Cara Membuat Puisi Anak SD yang Cepat dan Gampang

Cara Membuat Puisi Anak SD

Puisi anak SD sangatlah digemari saat ini, kumpulan puisi anak SD bisa menjadi referensi anak SD atau sebagai cerita yang dibacakan oleh orang tua mereka. Maka dari itu perlu adanya cara membuat puisi.

Kehadiran karya sastra itu penting. Maka tidak heran jika karya sastra pun sudah diperkenalkan sejak SD. Salah satu bentuk karya sastra yang diperkenalkan di SD adalah karya sastra puisi. 

Puisi diperkenalkan sejak SD karena lebih mudah dipahami dan mudah untuk dipraktekan. Nah, mungkin kamu salah satu yang sedang mendapatkan tugas cara membuat puisi untuk anak SD? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir, artikel kali ini kita akan bahas cara dan dibagian akhir akan kami berikan contohnya. 

Cara Membuat Puisi Untuk Anak SD 

Puisi adalah karya sastra yang paling singkat, bahasanya indah dan sangat mungkin dibuat oleh anak-anak SD. Kamu pun bisa membuatnya sendiri, berikut caranya. 

1. Menentukan Tema dan Judul 

Cara membuat puisi untuk anak SD yang paling awal adalah menentukan tema. Kamu bisa menentukan tema yang sesuai dengan kesukaan kamu. Jika suka kupu-kupu, kamu bisa menuliskan tentang kupu-kupu. Atau mungkin kamu suka dengan bunga, maka kamu pun bisa membuat puisi bunga. 

Selain menentukan tema, kamu pun juga bisa menentukan judul di bagian awal. Untuk masalah menentukan judul, setiap anak memiliki caranya masing-masing. Jika kamu merasa kesulitan menuliskan judul di awal, kamu pun bisa menuliskan judul setelah selesai membuat puisi loh. Nah, terkait untuk penulisan judul. Maka kamu bisa membuat judul yang menarik. Judul yang menarik adalah judul yang ditulis secara singkat, pada dan jelas. 

2. Menentukan Kata kunci 

Pasti banyak diantara kamu yang merasa kesulitan dan bingung bagaimana memulai menuliskannya bukan? Nah, kamu bisa memulainya dengan menentukan kata kunci. Kata kunci adalah kata yang berkaitan dengan tema yang kamu ambil. Kata kunci inilah yang akan menjadi dasar atau patokan. Kata kunci adalah dasar yang nanti bisa dikmbangkan dalam bentuk kalimat atauun kata-kata. 

Sebagai contoh, tema tentang buah-buahan. Maka kamu bisa kerucutkan fokus ke jenis buah apa? Misal Jeruk. Maka kata kunci yang kamu ambil bisa mengambil satu kata kunci dasar saja, misal bisa mengulas “manfaat jeruk”, “harga jeruk”, “kenangan makan jeruk” dsb. 

Promo Aksara Internasional Web 2

baca juga Teknik Membaca Puisi dan Penjelasannya

3. Menggunakan Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah seni memilih kata-kata yang memiliki makna kiasan. Dimana gaya bahasa ini memiliki seni keindahan yang akan memberikan kesan dan emosi pada puisi tersebut. Tidak hanya itu saja, ternyata kehadiran gaya bahasa pun mampu menghidupkan perasaan pembacanya juga loh. Gaya bahasa itu sendiri memiliki istilah lain, yang disebut dengan majas. Macam-macam majas pun ada banyak, kamu bisa baca artikel sebelumnya tentang jenis-jenis majas. 

4. Mengembangkan puisi 

Dari ketiga cara membuat puisi untuk anak SD di atas, maka tahap selanjutnya adalah mengembangkan puisi. Saat mngembangkan puisi, penyair dituntut untuk menuliskan semanarik mungkin. Kamu pun bisa mengembangkan dari tema yang sudah ditentukan. 

Kamu bisa mengembangkan dengan membagikan dalam susunan kata-kata dan per bait. Selama proses penulisan pun harus singkat, padat dan jelas, namun tetap memperhatikan unsur keindahan dan memiliki makna.

5. Membayangkan Susana 

Kamu masih merasa kesulitan membuat puisi? Jika iya, ada tips cara membuat puisi untuk anak SD dengan cara membayangkan suasana. Setidaknya dengan membayangkan suasana akan sangat membantu dalam mengembangkan kata-kata dan kalimat dalam puisi. 

Membayangkan suasana juga sangat membantu kamu untuk menemukan majas atau gaya bahasa pas. Tanpa harus kamu berpikir terlalu keras. Saat membayangkan suasana, kamu harus memiliki pengalaman. 

Panduan Expert: Menulis Novel Sampai Terbit

downloder ebook

1.000+ penulis sudah unduh dan baca e-book Panduan Menulis Novel ini!

Rp100.000 Gratis

Sebagai contoh, kamu ingin membuat puisi tentang kupu-kupu. Pasti kamu pernah melihat kupu-kupu secara langsung di suatu tempat bukan? Nah, kamu cukup mengingat kembali suasana yang terjadi di sana seperti apa. 

Kamu bisa merasakan apa yang terjadi waktu itu, misalnya udaranya sejuk, angina semilir, banyak pepohonan dan masih banyak pengalaman dan perasaan yang kamu rasakan oleh panca indra. Baik yang dirasakan oleh kulit, apa yang kamu lihat, apa yang kamu cium dan apa yang kamu dengar. 

6. Upah Cara Berfikir 

Rata-rata anak-anak SD mengeluh membuat puisi itu susah. Sebenarnya yang susah adalah anggapan kita. Maka dari itu, penting untuk mengubah cara brfikir. Ketika kamu mendapatkan tugas membuat puisi, ubah pandangan yang menilai membuat puisi itu membosankan, sulit dan menyebalkan. Ubah menjadi menyenangkan, menarik dan antusias. 

Maka, kamu pun akan lebih ringan dalam mengerjakan untuk membuat puisi. Jadi apa yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi. Jika terpaksa kamu tidak suka dengan tugas membuat puisi. Maka kamu bisa mengakalinya dengan membuat puisi yang menyenangkan dan pengalaman yang pernah membuat kamu bahagia. 

Misalnya, kamu punya pengalaman membahagiakan saat berlibur bersama keluarga, atau kamu punya pngalaman bermain secara asik bersama teman sepermainan kamu yang kocak dan lucu? Maka tulislah hal yang menyenangkan itu.

Itulah beberapa cara membuat puisi untuk anak SD. Buat kamu yang kebetulaln sedang mncari referensi cara membuatnya, tips ini bisa memberikan panduan buat kamu ya. 

Simak Manfaat yang Diperoleh Dengan Menulis Puisi

Contoh Puisi Untuk Anak SD 

Sudah membahas cara membuat puisi untuk anak SD, belum afdol jika tidak ada contoh puisinya. Nah, berikut kami buatkan contoh puisi untuk anak SD, semoga memberikan gambaran dan inspirasi buat kamu. 

1. Contoh puisi untuk Anak SD Tema Persahabatan 

Teman Kecil 

Karya : Irukawa Elisa 

Langit bergelayut, dan kilat sesekali menyapa 

Bukannya berteduh, aku dan Ali berlari di halaman rumah 

Tak lama, gerimis pun turun

Kita tertawa, brcanda, dan hati penuh rasa bahagia 

Kini aku sudah dewasa, teman kecilku, Ali belum juga bersua 

2. Contoh puisi untuk anak SD tema Alam

Kupu-kupu Di Taman Bunga

Karya : Irukawa Elisa

Awan putih berarak, seperti pengawal putri istana 

Matahari pun bersembunyi dibaliknya 

Teduh aku berjalan di kebun bunga 

Saat aku berhenti dan meletakan jari di kelopak bunga,

Kupu-kupu menyapa 

Harum serbuk bunga seolah akulah teman kupu-kupu nan cantik,

Hilir mudik kupu-kupu di sekitarku menambah keagunganku sebagai wanita 

Itulah aku suka dengan kebun dan kupu-kupu, karena bisa menyatu dengan alam. 

Itulah dua contoh puisi untuk anak SD yang kami buat untuk kalian. Kamu pun bisa membuat puisi lebih sederhana. Setidaknya dari contoh di atas dapat dilihat bahwasanya puisi tidak hanya menuliskan harapan, dan pesan yang hendak disampaikan. 

Tetapi juga dapat dilihat bahwasanya ada unsur yang menjadikan puisi lebih hidup. Yaitu adanya laporan pandangan mata yang dirasakan penulis melalui panca indra-nya. Yang kemudian dikemas ke dalam bahasa majas agar terlihat semakin lebih tegas dan lebih hidup.

Semoga sedikit ulasan tentang cara membuat puisi untuk anak SD ini tidak sekedar memberikan pemahaman dan wawasan. Tetapi juga membuka perspektif bahwa menulis puisi itulah tidaklah sulit. (irukawa Elisa)

Sudah Punya Rencana Menerbitkan Buku?
Terbitkan Sekarang Saja!

Untuk Anda yang sudah mencicil naskah buku atau sedang menulis naskah, lebih baik segera daftar menerbitkan buku di Bukunesia!

downloder ebook

Sudah hampir ratusan penulis dibantu Bukunesia untuk diterbitkan Bukunya dan penjualan buku yang eksklusif!

Ebook Menulis Novel: Panduan A-Z Lengkap

Percuma menulis novel tapi ga bisa terbit menjadi buku. Ingin menulis novel yang bagus dan ada sistematika yang menarik? Dapatkan Ebook Gratis Berikut.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo Hari Aksara Hero

Diskon Menerbitkan Buku Hingga 40%

Memperingati Hari Aksara Internasional. Daftar sekarang, karena terbatas 50 Naskah saja.