Deskripsi Cerita Wattpad: Manfaat dan Cara Menulis

Deskripsi Cerita Wattpad
Salah satu poin penting supaya cerita yang Anda buat di wattpad banyak yang baca, yaitu cek deskripsi. Berikut cara deskripsi cerita wattpad.

Apa Itu Deskripsi Cerita Wattpad? Deskripsi cerita wattpad merupakan uraian singkat cerita. Deskripsi cerita wattpad dapat pula diartikan sebagai ringkasan cerita agar pembaca memahami garis besar cerita yang hendak disampaikan. 

Penulisan deskripsi cerita wattpad maksimal hanya 2.000 karakter saja. Jika deskripsi kelebihan dari jumlah karakter di atas, maka apa yang dibuat tidak akan tersimpan. Jadi, jika ingin aman bisa buat deskripsi cerita wattpad kurang dari 2000 karaker. 

Pembuatan deskripsi cerita wattpad juga tidak diperkenankan untuk menyimpan link tautan. Hal ini dilakukan untuk menjaga tingkat keamanan dari pengguna wattpad itu sendiri.

Manfaat Menulis Deskripsi Cerita 

Buat Anda yang ngaku suka dengan menulis fiksi, namun belum memiliki cukup keberanian untuk memulai menulis, Maka Anda bisa mencoba menuangkan ide cerita di wattpad. Karena ketika Anda menuliskannya di sana, ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan loh. Penasaran apa saja sih? 

1. Strategi Marketing Tulisan

Kita tahu bahwa tidak semua orang bisa menjadi penulis terkenal. Karena untuk menjadi penulis terkenal dibutuhkan jam terbang dan sebanyak mungkin karya. Salah satu upayanya adalah memperkenalkan diri karya atau cerita ke pembaca. 

Dari sekian banyak cara untuk memarketingkan karya cerita Anda, maka Wattpad salah satu yang paling prospek. Anda pun juga bisa mencobanya di sini.

2. Meyakinkan Pembaca untuk Baca 

Adapun manfaat menulis deskripsi cerita di wattpad, fungsinya untuk meyakinkan pembaca untuk membaca. Jadi deskripsi cerita wattpad ini posisinya sama seperti sinopsis cerita, yang memiliki peran untuk membangun rasa penasaran dan menarik perhatian calon pembaca. 

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

3. Sebagai Sinopsis Singkat 

Yap, seperti yang sudah disinggung sedikit di atas. Deskripsi cerita wattpad sebagai sinopsis singkat yang memiliki kekuatan persuasive yang paling berpengaruh. Itu sebabnya tulis deskripsi cerita semenarik mungkin. Karena daya tarik dan pesona karya ada di bagian ini.

ad inserter captain halim

Bagaimana? Dari ketiga manfaat menulis deskripsi cerita wattpad di atas menarik bukan? Meskipun terlihat sepele, namun deskripsi cerita wattpad memiliki power yang cukup berpengaruh untuk menarik daya tarik calon pembaca. 

Cara Menulis Deskripsi yang Baik 

Lalu bagaimana cara menulis deskripsi wattpad yang baik? Tentu Anda pun juga ingin bisa menulis semenarik mungkin untuk menarik minat pembaca bukan? Tenang, berikut beberapa tips cara yang bisa Anda coba. 

1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami 

Pastikan Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Karena konteksnya menulis cerita fiksi, sebenarnya untuk penggunaan bahasa Anda bisa bebas eksplorasi. Namun jika konteks pembacanya adalah nasional, akan lebih mudah dipahami jika menggunakan bahasa pemersatu, yaitu bahasa ibu. 

Hindari penulisan menggunakan bahasa daerah. Meskipun tidak ada larangan untuk menggunakan bahasa daerah. Jika terpaksa menggunakan bahasa daerah, Anda bisa menyertakan arti bahasa. Karena wattpad ini yang membaca tidak satu daerah, tapi beberapa daerah. 

2. Menggambarkan Genre Cerita 

Tidak berhenti sampai disitu saja. Anda pun juga perlu memperhatikan genre yang akan ditulis. Sementara untuk jenis genre ada banyak. Mulai dari genre romantis, fanfiction, misteri, fantasi, science fiction dan masih banyak lagi.

Umumnya, genre yang diangkat juga akan mempengaruhi gaya bahasa yang digunakan. Termasuk segmentasi pembaca juga berpengaruh. Misalnya segmentasinya untuk anak-anak SMP-SMA dengan pembaca dewasa, jelas cara penyampaiannya pun biasanya juga akan berbeda. 

3. Bikin Penasaran Sama Klimaks Cerita 

Entah itu genre romantic, misteri, fantasi atau apapun itu pastikan cerita dikemas semenarik mungkin. Sebisa mungkin untuk membuat calon pembaca penasaran. Ketika calon pembaca sudah penasaran, maka mereka pun akan meluangkan waktu untuk membaca karya Anda. 

Seringkali ide cerita dan alur sudah bagus, namun kadang cerita itu masih terasa membosankan. Nah, hindari hal-hal seperti ini. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa mengakalinya dengan membuat klimaks cerita seseru mungkin. Buat konflik agar emosi pembaca terbawa dan menikmati dengan kejutan-kejutan cerita yang Anda tawarkan. 

4. Cek Ulang Deskripsi Minimal 3 Kali 

Tidak dapat dipungkiri jika karya yang bagus tidak hanya karena ide dan keterampilan si penulis dalam mengemasnya. Tetapi juga faktor ketelitian akan menentukan. Maka dari itu, setelah cerita selesai ditulis, Anda bisa cek ulang deskripsi cerita wattpad. 

Bahkan membaca sekali dan dua kali saja tidak cukup. Minimal Anda membaca hingga tiga kali untuk menghasilkan deskripsi cerita yang enak dibaca. Mungkin ada diantara Anda yang bertanya, perlukah di cek ulang berkali-kali?

Jawabannya adalah perlu! Bahkan dibaca tiga kali lebih, masih ada potensi terjadi kesalahan. Kenapa terjadi demikian? Karena penulis memiliki perasaan subjektifitas terhadap karyanya. Dimana penulis merasa sudah sempurna dan tidak ada kesalahan. Namun ketika dibaca orang lain, masih ada kesalahan.

Setidaknya dengan cek ulang minimal tiga kali dapat meminimalisir hal-hal seperti itu. Sehingga pembaca juga lebih nyaman menikmati karya Anda. Jika Anda tidak cukup ada waktu, dan Anda punya cukup biaya, tidak ada salahnya pun tim editor untuk mengecek deskripsi cerita. Tapi sepertinya sedikit penulis yang melakukan cara ini. 

Bagaimana? Sampai di sini Anda bisa mencoba menulis deskripsi cerita wattpad. Siapa tahu karya tulisan Anda mampu menarik minat pembaca. Siapa tahu juga, Anda salah satu penerus penulis berbakat yang akan memeriah kancah dunia sastra. Siapa tahu? Tidak ada yang tidak mungkin. Dunia ini penuh misteri.

Anda cukup melakukan apa Anda sukai dan nikmati prosesnya. Semoga artikel ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait Wattpad Lainnya

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait