logo penerbit bukunesia

Tips dan Cara Membuat Cerita di Wattpad Untuk Pemula

cara menulis di wattpad
promo tahun baru 30%

Hampir setiap penulis pemula saat ini ingin memulai tulisannya melalui media wattpad, namun kamu pasti bingung bagaimana cara membuat cerita di wattpad? tenang saja bukunesia akan memberikan tips dan cara dalam memposting cerita novelmu di wattpad.

Wattpad sendiri adalah salah satu platform gratis menulis atau membaca sebuah novel atau cerpen. Jadi kamu bisa menulis novelmu yang benar-benar masih baru atau belum PD dan untuk mencari atau memperdalam skill menulis.

Buat kamu yang memiliki niat kuat ingin menjadi seorang penulis di wattpad, kamu bisa melakukan langkah sebagai berikut.

Cara Membuat Cerita Di Wattpad 

Cara membuat cerita di wattpad bagi pemula. Sudah pasti harus memiliki akun terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, barulah bisa menuliskan cerita. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat cerita di wattpad bagi pemula. 

1. Membuat Akun Di Wattpad

Cara membuat cerita di wattpad, pastikan memiliki akun terlebih dahulu. Ada dua cara membuat akun. Yaitu bisa melalui laptop/notebook atau lewat smartphone. 

  1. Melalui Smartphone 
  • Jika ingin menulis melalui smartphone, maka harus masuk ke google playstore terlebih dahulu. Kemudian ketika wattpad. 
  • Klik aplikasi wattpad, dan install. 
  • Setelah terinstal, kamu bisa masuk ke aplikasi, dan kamu pun akan mengisikan form yang telah tersedia. 
Pengaturan akun
  • Jika sudah diisi, klik daftar. 
  • Nah, kamu pun sudah memiliki akun. Setelah itu, kamu akan diarahkan pada halaman wattpad. Kamu bisa melengkapinya dan siap memakainya.
  1. Melalui Laptop/Notebook 
  • Setiap orang memang memiliki karakter dan kenyamanannya sendiri-sendiri. Ada yang lebih senang masuk ke wattpad lewat laptop/PC karena lebih mudah dalam menulis. Nah, adapun langkah membuat akun di wattpad lewat laptop sebagai berikut. 
  • Masuk ke browser, kemudian tulis di wattpad.com. 
  • Biasanya akan muncul seperti gambar berikut. 
Opsi daftar Wattpad Laptop
Gambar dari leskompi

  • Nah, di sinilah kamu bisa memilih dua pilihan yaitu start reading (untuk pembaca) atau memilih start writing (untuk penulis). Karena konteksnya adalah menulis, maka kamu pilih start writing. 
  • Kamu pun akan di arahkan ke halaman seperti berikut. 
Setting Pertama

  • Kamu cukup mengisi form yang tersedia dan setelah semua sudah di isi klik “start writing” dan kamu pun sudah memiliki akun wattpad dan siap untuk menuliskannya.

2. Mengatur Peraturan Di Cerita Wattpad

Buat para pemula, ada satu langkah yang tidak kalah penting saat menulis di wattpad. Pastikan cerita kamu sudah di atur di setting terlebih dahulu. Jadi di pengaturan ada kolom yang harus diisi setiap kali menulis cerita. Kolom tersebut meliputi title, description, tags, language, copyright dan rating. 

  • Title : bisa diisi judul cerita yang kamu tulis. 
  • description : Di Bagian ini dapat ditulis sebagai sinopsis cerita, agar orang tertarik ingin membaca lebih dalam. 
  • Tags : Tags adalah kata kunci cerita yang berfungsi untuk melebarkan jangkauan ke pembaca. Pastikan memasukan kata kunci yang relevan dengan isi cerita. 
  • Language : Kita perlu tahu bahwa aplikasi wattpad ini segmentasinya adalah internasional. Nah, kamu bisa menentukan bahasa yang kamu kuasai dan bahasa yang kamu gunakan untuk menulis. Jika hanya bisa bahasa indonesia, bisa klik bahasa indonesia, tentunya dengan segmentasi Indonesia saja. jika ingin menargetkan segmentasi internasional, bisa menggunakan bahasa Inggris. 
  • Copyright : Kamu boleh menambahkan hak cipta di kolom ini. 
  • Rating : Rating ini dinilai oleh pembaca. semakin tinggi rating, indikasi tulisan kamu menarik untuk para pembaca.

3. Menulis Wattpad 

Adapun cara menulis wattpad. Yaitu melengkapi form di nomor 2 di atas. Setelah itu, kamu bisa langsung menuliskan cerita di lembar kerja wattpad. Jika sebelumnya kamu sudah menulis di ms word, kamu bisa melakukan memindah cerita dari ms. Word dengan copy paste ke lembar kerja wattpad. Cara ini akan lebih cepat dan efisiensi waktu. 

baca juga Cara Menulis Cerita di Wattpad Agar Menarik & Jadi Best Seller

4. Memberi Label Genre

Setelah selesai menuliskannya, maka tahap selanjutnya adalah memberikan label genre. Label genre ini penting, karena memudahkan pembaca untuk memilih cerita yang sesuai selera mereka. Misalnya, pembaca yang suka membaca cerita horor langsung bisa tahu dan bisa langsung klik membaca tanpa berpikir lama. 

5. Posting Cerita Per Bab

Cara membuat cerita di wattpad agar pembaca memiliki rasa penasaran terhadap cerita yang kamu buat. Maka, lebih disarankan untuk memposting cerita per bab. Saat memposting per bab pun harus dilihat harinya. Misal setiap hari senin dan kamis. Tujuannya pembaca tahu waktu tayang cerita yang kamu buat. 

Itulah cara membuat cerita di wattpad yang bisa kamu coba praktekan. Adapun tips cara membuat cerita di wattpad yang dapat kamu inti sebagai berikut. 

note : jangan lupa membuat design cover novel yang menarik juga

Tips Membuat Cerita di Wattpad 

Ada beberapa tips membuat cerita di wattpad, terutama buat kamu yang ngaku masih pemula, dan sering mengalami beberapa hambatan selama mempublikasikan. Berikut tipsnya. 

1. Harus Konsisten

Tips membuat cerita di wattpad adalah konsisten. Konsisten adalah kunci dari segala banyak hal. Tidak hanya berlaku untuk menjadi penulis di wattpad saja. Konsisten adalah sikap yang sulit dan berat. Hanya yang mampu melawan dirinya sendirilah yang bisa melakukannya. 

2. Membuka Diskusi

Buat kamu yang merasa kesulitan menentukan ide atau kesulitan dalam teknis penulisan. Maka bisa memulainya dengan membuka diskusi. Diskusi terbukti efektif memancing ide, dan imajinasi untuk membuat sebuah cerita baru dan menarik. 

3. Aktif Di Forum

Penting juga aktif di forum. Setidaknya dengan menunjukan keaktifan kamu di forum, menunjukan bahwa kamu adalah penulis yang aktif. Adapun manfaat dari keaktifan di forum, kamu pun mendapatkan banyak relasi sekaligus membukakan jaringan. Sehingga tingkat keterbacaan pun juga lebih tinggi. 

4. Membuat Profil Menarik

Tips yang tidak kalah penting lagi adalah, membuat profil menarik. Misalnya, membuat profil yang disertai dengan prestasi yang pernah diraih. Cara ini lebih menarik perhatian daripada profil yang biasa-biasa saja. Selain profil secara prestasi, kamu pun juga perlu memasang profil yang menarik secara visual. Misalnya kamu memasang profil foto cover cerita yang sudah didesain yang unik. 

Pada dasarnya, penulisan profil tidak sekedar untuk menunjukan siapa paling keren. Melainkan sebagai ajang memperkenalkan diri. Orang tidak akan simpati, tertarik dan sayang dengan kita jika tidak tahu siapa diri kita. Dengan kata lain, profil adalah personal branding singkat terkait siapa dirimu. 

Tentu profil yang relevan lebih meyakinkan pembaca. Karena pembaca pun akan membangun persepsi yang tidak jauh berbeda dengan yang dicitrakan. Misalnya, di profil dituliskan bahwa kamu seorang cerpenis. Maka, pembaca pun tahu bahwa kamu bukanlah penulis pemula. Tetapi penulis yang minimal karyanya sudah pernah dipublikasikan di surat kabar di kolom cerpen, dan seorang penulis fiksi. 

Itulah beberapa ulasan seputar cara membuat cerita di wattpad. Ternyata menulis di wattpad tidak bisa langsung ditulis begitu saja. ada beberapa kiat agar karya yang dituliskan di sana menarik perhatian pembaca. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat.

(Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis