bukunesia penerbit buku penggugah

Pengertian, Tujuan dan Contoh Sinopsis Buku Fiksi / Non Fiksi

Pengertian, tujuan dan contoh sinopsis
toko-open-po-darwis

Dalam menulis sinopsis buku tidaklah gampang karena sama halnya menulis isi dari buku itu sendiri, sehingga perlu memahami teknik supanya proses menjadi mudah dan hasilnya. Selain teknik pahami betul dari tujuan sinopsis buku secara benar seperti penjelasan dibawah ini.

Pengertian Sinopsis Buku

Sinopsis buku secara umum dapat diartikan sebagai ringkasan cerita buku yang dikemas dalam bahasa yang lebih singkat, padat dan jelas. Sementara menurut kamus besar bahasa indonesia, sinopsis buku adalah karangan ilmiah yang digunakan bersamaan dengan karangan asli, dimana penulisan sinopsis disampaikan ringkasan, ikhtisar ataupun abstraksi.

baca juga Sinopsis Novel: Manfaat serta Cara Membuatnya

Tujuan Sinopsis Buku

Lantas, kenapa sinopsis itu harus ditulis? Sebenarnya apa sih tujuan dari sinopsis? Berikut beberapa tujuannya.

1. Menggambarkan 

Sinopsis bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca, terkait tentang apa yang akan diceritakan, dan tema apa yang hendak diangkat dengan bahasa yang lebih sederhana, menarik namun padat. 

2. Membantu penikmat mengetahui Konsep Ide 

Disadari atau tidak disadari jika kehadiran sinopsis menjadi salah satu cara untuk membantu penikmat mengetahui ide yang diangkat penulis. Apabila buku tersebut memiliki konsep penyampaian yang menyenangkan, tentu saja cerita pun juga memiliki daya tarik tersendiri. 

3. Menarik Perhatian 

Saat membaca sebuah buku, apa yang mendorong kamu untuk membeli buku tersebut? Salah satu jawabannya adalah karena buku tersebut menarik.bagaimana tahu buku tersebut menarik? Dari cara sinopsis digambarkan dan disampaikan. Apalagi jika buku tersebut memiliki jumlah yang super tebal,minimal sinopsis membantu pembaca untuk memberikan ulasan secara garis besarnya. 

4. Meringkas 

Jika diperhatikan dari uraian di atas, salah satu tujuan sinopsis yang tidak kalah menonjol adalah, bahwa sinopsis upaya untuk meringkas atau memperpendek isi buku yang berpuluh-puluh lembar, bahkan beratus-ratus lembar. Sehingga, memudahkan pembaca mengetahui cuplikan isi buku yang hendak dibahas, versi detailnya. 

5. Sebagai Prolog/epilog

Berbicara buku, ada banyak sekali jenis buku. Mulai dari buku pendidikan, buku fiksi, hingga buku nonfiksi. Rata-rata setiap buku memiliki sinopsisnya. Salah satu tujuan sinopsis ditulis bertujuan sebagai prolog ataupun epilog dari karya buku sebelum dimulai masuk ke pembahasan buku dari penulis. 

6. Runtut dan Sistematis

Hal yang wajib diketahui oleh penulis saat membuat sinopsis, pastikan untuk menuliskan secara runtut, tersistematis dan sederhana. Hindari penulisan yang abstrak. Saat menulis sinopsis bisa langsung ke selling pointnya dan daya pikat buku kamu dengan buku lain yang memiliki keserupaannya.

7. Memudahkan Proses Seleksi Editor

Sinopsis tidak hanya membantu bagi pembaca saja. Tetapi juga banyak membantu pihak editor. INi berlaku buat penulis yang hendak memasukan naskah ke pihak penerbit, terutama penerbit mayor. Syarat naskah masuk ke pihak penerbit, maka pihak editor akan lebih mudah melihat sinopsis terlebih dahulu. Jika sinopsis menarik, maka isi buku baru di baca dan dipelajari lebih mendalam. 

Sebaliknya, jika synopsis tidak menarik bagi editor. Maka buku akan gagal masuk seleksi redaksi. Kecuali naskah yang dimasukan ke penerbit indie atau self publishing. Maka setiap naskah bisa langsung dipublikasikan, tanpa ada drama naskah ditolak. Salah satu jenis penerbit indie/self publishing (POD) adalah Deepublish. 

Itulah beberapa tujuan sinopsis cerita, yang sebenarnya jika dirasakan secara subjektifitas ada banyak tujuan dan manfaat yang akan diperoleh. 

Contoh Sinopsi Buku

Itulah tujuan dan sekilas pengertian umum tentang sinopsis. Rasanya kurang afdol jika tidak disertai dengan contoh sinopsis itu seperti apa. 

1. Contoh Sinopsis Buku 1

Berikut adalah contoh sinopsis yang pernah dipublikasikan oleh Deepublish, berjudul Pengantar Bakteriologi pada Penyakit Infeksi untuk ATLM, karya Putra Rahmadea Utami, A.MdAk., S.Si., M.Biomed.

Alam semesta yang maha luas ini diisi dengan jutaan bahkan milyaran makhluk hidup dari yang berukuran makro hingga mikroskopis. Salah satu makhluk hidup berukuran mikroskopis adalah bakteri. Jenis ini jumlahnya beragam dan teramat banyak. Bakteriologi adalah salah satu cabang ilmu yang dikhususkan untuk mempelajari makhluk hidup satu ini. tidak hanya mempelajari tentang nama dan jenisnya, bakteriologi juga mempelajari tentang sel bakteri, pengendalian bakteri, dan peranan bakteri sebab tidak dipungkiri bahwa mikroorganisme ini selain dapat menguntungkan manusia, juga kerap menjadi sumber penderitaan yang wajib dihambat pertumbuhan hidupnya. Buku ini membahas tentang rupa-rupa bakteri yang banyak ditemui berada di sekitar kita, juga jenis-jenis infeksi yang disebabkan oleh patogenesis bakteri tersebut, dan langkah-langkah pencegahannya.

2. Contoh Sinopsis Buku 2

Adapun contoh sinopsis yang dikemas lebih singkat. Masih mengambil sinopsis buku yang pernah diterbitkan oleh Deepublish,  karya Caswo berjudul Bagaimana Membuat Kartu Permainan Pembelajaran Konsep Dasar Matematika SD? 

Pembelajaran mata pelajaran Matematika SD melalui tiga tahapan, yaitu penanaman konsep, pemahaman konsep dan pembinaan keterampilan. Ketiga tahapan harus dilakukan secara runtut. Ketika penanaman konsep pembelajaran Matematika belum dilakukan dengan optimal maka siswa akan mengalami kesulitan pada tahapan pemahaman konsep dan pembinaan keterampilan.Buku ini memuat bagaimana cara membuat kartu permainan dan cara bermain sebagai upaya untuk mengoptimalkan penanaman konsep dasar pada pembelajaran matematika SD. 

3. Contoh sinopsis Cerita 

Jika dua contoh di atas bentuk sinopsis buku. Berikut adalah contoh buku cerita anak yang pernah saya tulis, berjudul “Jihan dan Pantai Kotor”. Sinopsis buku ini bahkan lebih singkat daripada kedua contoh di atas.

Berlibur ke pantai pasti menyenangkan. sayangnya, kesenangan berubah menjadi kesedihan. Zaki sedih melihat bangkai seekor tukik. Sungguh malang hewan itu. Apakah yang menjadi penyebab dari kematiannya? 

Itulah contoh sinopsis cerita dan sinopsis buku. Umumnya, sinopsis akan diletakan dibagian belakang sampul buku.  Semoga dari sedikit ulasan tentang sinopsis cerita ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis