6 Manfaat yang Diperoleh Dengan Menulis Puisi

beberapa manfaat yang diperoleh dengan menulis puisi

Ternyata, ada beberapa manfaat penting yang tidak diketahui orang banyak apabila kita suka menulis puisi. Manfaat menulis puisi tersebut tidak banyak diketahui orang karena menganggap bahwa menulis puisi adalah kegiatan yang buang-buang waktu.

Padahal ya kalau tau, pasti sudah pengen sekali menulis puisi dan mengasahnya mulai dari sekarang. Emang apa saja manfaatnya? Berikut ini ada beberapa manfaat menulis puisi ya.

1. Meningkatkan Kreativitas

Pertama, seorang penulis puisi akan bisa lebih kreatif dibandingkan dengan yang lainnya, khususnya dalam karya sastra dan mengolah kosa kata menjadi sebuah bait yang menarik dan penuh makna.

Dalam menulis puisi, tak hanya sekadar menulis saja ya, ingat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari pemilihan tema, pemilihan kosa kata, rima, irama, gaya bahasa dan lain sebagainya. Banyak banget kan? Kalau gak terbiasa dan gak kreatif pasti akan kesusahan dalam menulis sebuah puisi yang singkat pun.

2. Meningkatkan Kepekaan

Kedua, menulis puisi adalah seni dalam mengamati. Mengapa mengamati? Karena dalam puisi minimal ada pesan yang disampaikan entah itu keresahan diri sendiri maupun orang lain. Tidak hanya keresahan tetapi juga yang lainnya yang bersifat positif juga boleh.

Namun, untuk mendapatkan ini tidaklah mudah karena harus bisa “merasa” dan bisa “menganalisis” apa yang sedang dia rasakan dan amati pastinya sebelum dituangkan dalam sebuah kata-kata. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa pahami khusus pada artikel 8 Cara Menemukan Ide Menulis Puisi.

3. Mengutarakan Perasaan

Ketiga, bisa menyampaikan perasaan yang sedang dipendam dirinya sebagai penulis atau orang lain yang memendam perasaan, tetapi tak bisa menyampaikannya. Kadang kita sangat emosional ketika melihat hal yang tidak sepatasnya dilakukan.

Saking emosinya kita kadang ingin melakukan hal tersebut kepada orang yang bersalah. Namun, dengan adanya menulis puisi, emosi yang gak bisa disampaikan bisa juga diubah bentuknya menjadi sebuah puisi yang mewakili perasaan penulisnya (penyair).

4. Melatih Berani dan Percaya Diri

Menyuarakan pendapat sangatlah berat apalagi buat kalian yang tak terbiasa berbicara di depan umum. Salah satu langkahnya bisa dengan menulis esai, esai ataupun opini. Namun, dalam menulispun kadang juga dihantui dengan ketakutan apabila disalahkan dan lain sebagainya.

Jadi, apabila kalian sudah berani menulis puisi dan juga sampai mempublikasikannya, maka saya akui kalian sudah hebat dan berani bersuara. Lanjutkan berkarya dan tunjukkan kemampuanmu dalam menyampaikan ide, gagasan, kritik ataupun perasaan dalam utasa puisi.

5. Menghasilkan Karya

Punya karya. Pasti. Tidak semua orang punya karya yang bisa di dokumentasikan. Dengan membuat puisi kamu punya jejak sejarah yang bisa saja akan dipahami dan dikenal di masa yang akan datang. Selain itu, karya ini sangatlah mahal.

Karya-karya puisi yang sudah banyak dan terkumpul sebenarnya bisa dijadikan karya yang fenomenal dengan menerbitkannya menjadi buku antologi puisi. Jika ingin tau caranya, silakan kalian baca penerbit buku antologi.

6. Mendapat Penghargaan

Terakhir tapi bukan akhir. Kenapa? karena banyak manfaat puisi yang lebih luas lagi dan beda-beda dirasakan oleh penulisnya. Terakhir ini adalah kalian bisa hidup dan berharga melalui puisi.

Puisi tak sekadar hanya karya yang diciptakan karena menganggur saja. Namun bisa menghasilkan uang, bisa sebagai apresiasi diri dan bahkan mendapatkan penghargaan yang tinggi. Kalian bisa penghasilan uang dengan menulis puisi dengan mengirimkan puisi-puisi buatanmu ke berbagai media cetak maupun media online. Baik surat kabar, majalah, atau tabloid.

Udah pernah nyoba? Kalau belum, coba deh. Rasanya legit.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis