logo penerbit bukunesia

Cara Membuat Indeks Buku yang Benar & Praktis

cara membuat indeks buku
promo tahun baru 30%

Apa itu indeks buku? Lalu fungsingnya untuk apa? Lalu bagaimana cara membuat indeks buku? Berikut penjelasa lebih lengkapnya.

Indeks buku merupakan salah satu bagian pada buku yang berisi daftar kata atau istilah yang ada dalam sebuah buku. Pada sebuah buku, indeks biasanya ada di bagian akhir buku. Indeks buku ini sangat penting terutama pada buku yang memiliki berbagai istilah asing. Misalnya saja buku pelajaran. Adanya indeks buku ini akan mempermudah pembaca untuk menemukan informasi mengenai kata yang dicari.

Secara singkat, indeks pada sebuah buku berguna untuk mempermudah pencarian kata atau informasi tertentu. 

Indeks buku dapat dibuat secara manual, namun tentu lebih praktis jika dibuat secara otomatis. Pembuatan indeks buku secara manual akan memakan waktu yang lama dan risiko kesalahannya akan semakin besar juga. Biasanya, pembuatan indeks buku secara manual ini digunakan untuk teks yang jumlah halamannya sedikit.

Sedangkan indeks buku yang dibuat secara otomatis menggunakan aplikasi tentu akan lebih mudah, menghemat waktu, dan mengurangi risiko kesalahan pembuatan indeks buku.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat indeks buku, simak langkah-langkahnya berikut ini. Simak juga berbagai hal mengenai indeks buku, mulai dari pengertian, fungsi, hingga macam-macam indeks buku.

Apa Itu Indeks Buku?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan, yang biasanya terdapat di bagian akhir buku. Daftar ini tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Dari pengertian tersebut, dapat dijelaskan bahwa indeks buku adalah bagian di akhir buku yang berisi berbagai daftar kata dalam sebuah buku. Daftar kata tadi disusun berdasarkan urutan abjad, sehingga urutannya seperti kamus. Selain berdasarkan huruf, susunan kata dalam indeks buku juga dapat disusun berdasarkan simbol pada kata yang digunakan.

Indeks buku disusun berdasarkan urutan abjad atau huruf, maupun simbol kata. Daftar ini juga dilengkapi dengan halaman di mana kata itu berada, sehingga pembaca akan dengan mudah menemukan di mana kata itu berada di halaman tertentu.

Fungsi Indeks Buku

Indeks buku yang dibuat tidak hanya sebagai daftar kata saja, karena ada beberapa fungsi dari indeks buku, yaitu:

1. Memudahkan Pencarian Kata

Fungsi pertama dari indeks buku adalah untuk memudahkan pencarian kata pada buku tersebut. Indeks buku memuat informasi di mana saja sebuah kata ada di sebuah buku. Misalnya kata ‘distraksi’ ada di halaman 135, 138, 140, 147, 155, dan 157. Indeks buku akan menunjukkan di halaman berapa saja kata tersebut dituliskan. Setelah mengetahui di mana sata kata tersebut berada, maka pembaca akan dapat langsung menuju halaman yang sudah dituliskan di indeks buku.

2. Menghemat Waktu

Menghemat waktu juga menjadi salah satu manfaat dari adanya indeks buku. Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa pada indeks buku tidak hanya dituliskan daftar kalimat di sebuah buku saja, tapi juga informasi pada halaman berapa saja kata tersebut berada.

Adanya informasi mengenai halaman di mana kalimat tertentu dituliskan tentu akan menghemat waktu pencarian kata. Sebab pembaca tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari di mana kata tertentu berada.

3. Memudahkan Pencarian Istilah yang Tidak Dimengerti

Fungsi lain dari indeks buku adalah untuk memudahkan pencarian istilah yang tidak dimengerti. Misalnya, ada sebuah kata yang ditemukan di halaman 112 dan tidak dimengerti oleh pembacanya, maka pembaca bisa mencari arti atau definisi kata tersebut di halaman lainnya.\

Indeks buku akan membantu pembaca untuk mencari di mana kata tersebut berada di halaman lainnya untuk membantu pembaca agar bisa memahami kata yang dimaksud. Penjelasan suatu kata biasanya terdapat di halaman sebelum maupun sesudah kata tersebut dituliskan.

Macam-Macam Indeks Buku

Ada dua macam indeks buku yang dapat digunakan oleh penulis pada bukunya. Macam-macam indeks buku ini adalah indeks subjek dan indeks pengarang. Hal yang membedakan kedua indeks buku ini adalah dari isi daftar yang dituliskan. Simak penjelasan macam-macam indeks buku berikut ini:

1. Indeks Subjek

Jenis atau macam indeks buku yang pertama adalah indeks subjek. Pada indeks buku ini, daftar yang dituliskan adalah istilah-istilah tertentu yang ada pada buku. Sesuai dengan cara penulisan indeks buku, maka indeks subjek yang berisi istilah-istilah pada buku ini dituliskan secara urut abjad dan dilengkapi dengan halaman di mana istilah tersebut berada pada buku.

2. Indeks Pengarang

Selain indeks subjek, jenis indeks buku lainnya adalah indeks pengarang. Isi dari daftar yang ada di indeks pengarang berbeda dengan indeks subjek. Sesuai namanya, indeks pengarang ini berisi daftar nama pengarang.

Pada sebuah buku, biasanya penulis akan memakai teori, pendapat, atau kutipan dari berbagai tokoh atau pengarang lainnya. Penggunaan teori, pendapat, atau kutipan ini dapat digunakan untuk memperkuat argumen penulis.

Indeks pengarang pada buku berisi daftar nama pengarang maupun tokoh yang teori, pendapat, atau kutipan yang digunakan dalam buku tersebut. Penulisan indeks pengarang ini juga akan memudahkan dalam penulisan daftar pustaka.

Cara Membuat Indeks Buku

Indeks buku dapaqt dibuat dengan mudah menggunakan Microsoft Word. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat indeks buku:

1. Buka dokumen yang akan dibuat indeks bukunya, di Microsoft Word.

2. Buat daftar kata-kata—istilah maupun nama pengarang—yang akan dituliskan dalam indeks buku.

3. Blok satu kata di indeks yang sudah dibuat tadi, lalu pilih ‘Reference’ di menu bar Microsoft Word.

4. Pilih dan klik ‘Mark Entry’ kemudian pilih ‘Mark All’, yang menandakan bahwa semua kata yang diblok sudah ditandai.

5. Kemudian pilih ‘Close.’ Nantinya akan muncul tanda kurung kurawal serta huruf tambahan pada kata yang ditandai. Tanda tersebut bisa dihapus dengan mengklik tandanya di bagian Home pada Microsoft Word.

6. Klik ‘Insert Index’, nantinya akan ada beberapa pilihan jenis index yang diinginkan. Misalnya, penulis memilih format ‘Modern’.

7. Lalu klik ‘OK’, nantinya indeks akan muncul secara otomatis.

Seperti itulah cara membuat indeks buku otomatis dan pengetian tentang indeks buku. Apakah semua buku perlu indeks buku? tergangung buku apa yang akan ditulis oleh pengarang.

Baca juga artikel :

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis