4+ Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Hobi Menulis

jurusan kuliah hobi menulis
banner-download-ebook

4 Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang hobi menulis, bahkan nanti bisa jadi pekerjaan utama setelah lulus kuliah dan terjamin. Pastinya, dengan memiliki hobi menulis, kamu akan lebih bisa beradaptasi dengan banyak hal dan kondisi nantinya.

Menyalurkan hobi menulis itu tidak salah, bahkan sekarang menulis sangat dibutuhkan dibanyak perusahaan besar sebab dibutuhkan orang yang bisa mempengaruhi orang lain dengan hanya dari tulisan. Kalau ini tidak diasah, hobi nulis pasti hanya jadi sekadar hobi. Padahal, kalau diasah di dunia perkualiahan, pasti akan memiliki nilai lebih yang tiada duanya.

Biasanya sih, kalau ngomongin masalah menulis. Hal pertama yang dipikirkan adalah menulis cerita dalam bentuk buku. Namun, banyak sekali pekerjaan yang tidak hanya menulis buku ya. Nanti deh kita ulas bareng-bareng masalah menulis ini.

Sebelumnya, sudah dibahas juga mengenai Jenis Profesi Penulis Masa Kini. Silakan baca di artikel tersebut, sebab banyak sekali lowongan kerjaan yang butuh kemampuan menulis.

Daftar Jurusan Kuliah Hobi Menulis

Berikut ini daftar jurusan kuliah untuk Kamu yang hobinya menulis dan pastinya kalau diasah akan memberikan nilai lebih yang sangat besar untuk Kamu sendiri di dunia karir.

1. Penyiaran (Broadcasting)

Jurusan pertama, yaitu jurusan penyiaran. Jurusan banyak sekali bersinggungan dengan masalah kepenulisan. Di Jurusan ini, Kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat ide yang bagus dan nanti bisa dikemas menjadi sebuah karya berupa program-program yang bisa dinikmati oleh kalayak umum melalui media massa.

Media massa disini banyak sekali, bisa berupa video (TV atau Youtube), Tulisan melalui media, iklan dan lain sebagainya. Namun, memang fokus utama jurusan ini lebih kepada program-program yang akan tayang secara live baik itu di TV, Radio maupun Youtube.

Ingin mengasah skill manajemen waktu, acara, manusia dan juga lainnya? Kayaknya jurusan yang satu ini pilihan yang sangat cocok.

2. Jurusan Sastra

Apabila dilihat, jurusan sastra di Indonesia sangatlah banyak tidak terbatas pada jurusan sastra Indonesia saja. Kalau dibayangkan, ngapain sih kuliah susah-susah di jurusan bahasa atau sastra? Nanti kerja apa?

Padahal, peluang kerjanya sangat luas dan juga yang kuliah di Jurusan sastra sendiri tidak terlalu banyak. Dengan kuliah disini, Kamu akan diajarkan bagaimana cara mengamati sebuah karya sastra dari para sastrawan. Nantinya, Kamu sendiri yang diharapkan bisa menciptakan karya sastramu sendiri yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

3. Jurusan Perfilman

Kalau membicarakan masalah film, tak lepas dari yang namanya skrip cerita. Nah, sebagai seorang scriptwriter salah satu peran pentingnya adalah membuat cerita yang singkat bisa menjadi lebih panjang, dramatis, punya alur dan lain sebagainya. Biasanya sih akan diisi oleh penulis yang imajinatif, yang pintar membayangkan bagaimana sebuah adegan dapat diperankan dengan baik.

Pola pikir dan pendekatan sangat penting dalam membuat skrip ini supaya bisa sampai dan cocok dengan sasaran yang melihat filmnya nanti. Sutradara? Yaps, awalnya juga dari sini.

4. Ilmu Komunikasi

Terakhir, tetapi bukanlah akhir. Yaitu, jurusan ilmu komunikasi. Di jurusan ini kita sangat luas sekali memahami mengenai komunikasi 2 arah. Kenapa? Sebab nantinya kita harus bisa menyampaikan pesan dalam banyak media.

Jurusan ini akan belajar banyak hal sih, mulai dari bagaimana pembuatan video, bagaimana cara menulis yang baik untuk mempengaruhi orang, periklanan, jurnalistik dan masih banyak lah pokoknya. Apalagi, sekarang marketing serba digital. Banyak sekali lowongan yang membutuhkan jurusan ilmu komunikasi ini.

5. Jurusan Lainnya

Nah, itu ada 4 daftar jurusan yang cocok untuk Kamu yang hobi menulis. Tetapi sekarang, menulis adalah pekerjaan semua orang bukan hanya dari empat jurusan diatas. Misalnya saja, banyak startup yang mengembangkan bisnisnya di dunia kesehatan seperti Halodoc ataupun Alodokter, pastinya seorang penulisnya adalah dokter atau lulusan dari jurusan kesehatan.

Contoh lain, para stratup fintech atau layanan keuangan lainnya. Penulis pastinya juga dari jurusan yang relevan seperti jurusan ekonomi, bisnis, industri dan lainnya. Makanya, sekarang semuanya bisa masuk bahkan nih, penulis yang handal bisa dibayar sangat mahal. Semoga artikel diatas bisa membantumu jadi lebih meningkatkan hobi menulis lagi ya.

Artikel Terkait Tentang Menulis

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis