Apa itu Membaca Memindai: Teknik dan Tujuan

apa itu membaca memindai

Kamu pasti pernah belajar mengenai teknik membaca memindai semasa di sekolah kan? Nah, Teknik membaca memindai ini tidak hanya membantu kita menyelesaikan sebuah bacaan lebih cepat, tetapi juga memiliki teknik, tujuan dan manfaatnya.

Pada dasarnya, membaca memindai adalah teknik screening yang diterapkan dalam sebuah tulisan atau bacaan. Bahkan, teknik membaca memindai ini mungkin akan dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari setelah lulus sekolah.

Karena itu, Kamu perlu memahami pengertian membaca memindai secara umum, tujuan, manfaat dan langkah-langkah membaca memindai

Pengertian Teknik Membaca Memindai

Membaca memindai adalah teknik membaca untuk memperoleh informasi tanpa membaca hal-hal lain dengan cepat dan tepat. Cara membaca memindai ini juga dikenal dengan istilah scanning.

Membaca memindai juga merupakan cara membaca informasi secara sekilas dan cepat, tetapi tetap teliti untuk menemukan dan mendapatkan informasi tertentu atau fakta dari suatu bacaan.

Teknik membaca memindai salah satu jenis membaca ekstensif atau membaca bacaan dengan cepat dan dibaca menyeluruh untuk mendapatkan isi, arti atau makna dari sebuah bacaan.

Teknik membaca memindai diterapkan ketika membaca buku yang memiliki indeks. Misalnya, kamus, ensiklopedia atau buku telepon. Semua buku itu tersusun secara alfabetis atau berdasarkan urutan abjad sehingga seseorang lebih mudah memperoleh informasinya.

Tujuan Membaca Memindai

Dalam kehidupan sehari-hari, Cara membaca memindai atau scanning ini bertujuan untuk menemukan atau memperoleh topik tertentu, memilih acara tertentu, mendapatkan kata di dalam kamus, mencari nomor telepon di dalam buku petunjuk telepon, mencari entri pada indeks dan lainnya.

Selain itu, membaca memindai juga bertujuan mencari fakta atau informasi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, seperti kata dalam kamus, informasi di ensiklopedia, informasi dalam indeks, nomor rekening bank, nomor peserta ujian, angka-angka statistik dan lainnya.

Berikut ini, penjabaran setiap tujuan dari membaca memindai.

1. Menemukan topik tertentu

Topik adalah inti dari seluruh isi bacaan yang ingin disampaikan atau biasanya dikenal sebagai topik pembicaraan. Topik juga suatu hal yang pertama kali ditentukan oleh penulis sebelum membuat tulisan.

Setelah mereka menemukan topik untuk membuat tulisan, penulis pun akan mengembangkan topik itu dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.

banner-di-artikel (1)

Teknik membaca memindai ini bisa membantu menemukan topik tertentu dalam sebuah bacaan. Karena, Kamu akan membaca keseluruhan isi bacaan dengan cepat sehingga bisa langsung menarik informasi mengenai topik tulisan tersebut.

2. Memilih acara tertentu

Dalam bahasa Indonesia, acara untuk mengungkapkan agenda, hal atau pokok masalah yang akan dibahas dalam rapat atau musyawarah. Cara membaca memindai ini bisa membantu mencari atau memilih acara atau agenda tertentu. Karena itu, Cara membaca memindai ini bisa membantu mencari jadwal kereta, pesawat, acara televisi, radio atau agenda lainnya.

3. Menemukan kata dalam kamus

Teknik membaca memindai juga bisa membantu menemukan kata dalam kamus. Jadi, Cara membaca memindai ini seolah kita sedang menggunakan perintah “find” pada komputer. Kita bisa membaca kamus secara cepat yang terpusat di tengah-tengah, tidak berpindah dari kiri ke kanan untuk menemukan kata yang dibutuhkan.

4. Mencari nomor telepon dalam buku petunjuk telepon

Membaca memindai juga bertujuan mencari nomor telepon pada buku telepon. Karena itu, cara membaca memindai ini disebut juga scanning. Kita bisa menerapkannya ketika mencari nomor telepon tertentu dengan cara langsung fokus pada huruf awalnya yang digunakan untuk menyimpan dan menuntutnya di buku telepon.

5. Mencari entri pada indeks

Teknik membaca memindai juga dibutuhkan untuk mencari entri pada indeks. Sebab, cara membaca memindai ini bisa membantu kita menemukan informasi bacaan secara tepat dengan cara membaca halaman demi halaman, sehingga cocok untuk mencari entri pada indeks.

Langkah-langkah Membaca Memindai

Secara umum, membaca memindai itu seperti menggunakan perintah “find” dalam Microsoft Word. Cara membaca memindai ini dilakukan dengan cara membaca mulai dari atas ke bawah, seperti scanning.

Tapi, fokus Kamu tidak boleh berpindah-pindah dari kiri ke kanan. Kamu harus fokus di tengah-tengah untuk membaca sebuah bacaan dari atas ke bawah secara cepat dan tepat.

Setelahnya, kita bisa melebarkan sudut pKamung untuk menemukan semua kata di bagian paling kiri maupun paling kanan dalam satu halaman. Cara inilah yang membuat kita bisa membaca sebuah bacaan dengan cepat dan tepat.

Berikut ini, langkah-langkah membaca memindai untuk mencari kata dan arti di dalam kamus.

1. Tentukan kata yang ingin dicari

Langkah pertama membaca memindai adalah menentukan kata yang ingin dicari dalam teks atau bacaan terlebih dahulu. Kemudian, kita bisa membacanya dari atas ke bawah tanpa melihat ke kanan maupun ke kiri.

Jika Kamu sudah menemukan kata yang dicari, maka Kamu bisa menKamuinya, mencatat nomor halamannya dan paragrafnya agar lebih mudah untuk mencari kembali. Dengan begitu, cara membaca memindai ini sangat mudah untuk menemukan kata-kata yang ingin dicari.

2. Cari huruf awalan kata yang dicari

Langkah kedua, Kamu bisa mencari atau membuka halaman yang sesuai dengan huruf awalan kata yang dicari. Maksudnya, kamus biasanya mengelompokkan setiap kata sesuai dengan huruf awalnya yang diurutkan berdasarkan alfabet.

Dengan begitu, Kamu bisa membuka halaman dengan huruf awalan kata yang dicari. Kemudian, Kamu bisa mulai membaca memindai untuk mencari kata yang dibutuhkan dengan cepat.

Misalnya, Kamu mencari kata “frasa”. Kamu bisa membuka langsung halaman yang awalan hurufnya “F”. Setelah itu, lakukan teknik membaca memindai untuk mencari kata “frasa” dalam kamus.

3. Baca arti kata yang dicari dengan teliti

Langkah ketiga adalah pahami arti atau makna dari kata yang dicari. Setelah Kamu menemukan kata yang dicari menggunakan teknik membaca memindai, Kamu bisa meneliti arti dan maknanya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak.

Selain tiga langkah di atas, Kamu juga harus memberikan beberapa hal ketika membaca memindai, antara lain:

  1. Memperhatikan ejaan kata dengan seksama
  2. Perhatikan cara pengucapan panjang dan pendeknya sebuah kata, serta penekanannya
  3. Perhatikan asal-usul kata yang ingin dicari
  4. Jangan terburu-buru memastikan arti atau makna sebuah kata
  5. Perhatikan kalimat yang menjelaskan arti kata tersebut

Manfaat Membaca Memindai

Adapun beberapa manfaat dari teknik membaca memindai untuk sebuah teks atau bacaan, antara lain:

1. Mampu menyelesaikan satu bacaan dalam waktu singkat

Teknik membaca memindai ini bisa membantu kita menyelesaikan suatu bacaan atau wacana dalam waktu singkat, meskipun teks-nya cukup panjang. Karena, mata kita fokus di bagian tengah untuk membaca dari atas ke bawah tanpa melirik ke kanan atau ke kiri. Sehingga, kita lebih fokus dan cepat dalam membaca sebuah teks, seperti halnya alat teknologi yang sedang melakukan scanning.

2. Lebih cepat menemukan informasi yang dicari

Teknik membaca memindai ini akan memudahkan pembaca untuk mencari atau menemukan informasi yang dibutuhkan lebih cepat. Meskipun kita tidak melirik ke kanan dan ke kiri ketika membaca, kita bisa memperluas sudut pKamung yang membantu kita melihat kata di ujung kiri maupun kanan. Pada akhirnya, kita bisa lebih cepat menemukan kata yang dicari.

3. Mempermudah pekerjaan agar lebih cepat selesai

Teknik membaca memindai juga diterapkan untuk membaca berbagai jenis sumber bacaan, terutama di momen ketika kita dituntut bekerja cepat dalam mencari sebuah informasi atau kata. Sehingga, cara membaca memindai ini akan mempermudah pekerjaan kita agar lebih cepat selesai.

4. Memudahkan pembaca memahami informasi

Cara membaca memindai juga memudahkan pembaca untuk memahami informasi dan fakta yang ada dalam sebuah bacaan. Karena, kita lebih fokus membacanya meskipun durasinya cukup singkat. Tapi, informasi yang disampaikan dalam bacaan menjadi lebih mudah dipahami.

5. Membantu mempertimbangkan berbagai keputusan

Teknik membaca memindai juga membantu kita untuk mempertimbangkan berbagai keputusan, salah satunya pembuatan laporan kegiatan. Kita bisa membuat laporan kegiatan atau agenda dengan penyajian yang lebih sederhana dan mudah dipahami dalam sekilas.

Meskipun teknik membaca memindai ini memiliki 5 manfaat utama, Kamu. Teknik membaca memindai ini juga memiliki kekurangan, yakni pembaca menjadi kurang paham mengenai keseluruhan isi materi dalam sebuah bacaan. Karena, pembaca akan lebih fokus pada mencari kata yang dibutuhkan daripada informasi dari bacaan.

Baca juga artikel penting lainnya dari Penerbit Buku Bukunesia

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis