⚡ Promo Diskon Akhir Tahun | diskon 30% + 20% dan bonus eksemplar up to 10

Lihat Selengkapnya

Jenis-Jenis Resensi dan Penjelasannya

Jenis Resensi Karya

Secara umum, resensi adalah hal-hal yang membicarakan dan perbincangan tentang buku. Nah, ada banyak jenis resensi yang sebaiknya diketahui supaya lebih bisa tepat sasaran dalam membuat resensi.

Menutut, Saryono (1997), Resensi merupakan sebuah tulisan berupa esai juga bukan merupakan bagian sebuah ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. 

Sebuah resensi sangat penting bagi sebuah buku. Kenapa? Sebab semakin banyak yang resensi akan menaikkan juga nilai jual dan jumlah penjualan dari buku sebab pembeli sangat ingin mengetahui apa saja yang ada dalam sebuah buku dan apakah layak untuk dibeli sesuai kebutuhan.

Nah, apa saja jenis-jenis resensi itu sendiri supaya buku bisa semakin banyak yang beli, banyak yang penasaran dan juga bisa sesuai dengan ekspektasi.

Jenis-Jenis Resensi

Secara umum, terdapat 3 jenis resensi yaitu deskriptif, informatif dan evaluatif. Namun, ketiganya bisa digabungkan dalam melakukan resensi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif merupakan resensi yang membahas secara lengkap dan detail sampai pada setiap bab dalam sebuah karya tulis ataupun buku.

Sebelum melanjutkan membaca, ada kabar baik buat kamu, buknes lagi ada promo PDKT bareng Bukunesia, Diskon hingga 50% dan bonus eksemplar up to 10. Baca lebih lanjut yuk!

2. Resensi Informatif

Resensu informatif, ulasan yang berisi informatif suatu karya yang biasanya ditulis dalam bentuk ringkasan dan rangkuman mengenai substansi yang dibahas dalam buku.

3. Resensi Evaluatif

Ulasan yang berisi penilaian mengenai suatu karya. Dalam resensi ini tetap ada bagian rangkuman dan ringkasan, tetapi bukan menjadi poin utamanya. Hal yang utama dibahas dalam resensi jenis ini adalah penelitian kelebihan dan kekurangan sebuah karya atau buku.

4. Resensi Informatif-Evaluatif

Ulasan buku atau karya yang merupakan gabungan atau perpaduan dari ringkasan karya dan penilaian kelebihan dan kekurangan sebuah karya. Selain itu, akan ada juga evaluasi dari seorang penulis resensi secara subjektif.

Baca juga: Contoh Kelebihan Buku untuk Resensi

promo akhir tahun bukunesia

5. Resensi Kritik

Resensi kritik merupakan resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu yang ada standar ataupun kriteri-kriteria pasti dalam membuat sebuah resensi.

Nah, itu ada 3 jenis resensi yang dikembangkan menjadi 5 jenis resensi, yaitu resensi deskriptif, informatif, evaluatif, informatif-evaluatif dan resensi kritik.

Semoga penjelasan resensi diatas dapat menjadi pengetahuan baru untuk kamu apalagi seorang yang kerjanya peresensi. Selain artikel ini, baca juga artikel lain yang berkaitan dengan resensi berikut.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis