Jenis Tokoh Berdasarkan Fungsi, Peran dan Watak

jenis tokoh berdasarkan fungsinya dalam cerita

Jenis Tokoh Berdasarkan Fungsi – Dalam sebuah cerita, pastinya tidak mungkin dong tidak ada yang namanya tokoh atau peran di dalamnya? yaps, pastinya harus ada supaya mudah membuat sudut pandang dan menyampaikan pesannya. Emang ada berapa jenis tokoh dalam cerita?

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa jenis tokoh atau penokohan dalam sebuah cerita baik itu fiksi maupun non-fiksi yang nantinya dapat dikembangkan dalam sebuah cerita yang apik dan memiliki karakter yang kuat.

Pengertian Tokoh

Tokoh dalam sebuah cerita fiksi menempati peran penting dalam membuat cerita menjadi menarik. Keberadaannya menjadikan cerita tersebut hidup. Secara umum, pengertian tokoh adalah individu yang diciptakan oleh pengarang cerita dan didalamnya mengalami peristiwa-peristiwa atau kejadian yang saling berkesinambungan.

Menurut Abrams, tokoh adalah orang-orang yang diceritakan dalam sebuah cerita dan memiliki kecenderungan yang memiliki ekspresi yang disampaikan dalam ucapan dan dilakukan dalam bentuk adegan dan tindakan.

Jenis-Jenis Tokoh dalam Cerita

Langsung saja sesuai pokok bahasan artikel ini, berikut jenis tokoh dibedakan menjadi beberapa, antara lain:

1. Berdasarkan fungsi

  • Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam suatu cerita. Tokoh ini merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan dalam sebuah cerita, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
    Bahkan pada cerita-cerita (cerpen, cerbung atau novel lainnya) tokoh utama selalu hadir dalam setiap kejadian dan banyak muncul pada tiap halaman buku cerita yang bersangkutan.
  • Tokoh pembantu adalah tokoh yang memiliki peran sebagai pelengkap dalam cerita dan kehadiran tokoh ini hanya menunjang tokoh utama.

2. Berdasarkan peran (peranan)

Tokoh berdasarkan peranan adalah jenis penokohan yang didasarkan pada sifat yang diperankan dalam sebuah cerita tersebut diangkat.

  • Tokoh protagonis adalah tokoh yang dikagumi pembaca atau tokoh yang perilakunya sesuai dengan ekspektasi atau harapan pembaca cerita. Biasanya juga, tokoh protagonis ini disebut juga dengan tokoh utama karena paling sering muncul dalam sebuah cerita.
  • Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis. Biasanya mudah dipahami dengan melihat siapa musuh dari si tokoh utama tersebut.

3. Berdasarkan perwatakan

  • Tokoh sederhana adalah tokoh yang memiliki satu kualitas pribadi tertentu. Karena hanya memiliki satu jenis sifat saja, seorang yang memegang peran ini akan terlihat sederhana bersifat datar dan monoton.
  • Tokoh kompleks adalah tokoh yang memiliki dan mengungkap berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian dan jati dirinya. Ia dapat memiliki watak tertentu yang dapat diformulasikan, tetapi ia dapat pula menampilkan watak dan tingkah laku yang bermacam-macam, bahkan mungkin seperti bertentangan dan sulit diduga.

4. Berdasarkan kemungkinan pencerminan tokoh cerita terhadap (sekelompok) manusia dari kehidupan nyata

  • Tokoh tipikal, tokoh ini hanya sedikit ditampilkan dalam keadaan sendirinya dan lebih banyak diperlihatkan pada kualitas pekerjaan.
  • Tokoh netral adalah tokoh yang dimunculkan dalam cerita itu sendiri dan hanya ada dalam dunia fiksi. Tokoh ini diadakan oleh sang pembuat cerita hanya demi untuk membangun cerita yang lebih hidup atau bahkan dialah sebenarnya pelaku cerita dan yang diceritakan.

5. Berdasarkan kriteria berkembang atau tidaknya

  • Tokoh statis adalah tokoh cerita yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan perwatakan sebagai akibat adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi. 
  • Tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perubahan dan perkembangan perwatakan sejalan dengan dengan perkembangan atau perubahan peristiwa dan plot yang dikisahkan.

Nah, itulah beberapa jenis tokoh yang ada dalam sebuah cerita dan semoga dengan adanya pembagian diatas, kita lebih tau dan akan lebih mudah lagi dalam membuat sebuah cerita atau karya buku yang menarik.

Buat kamu yang ingin membuat atau menerbitkan buku cerita, novel atau antologi lainnya, kamu bisa banget menerbitkan buku di Penerbit Bukunesia ya.

Baca artikel penting lainnya.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Artikel oleh

Artikel Terbaru