Apa Itu Light Novel: Pengertian, Tujuan dan Ciri-Ciri

pengertian light novel

Pengertian Light Novel

Light novel terdiri dari 2 kata yaitu kata “Light” dan kata “novel”. Kata Light artinya singkat atau ringan dan novel adalah artikel prosa panjang berisi kumpulan cerita tentang kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekitarnya, menyoroti karakter dan sifat masing-masing aktor.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Light novel adalah novel yang ringan dengan jumlah halaman/kata tidak lebih banyak daripada novel pada umumnya. Dari segi ciri-ciri dan jenis-jenisnya masih sama seperti pada novel pada umumnya, namun poin penting fokus pada jumlah kata yang lebih sedikit dan cerita yang lebih ringkas.

Baca juga: Jenis Novel yang Wajib Diketahui Penulis

Tujuan Pembuatan Light Novel

Tujuan pembuatan novel jenis ini tujuan utamanya adalah supaya anak muda mau membaca buku minimal cerita. Nah, untuk yang pertama kali ingin suka membaca pasti akan susah apabila bacaannya panjang. Oleh karena itu, novel ringkas ini ditargetkan untuk para pembaca dikalangan remaja dan pemuda.

Nah, dengan begitu dan mengenal novel yang ringkas, maka kedepan diharapkan bisa menyukai novel versi penuhnya dan menikmati karya sastra lainnya.

Ciri-Ciri Light Novel

  1. Cerita yang diangkat dalam Novel ini kebanyakan menceritakan tentang kehidupan seorang laki-laki muda yang berusia dibawah 20 tahun-an. Tujuannya, supaya cerita yang dibawakan lebih menarik lagi.
  2. Banyak pilihan tema, mulai dari Action, Adventure, Comedy, Romance, dan genre lainnya.
  3. Lebih banyak kepada kalimat-kalimat percakapan.
  4. Bisa dibuat oleh semua orang.
  5. Jumlah Halaman Lebih sedikit daripada Novel Biasa.
  6. Hanya terdiri dari 40000-60000 kata saja.
  7. Terdapat ilustrasi karakter yang muncul di sampul novelnya, tujuannya untuk menarik anak muda mau membelinya.
  8. Target Penjualan dan pembaca adalah SMP, SMA, dan Mahasiswa
  9. Novel ini dapat dinikmati semua kalangan.

Nah, emang singkat sekali penjelasan novel jenis ini karena biasanya diproduksi kebanyakan oleh novelis dari Jepang. Namun, sekarang di Indonesia sudah mulai banyak juga novel ringan ini. Semoga bermanfaat dan bisa mulai menulis novel dari novel ringkas dulu ya.

Baca juga artikel penting lainnya dari Penerbit Buku Bukunesia.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis