untuk ditulis dan diunggah di Wattpad? Berikut ini adalah cara menentukan tema cerita yang bisa digunakan oleh penulis.

a. Pilih Genre yang Sesuai

Cara pertama untuk menentukan tema cerita untuk tulisan Wattpad yang akan kamu buat adalah dengan memilih genre yang sesuai dengan diri sendiri. Misalnya, kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan horor, fiksi ilmiah, atau kisah percintaan.

Pilihlah genre yang memang kamu sukai saat membaca, maka akan membuat penulis jadi lebih mudah untuk menentukan tema cerita yang akan ditulis. Tidak hanya itu, memilih genre yang sesuai juga akan membuat penulis merasa nyaman untuk menulisnya.

Banyak lo jenis genre buku itu, silakan pahami dalam 11 Jenis Genre Buku.

b. Buat Cerita dari Pengalaman Sendiri atau Orang Lain

Menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri atau orang lain juga bisa menjadi salah satu cara menentukan tema cerita Wattpad. Menulis berdasarkan kisah yang dialami sendiri atau orang-orang terdekat kita bisa membuat cerita nantinya akan memiliki alur yang baik.

c. Perbanyak Membaca

Banyak membaca adalah salah satu cara penting dalam menentukan tema cerita yang akan ditulis. Pilihlah bacaan atau cerita yang sesuai dengan genre yang kamu minati atau akan tulis nantinya.

Membaca berbagai tulisan yang ada di Wattpad dan sesuai dengan genre yang dipilih akan membantu penulis untuk dapat menentukan tema cerita yang akan ditulis, karena memiliki berbagai referensi dan inspirasi cerita.

d. Mengobrol dengan Penulis Lain

Mengobrol dengan penulis lain yang juga menulis di Wattpad bisa membantu penulis untuk dapat menentukan tema cerita yang akan ditulis. Cara ini akan membantu penulis untuk mendapatkan sudut pandang baru, atau bahkan cara yang ampuh untuk menentukan tema cerita yang tepat.

c. Detail Tulisan yang Menarik

Detail tulisan pada cerita Wattpad yang kamu buat juga harus diperhatikan, karena detail tulisan ini dapat membantu pembaca dengan mudah menemukan cerita Wattpad yang kamu buat. Ada beberapa detail tulisan yang dapat membantu pembaca dengan mudah menemukan cerita yang kamu buat.

Beberapa detail tulisan ini misalnya seperti judul cerita, deskripsi, kategori, tagar, hingga status cerita, apakah sudah lengkap atau bersambung. Kamu bisa membuat judul, deskripsi, dan tagar cerita yang menarik, sehingga pembaca tertarik membacanya. Selain itu, pastikan cerita yang kamu buat sudah masuk ke dalam kategori yang sesuai dengan genrenya, sehingga mudah ditemukan.

Terakhir, tuliskan status cerita, apakah sudah lengkap, atau masih bersambung dan belum selesai. Kebanyakan pembaca akan lebih tertarik membaca cerita Wattpad yang sudah selesai ditulis oleh penulisnya.

Susunan Kerangka Novel yang Baik

Setelah menentukan genre cerita yang ingin dibuat dan seperti apa cerita yang akan dituliskan nantinya untuk Wattpad, pastikan kamu membuat atau menyusun kerangka novel yang baik. Kerangka cerita dalam novel maupun Wattpad yang dibuat merupakan rencana penulisan yang berisi garis besar dari cerita, hingga ide cerita yang disusun secara sistematis dan terstruktur, sehingga menjadi cerita yang jelas.

Selain itu, kerangka cerita juga berfungsi untuk membuat tulisan menjadi tidak melenceng terlalu jauh dari inti cerita yang dibuat. Ini artinya, menyusun kerangka cerita yang baik untuk Wattpad bisa membantu penulis tetap fokus menulis pada tema cerita yang sudah dibuat.

1. Menggunakan Judul Menarik

Judul disebut juga sebagai gerbang bagi pembaca untuk menuju cerita yang ingin dibacanya. Judul cerita yang menarik akan membuat pembaca jadi penasaran dan tertarik untuk membaca cerita yang dibuat oleh penulis. Inilah sebabnya, judul yang digunakan oleh penulis pada cerita Wattpad yang dibuatnya haruslah menarik. Ada berbagai tips untuk membuat judul yang menarik, yaitu:

a. Judul Sesuai Tema Cerita

Pastikan membuat judul yang sesuai dengan tema cerita, agar pembaca bisa mengetahui secara singkat cerita Wattpad yang dibuat. Pemilihan judul yang tepat sesuai dengan tema cerita akan menentukan pembaca akan tertarik membaca cerita Wattpad yang dibuat atau tidak.

b. Judul Mengandung Kejadian Penting dari Cerita

Judul Wattpad yang menarik juga harus mengandung salah satu atau potongan kejadian penting dari cerita yang dibuat, agar pembaca tertarik membaca ceritanya.

c. Judul Diambil dari Latar Penting dalam Cerita

Judul Wattpad yang menarik juga bisa diambil dari latar penting dalam cerita, salah satu contohnya seperti novel berjudul Eiffel I’m in Love. Penggunaan latar tempat yang menjadi bagian penting dari cerita akan menarik pembaca untuk membaca cerita Wattpad yang dibuat.

d. Memakai Nama Tokoh Utama Cerita

Tidak hanya latar penting dari cerita, penggunaan nama tokoh utama cerita sebagai judul Wattpad juga menjadi trik untuk membuat judul cerita yang menarik. Gunakanlah nama tokoh yang merupakan karakter utama atau karakter yang sering muncul dalam cerita.

e. Menggunakan Kalimat yang Diucapkan Tokoh dalam Cerita

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat judul Wattpad yang menarik adalah dengan menggunakan atau mengambil kalimat yang diucapkan tokoh dalam cerita. Usahakan untuk mengambil kalimat yang paling menarik, bahkan dapat mengena di hati pembaca.

2. Desain Cover

Menghasilkan karya Wattpad yang menarik juga tidak bisa terlepas dari cover atau sampul cerita Wattpad yang kamu buat. Jika ingin membuat cover Wattpad yang menarik, kamu tidak perlu bingung, karena tanpa menyewa illustrator khusus, kamu bisa membuat sendiri cover Wattpad yang diinginkan.

Saat ini, sudah tersedia banyak aplikasi atau situs yang mempermudah dalam desain cover untuk Wattpad. Sebagai inspirasi, kamu bisa melihat-lihat berbagai cover cerita Wattpad yang lainnya. Ada beberapa jenis cover yang bisa dibuat, misalnya dengan menampilkan gambar tokoh utama, latar tempat, atau hal lain yang berkaitan dengan cerita yang dibuat.

3. Membuat Komunitas

Cerita Wattpad yang menarik akan menjadi sia-sia jika pembacanya sedikit atau bahkan tidak dikenal sama sekali oleh pembaca Wattpad. Maka dari itu, untuk membuat tulisan kamu menjadi terkenal dan dibaca oleh banyak pembaca, caranya adalah dengan membuat komunitas.

Penulis dapat mempromosikan tulisan atau ceritanya di komunitas yang telah dibuatnya. Dengan cara mempromosikan tulisan melalui komunitas, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui cerita tersebut. Pastikan kamu sebagai penulis tidak berlebihan melakukan promosi, agar anggota komunitas tidak merasa terganggu. Selain itu, buatlah komunitas menjadi aktif, agar anggotanya semakin banyak dan semakin banyak yang membaca tulisanmu.

(Penulis: Tyas Wening)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis