Menulis Resensi Cerpen: Struktur dan Contoh

cara menulis resensi cerpen

Menulis resensi cerpen merupakan salah satu jenis dari resensi buku yang bisa dilakukan oleh peresensi. Secara umum, resensi buku memiliki pengertian yaitu pertimbangan atau pembicaraan tentang buku yang berisi mengenai ulasan buku.


Emang Apa Sih Sebutan Orang yang Meresensi?

Jadi, pembuat resensi disebut dengan peresensi. Ada juga yang menyebutnya resensator.


Selain itu, resensi buku juga merupakan kegiatan yang dapat memberikan tinjauan kritis atau penilaian terhadap kualitas dari suatu buku. Sehingga di dalam melakukan resensi buku, terdapat aktivitas peresensi untuk menyampaikan gagasan secara tertulis dengan tujuan mengukur baik buruknya buku tersebut.

Jika di atas adalah pengertian resensi buku secara umum, lalu bagaimana pengertian resensi cerpen? Oleh sebab itu di artikel ini akan dijelaskan apa itu resensi cerpen, bagaimana tujuan dari resensi cerpen, apa saja manfaat dari resensi cerpen, bagaimana struktur resensi cerpen, bagaimana cara dan contoh dari resensi cerpen.

Apa itu Resensi Cerpen

Resensi berasal dari bahasa Latin yaitu ‘revidere’ atau ‘recensere’ yang artinya melihat kembali, menimbang, dan atau menilai. Artinya, dari berbagai pengertian tadi diketahui bahwa resensi merupakan kegiatan yaitu melakukan ulasan buku. Dalam hal cerpen, berarti resensi ini mengulas isi tentang cerpen.

Dapat diartikan juga bahwa resensi cerpen merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan secara tertulis dengan tujuan mengukur baik buruknya suatu cerpen yang ditulis. Sehingga secara singkat dapat diartikan bahwa resensi cerpen adalah tulisan yang berisi ulasan tentang nilai sebuah naskah cerpen.

Resensi cerpen berisi tulisan yang memberikan gambaran keseluruhan di dalam isi cerpen secara singkat tetapi tetap disajikan dengan jelas. Di dalam melakukan resensi cerpen, tentu memuat struktur resensi cerpen yang selanjutnya secara rinci akan dijelaskan di pon selanjutnya.

Sebelumnya kita sudah membahas cara meresensi sebuah buku, apabila belum membaca, sebaiknya kalian baca terlebih dahulu ya, pada artikel cara menulis resensi buku.

Tujuan dari Resensi Cerpen

Dibuatnya resensi cerpen pasti tak lepas dari tujuan yang ingin digapai. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari menulis resensi cerpen.

1. Memberikan Informasi Mengenai Isi Cerpen

Melakukan resensi cerpen bertujuan untuk membantu penulis dalam memberi informasi tentang isi cerpen kepada calon pembaca. Dengan adanya resensi cerpen, maka calon pembaca akan mengetahui berbagai aspek di dalam cerpen dan juga mengetahui penilaian baik buruk di dalam cerpen.

Ini penting agar calon pembaca tepat dalam memilih cerpen sesuai yang mereka kehendaki dan mereka butuhkan agar tidak buang-buang uang dan waktu.

2. Memberikan Saran Terhadap Cerpen

Selain dari segi pembaca, menulis resensi cerpen juga memiliki tujuan untuk memberikan saran kepada penulis atau penerbit yang menulis dan menerbitkan cerpen tersebut. Adanya saran dari resensi tentang cerpen yang ditulis adalah untuk meningkatkan kualitas cerpen, baik dari segi penulisan maupun cetakan, dan lain sebagainya. tanpa mengurangi nilai pada cerpen tersebut.

3. Membantu Audience Berpikir Kritis

Membuat resensi cerpen juga dapat memancing audience untuk berpikir kritis. Hal ini juga penting sebagai masukan dan juga referensi dari pengarang atau penulis lain sehingga dapat menulis dan memahami isi cerpen dengan lebih baik dan mendalam.

Manfaat Resensi Cerpen

Selain tujuan, resensi cerpen juga memiliki manfaat tersendiri. Berikut adalah manfaat melakukan resensi cerpen.

1. Nilai Ekonomis

Melakukan resensi cerpen mampu meningkatkan nilai ekonomis. Artinya, penulis yang resensinya dimuat baik jika mereka melakukan resensi cerpen atau jenis buku lain tentu akan mendapatkan imbalan baik berupa uang atau barang lainnya jika resensinya dimuat di surat kabar atau majalah.

Tak hanya itu, menulis resensi buku juga bisa memungkinkan Anda membuka peluang untuk mendapatkan honor dari penerbit buku yang menerbitkan cerpen tersebut atau sebagai ajang membuat konten berupa resensi buku.

2. Sebagai Sarana Promosi

Resensi cerpen juga bisa dilakukan sebagai ajang atau sarana promosi cerpen baru. Cerpen yang ditulis oleh penulis tentu tidak selalu langsung laris, oleh sebab itu, penting dilakukan resensi buku untuk mengenalkan kepada khalayak umum tentang adanya suatu cerpen yang patut dibaca dan juga dibeli.

Dengan demikian, maka resensi cerpen bisa dijadikan ajang untuk mempromosikan cerpen yang ditulis.

3. Sebagai Bahan Pertimbangan

Menulis resensi cerpen juga dapat membuat munculnya pengaruh dari pembaca tentang cerpen yang akan dibacanya. Oleh sebab itu, dengan adanya resensi buku, maka pembaca dapat mempertimbangkan apakah cerpen tersebut cocok dan layak dinikmati atau tidak.

4. Mengembangkan Kreativitas

Terakhir, resensi cerpen sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas menulis bagi para peresensi. Sehingga biasanya resensi cerpen dilakukan para penulis sebagai ajang mengembangkan kreativitas di jalur yang tepat.

Struktur Resensi Cerpen

Agar lebih memahami cara membuat atau menulis resensi cerpen, berikut ini harus dipahami tentang struktur yang ada di dalam resensi cerpen.

1. Judul

Bagian pertama yang harus ditulis di dalam resensi cerpen adalah judul. Judul harus dibuat semenarik mungkin dan relevan dengan isi resensi cerpen yang ditulis.

2. Data Buku

Selain judul, di dalam resensi buku juga harus berisi mengenai informasi penting dari detail buku yang agar diulas, mulai judul buku, penerbit, penulis, tahun terbit, dan lain sebagainya.

3. Pendahuluan

Pendahuluan pada resensi cerpen ini berisi perkenalan penulis atau pengarang cerpen, bagaimana proses penulisan, dan apa tema cerpen.

4. Tubuh dan Pernyataan Resensi

Bagian ini berisi mengenai sinopsis yang dilengkapi dengan kutipan yang paling berkesan. Jangan lupa juga menuliskan kelebihan dan kelemahan cerpen, serta rumusan kerangka cerpen yang dilengkapi dengan tinjauan cerpen dan kesalahan yang ada di dalam cerpen tersebut.

5. Penutup

Bagian penutup berisi kesimpulan dan penjelasan tentang layak atau tidaknya cerpen tersebut dibaca dengan alasan yang logis atau masuk akal.

Cara Resensi Cerpen

Berikut adalah cara atau langkah menulis resensi cerpen.

1. Menentukan Cerpen

Tentukan dulu cerpen yang akan diresensi. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan untuk menulis resensi cerpen, yang paling utama adalah cerpen tersebut harus memenuhi kriteria dan berisi tentang persoalan yang sedang hangat dibicarakan, bagus, atau belum pernah diresensi, dan merupakan terbitan baru.

2. Membaca Cerpen yang Akan Diresensi

Selanjutnya, Anda harus membaca dulu cerpen yang akan diresensi tersebut.  Dengan membaca secara lengkap dan juga selesai, maka Anda dapat mengenal berbagai aspek yang terdapat di dalam cerpen sehingga dapat memiliki gambaran mengenai isi dari cerpen tersebut.

Catat bagian penting yang ditemukan saat membaca cerpen dan sekiranya dibutuhkan untuk menulis resensi dan tentukan angle menarik dari cerpen tersebut untuk diresensi.

3. Pilih Teknik Menulis

Anda bisa memilih satu di antara beberapa teknik menulis resensi cerpen yang sesuai, yaitu misalnya teknik cutting dan glueing, teknik focusing, atau teknik comparing. Dalam menentukan teknik, pertimbangkan apakah cerpen tersebut tepat dan cocok diresensi dengan teknik tersebut.

4. Menulis Sesuai Unsur Resensi

Perhatikan unsur cerpen yang diresensi dan rekam gambaran atau ulasan yang akan diangkat dan perhatikan beberapa struktur atau unsur menulis resensi. Tulis resensi cerpen tersebut sesuai dengan urutan atau struktur resensi cerpen.

Salah satu isi dari resensi buku adalah menuliskan kekurangan dan kelebihan bukunya. Nah, berikut 10 contoh kelebihan buku dalam resensi.

5. Baca Ulang

Terakhir, setelah resensi cerpen sudah jadi, baca ulang untuk meneliti apakah ada kesalahan penulisan atau pemilihan kata dan lakukan koreksi jika masih ada yang perlu direvisi.

Contoh Resensi Cerpen

Judul CerpenGubuk Kecil di Tepi Sungai
Judul ResensiPenyesalan Seorang Pemulung
PenulisSari Narulita
Tebal Buku32-32
Penerbit/CetakanGramedia Pustaka Utama/Cetakan 1, 2014
ISBN978-602-03-0733-6

Pengantar Isi

Buku ini berisi kumpulan cerpen yang berjumlah 13 cerpen yang memiliki benang merah sama yaitu masalah cinta. Cinta antara seorang pria dan wanita menjadi sub tema yang paling banyak di cerpen ini. Contohnya pada cerpen Di Balik Mega dan cerpen Lebih Indah daripada Cinta.

Dalam kumpulan cerpen ini, mayoritas tokoh utamanya adalah seorang wanita, tetapi di antara pemeran tokoh wanita, hanya ada tiga cerpen yang tokoh utamanya pria itu pun porsinya sama dengan tokoh perempuannya.

Ringkasan Isi

Kumpulan cerpen ini menceritakan lika-liku asmara atau percintaan dari berbagai cerpen yang semuanya memiliki tulisan yang terstruktur, sistematis, dan ringan sehingga mudah dipahami. Akan tetapi, kekurangan dalam kumpulan cerpen ini adalah semua aspek yang ada di dalam cerpen kurang mendalam.

Hal ini sehingga cerpen yang ditulis di kumpulan cerpen sifatnya sangat ringan dan juga kurang memiliki nilai moral atau amanat yang tinggi bagi pembaca. Sehingga cerpen ini hanya cocok untuk kaum remaja yang mana mencari hiburan melalui bacaan cerpen cinta-cintaan.

Ada beberapa artikel lain terkait resensi lainnya yang wajib kalian baca juga.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis