Kata Kerja Tindakan: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh

kata kerja tindakan

Kata kerja tindakan – saat membaca sebuah buku, kita tidak kurang peduli dan peka tentang struktur kalimat ataupun makna kata yang berdiri di dalamnya. Sementara buat penulis, penting sekali memperhatikan setiap kata yang kalimat yang dibuat. 

Berbicara pembuatan kata dan kalimat bermakna, terdapat satu istilah yang disebut dengan kata kerja tindakan. Lantas apa sih arti dari kata kerja tindakan dan ciri-cirinya? Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut. 

Pengertian Kata Kerja Tindakan Menurut Ahli

Kata kerja tindakan pada dasarnya sangat dekat dalam keseharian kita. Sayangnya sebagian kita banyak yang tidak peduli terkait istilah dan peranan kata itu sendiri. Sebagian dari kita hanya menggunakan kata-kata saja. 

Lantas yang terjadi di lapangan, saat ditanya tentang apa yang dimaksud kata kerja tindakan? Banyak yang kurang paham. Setelah dijelaskan, mereka pun akan berkomentar “Oh.. yang ini nama nya kata kerja tindakan.” Jawaban Oh ini salah satu hal yang sebenarnya sudah sering ditemukan dan digunakan, hanya saja tidak tahu peranan kata itu sendiri. 

Nah, agar kamu tidak mengalami hal serupa. Penting banget nih memahami makna kata kerja ini seperti apa. Berikut beberapa pendapat ahli. 

1. Sutarno 

Pengertian kata kerja tindakan yang ditulis Sutarno dalam buku berjudul Cermat Berbahasa Indonesia adalah kata yang menjelaskan atau mendeskripsikan peristiwa yang dialami oleh seorang tokoh secara fisik. Adapun bentuk kata kerja tindakan yang umum digunakan menggunakan awalan ‘me-‘yang lebih banyak kita temukan dalam kalimat aktif. 

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Pengertian kata kerja tindakan menurut KBBI pun tidak jauh beda dengan pendapat Sutarno. Jadi kata kerja jenis ini adalah bahasa paling kecil yang dapat berdiri sendiri. 

Dari dua pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kata kerja tindakan jenis kata baik itu kata sifat, kata kerja, kata baku ataupun bentuk kata lain yang memiliki makna. Kata-kata bermakna inilah yang kemudian digunakan oleh subjek maupun objek untuk menggambarkan situasi atau kondisi yang dirasakan dan bisa share berbagi pada pembaca lain.

Pengertian Secara Umum

pengertian secara umum, kata kerja tindakan dapat diartikan sebagai aktivitas atau tindakan yang dilakukan oleh orang. Kata kerja ini dapat pula diartikan sebagai kelompok kata terkecil yang memiliki makna dan lebih pas digunakan untuk kata kalimat aktif. Adapun ciri dari kata kerja tindakan, yaitu diawali dengan me dan ber. Untuk lebih lanjut ciri-cirinya bisa disimak di sub bab di bawah.

Ciri-Ciri Kata Kerja Tindakan

Kamu merasa kesulitan membedakan lebih spesifik kata kerja tindakan? Sepertinya ada banyak orang yang penasaran. Berikut ada beberapa ciri-ciri kata kerja tindakan menurut para ahli yang dapat kamu jadikan sebagai pembeda. 

1. Memiliki predikat (sebagai kata kerja) di dalam kalimat 

Kamu pasti ingat bukan? Bagaimana membuat struktur kalimat aktif? Yap betul sekali, struktur membuat kalimat aktif yang benar adalah tersusun atas kata Subjek, Predikat, Objek dan Keterangan (SPOK). Nah, salah satu ciri kata kerja tindakan ada pada unsur Predikat (P) yang memuat kata kerja. 

Barangkali ada yang bingung, seperti apa sih yang dimaksud kata kerja? Yaitu kata yang sedang menunjukan pekerjaan atau sedang melakukan sesuatu. Misalnya kata dasar yang dikenai imbuhan me maka berubah menjadi kata kerja. 

Contoh kata dasar “cari” tidak memiliki arti kata kerja tindakan. Namun setelah ditambahi “me” akan berubah “mencari” yang berubah menjadi kata kerja tindakan atau kata yang sedang melakukan sesuatu. 

2. Dapat Diubah Menjadi kalimat pasif 

Adapun ciri spesifik dari kata kerja tindakan yaitu dapat diubah menjadi kalimat pasif. Jadi buat kamu yang menemukan sebuah kalimat, dan kalimat tersebut tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif, maka kalimat tersebut bukan termasuk kata kerja tindakan. 

3. Bermakna proses 

Jika kamu menemukan sebuah kata kerja yang memiliki makna proses, maka itu dapat termasuk ke dalam kata kerja jenis  

4. Diikuti kata benda

Adapun ciri-ciri lain dari kata kerja tindakan, umumnya kata kerja sering diikuti dengan kata benda yang menyertai atau mengikutinya. 

5. Adanya kata Imbuhan 

Adapun ciri menonjol pada kata kerja tindakan, yaitu dapat ditambahi dengan kata imbuhan. Adapun bentuk kata imbuhan tersebut berupa imbuhan me-

  • Di-ber-
  • Ter-
  • Me-kan
  • Di-kan
  • Ber-an 
  • Memper-i
  • Memper-an

Nah, buat kamu yang menemukan salah satu bentuk imbuhan di atas, bisa langsung cek apakah benar sebagai kata kerja tindakan atau bukan. 

6. Didahului Dengan Pernyataan Waktu 

Sebenarnya ada banyak ciri-ciri kata kerja, salah satunya dapat ditandai lewat memperhatikan apakah kalimat tersebut diawali dengan pernyataan waktu? Jika ada pernyataan waktu, maka kata tersebut termasuk kata kerja. Oh iya, ciri kata waktu umumnya sering menggunakan kata ‘segera’, ‘sedang’, ‘ hamir’ dan ‘akan’.

Itulah beberapa ciri kata kerja tindakan. Jika dilihat dari ciri yang tertulis di atas, saya yakin kamu pun sebenarnya sangat sering menjumpai kalimat-kalimat tersebut. Mulai dari bacaan buku fiksi ataupun non fiksi. Semoga beberapa ciri di atas memberikan gambaran, pemahaman dan manfaat buat kalian ya. 

20 Contoh Kata Kerja Tindakan

Tidak semua orang membaca secara teori bisa langsung paham apa yang dimaksud dengan kata kerja tindakan. Nah, buat kamu nih yang kesulitan memahami penjelasan di atas. Berikut beberapa contoh kata kerja tindakan, yang semoga memudahkan dalam memahaminya.  

  1. Yusuf memakai topi saat matahari menyeringai di luar rumah. 
  2. Adel memakan nasi uduk saat sarapan
  3. Dokter memeriksa pasien yang positif covid-19
  4. Fanny melempar bola ke gawang sehingga ia memenangkan pertandingan
  5. Salma memukul kakaknya yang sering usil kepadanya
  6. Dono membaca buku cerita saat perjalanan pulang naik angkot
  7. Reni melindungi keluar dari lilitan hutang ilegal
  8. Komunitas Bala-bala mendirikan gedung untuk pertandingan bola 
  9. Reni memakan kudapan termahal di restoran mewah dan termahal 
  10. Pinok merindukan Rozak dengan sepenuh hati
  11. Mubid menyewa rumah selama dua tahun dengan harga murah
  12. Elisa mengupload video di Youtube 
  13. Khori akan memakan cilok dan soto di pasar malam nanti 
  14. Bapak Ardi membentengi rumah dengan pagar beton
  15. Rizal melempar mangga dari pohon
  16. Pak Barjo sedang mencangkul sawah dekat rumah 
  17. Aku menulis cerpen romantis 
  18. Dia memakan kue kakaknya diam-diam 
  19. Amboi, pemandangan yang luar biasa cantik!
  20. Wow, minuman ini sangat segar! Dan membuat ingin lagi.

Itulah dua puluh contoh kata kerja tindakan. Tentu saja masih banyak kalimat yang bisa kamu buat menjadi kata kerja tindakan. Semoga sedikit ulasan ini memberikan gambaran dan pemahaman. (Irukawa Elisa).

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis