Pengertian dan Contoh Deskripsi Buku

contoh membuat deskripsi buku

Deskripsi buku – Menjadi penulis memang keren, namun mewujudkan mimpi menjadi penulis itu sesuatu hal yang tidak mudah. Selain harus memiliki dorongan internal dan kuat mental, seorang penulis juga dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menyampaikan pendapat dan gagasan mereka secara efektif dan mudah dipahami. 

Karena konteksnya adalah menulis, tentu saja kemampuan menyampaikan dalam bentuk tulisan itu penting. Salah satunya kemampuan dalam mendeskripsi buku secara enak dibaca, dipahami dan mengalir. 

Deskripsi buku yang yang mengalir dan enak dibaca akan menentukan tingkat kenyamanan pembaca. Semakin menarik dan enak, pembaca semakin terhanyut dan terbawa hingga buku yang kamu tulis usai di lembar terakhir. 

Pertanyaannya adalah bagaimana membuat deskripsi buku? Tenang di artikel ini akan diulas secara lengkap. Semoga kamu mendapatkan solusi agar lebih mudah membuat deskripsi buku. Nah, sebelum mengulas lebih lanjut, alangkah baiknya kita intip terlebih dahulu pengertian deskripsi menurut para ahli di bawah. 

Apa Itu Deskripsi Buku

Barangkali ada diantara kalian yang bertanya-tanya, apa itu deskripsi buku? Berikut adalah beberapa pendapat dari para tokoh, bisa kamu simak sebagai berikut. 

1. Henry Guntur Tarigan 

Deskripsi buku menurut guntur tarigan adalah tulisan yang menceritakan sebuah kisah. DImana kisah tersebut ditulis dengan menjelaskan secara runtut dan gamblang dengan tujuan pembaca memahami, menikmati dan merasakan objek yang diceritakan. 

2. Gorys Keraf 

Berbeda dengan pendapat Gorys Keraf yang mengartikan bahwa deskripsi itu wacana yang diangkat penulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal ataupun objek pembicaraan. Tujuan dari penulisan deskripsi tidak lain agar orang lain bisa melihat objek sendiri.

Gorys Keraf juga menyampaikan bahwasanya saat menuliskan deskripsi buku, penulis perlu memasukan kesan dan perasaan, termasuk hasil pengamatan, dan menyampaikan sifat yang dimiliki si tokoh dalam buku (jika itu dalam bentuk novel atau fiksi)

3. Felicia Nuradi Utorodewo 

Pengertian deskripsi menurut Felicia Nuradi Utorodewo adalah tulisan yang bermaksud untuk mendefinisikan bentuk pengamatan, dan mendefinisikan rasa, sifat dan corak dalam bentuk tulisan. Dimana deskripsi adalah upaya penulis menggambarkan sesuatu lewat kalimat untuk mengaktifkan panca indera. 

4. Wikipedia 

Berdasarkan Wikipedia, deskripsi adalah pengolahan data yang padu. Dari data-data inilah kemudian diutaran secara jelas dan gamblang sehingga dapat dipahami oleh pembaca. 

5. KBBI 

Adapun pendapat dari KBBI yang mendefinisikan deskripsi sebagai pemaparan, penggambaran ataupun uraian dengan kata secara jelas dan terperinci.

Itulah kelima pengertian tentang deskripsi buku menurut para ahli. Semoga dari pembahasan di atas memberikan pemahaman dan gambaran tentang deskripsi buku. 

Cara Membuat Deskripsi Buku

Bagi seorang penulis, penting mengetahui cara membuat deskripsi buku. Sementara bagi sebagian orang yang tidak memiliki daya tarik disini, tentu ini bukanlah hal yang menarik bagi mereka. Terkhusus buat kamu yang memiliki passion dan minat di dunia penulisan, ada beberapa deskripsi buku yang perlu kamu simak sebagai berikut. 

1. Singkat Tetapi Menarik

Cara membuat deskripsi buku, pastikan ditulis secara singkat namun menarik. Tentu ini tidak mudah. mungkin ada diantara kamu yang bertanya, haruskah deskripsi menarik? Jawabannya, iya. Karena daya tarik salah satu strategi marketing secara tidak langsung agar tulisan kamu diminati oleh pembaca. Minimal apa yang kamu tulis tersampaikan ke pembaca. 

Mungkin ide atau tema yang kamu angkat tidak brilliant. Namun jika kamu mampu mengemasnya dengan bahasa yang singkat dan menarik, pembaca akan tetap menikmati dan tidak mempermasalahkan tema atau gagasan yang biasa-biasa saja. 

Deskripsi buku yang terlalu berbelit-belit dan panjang, namun tidak memiliki makna esensial di dalam buku, pembaca akan merasa bosan dan merasa buang-buang waktu. Tentu saja sebagai penulis tidak ingin pembaca merasa kecewa hanya gara-gara hal sepele seperti ini bukan. 

2. Paragraf Pertama Yang Memukau

Tips menulis deskripsi buku yang kedua, perhatikan penulisan paragraf pertama. Buatlah paragraf yang memukau. Paragraf awal adalah rahasia agar pembaca tetap melanjutkan membaca hingga lembar akhir. 

Apalagi jika konteks yang kita tawarkan adalah buku. Maka penulis harus lebih berhati-hati dan memperhatikan setiap kalimat yang akan dituliskan di paragraf pertama. Jika di dalam sebuah artikel dan berita, ada istilah yang namannya lead. 

Lead adalah paragraf pertama yang nendang, menarik untuk pembaca. Tujuannya agar pembaca penasaran dan tergelitik ingin membaca sampai paragraf akhir. Begitupun dalam menulis deskripsi buku. Juga harus memperhatikan daya tarik dari isi buku. 

Jika kamu merasa kesulitan bagaimana membuat deskripsi buku di paragraf pertama yang memukau, kamu bisa mengikuti beberapa tips saya, sebagai berikut. 

1.1. Ambil statement tokoh yang paling menarik 

Tips membuat paragraf pertama yang memukau, kamu bisa mengambil salah satu statement tokoh yang paling menarik (jika itu adalah buku fiksi). Sementara jika jenis yang kamu tulis adalah buku referensi ataupun buku motivasi, maka kamu bisa mengambil statemen tokoh besar yang dijadikan sebagai referensi. 

1.2. Membuat kesimpulan yang menarik 

Cara yang paling umum digunakan adalah membuat kesimpulan yang menarik. Cara ini lebih dianggap lebih luwes atau leluasa. Dari segi efektifitas waktu juga lebih cepat. Karena kamu tidak perlu mencari-cari kata dan kalimat yang ada dalam tulisan.

1.3. Mencari kalimat paling menarik yang kamu tulis di dalam tulisan 

Jika kamu malas berpikir, kamu bisa melakukan cara ini, yaitu mengambil kalimat yang menarik. Yaitu kalimat yang menurutmu mewakili semua isi dan menarik daya tarik pembaca. Kelemahan kamu sedikit merelakan waktu untuk mencari-cari puluhan lembar tulisan yang sudah kamu tulis. 

Itulah tiga tips membuat deskripsi yang memukau. Oh iya, tips terakhir adalah, buatlah deskripsi buku di bagian paling akhir, ketika semua tulisan sudah selesai. Kenapa? ada beberapa tipe penulis yang lebih mudah menulis deskripsi buku di paragraf pertama ditulis di bagian akhir. Yaitu dengan menambahkan satu paragraf menarik dan memukau. 

Oh iya, itu cara yang aku lakukan. Tentu saja setiap penulis memiliki caranya sendiri-sendiri. Kamu pun juga bisa menuliskan dengan cara kamu sendiri. 

3. Jelaskan Poin Penting Dalam Buku

Tips membuat deskripsi buku yang tidak kalah penting, kamu cukup menuliskan poin penting dalam buku kamu. tulis apa yang menarik, tulis pula selling point buku kamu dengan buku yang lain. Cara ini tentu jauh lebih memudahkan pembaca mengetahui kisi-kisi tulisan yang akan kamu ulas dan yang akan dibedah. 

Tapi jangan dituliskan secara gamblang dan keseluruhan. Cukup dituliskan secara singkat aja. Agar mengandung rasa penasaran bagi para pembaca. Rasa penasaran inilah yang dapat dijadikan senjata menarik perhatian pembaca menikmati sampai akhir. 

4. Buat Teks Deskripsi Yang Mudah Dipahami Dan Mudah Dibaca

Penting juga memperhatikan penulisan teks deskripsi agar tetap mudah dipahami dan mudah dibaca. Sebenarnya kuncinya agar bisa menuliskan deskripsi buku yang mudah dipahami salah satunya adalah menulislah sesuai karakter kamu. 

Selama ini banyak penulis pemula yang bingung ingin menuliskan dengan gaya seperti apa. Tips dari saya, tulislah sesuai karakter dan gaya kamu sendiri. Ini jauh lebih memudahkan kamu menuliskan gagasan dan ide kamu tanpa sekat dan bisa lebih eksplore. 

Kunci yang kedua, baca ulang selama beberapa kali dan lakukan editing sebanyak mungkin yang kamu bisa. Cara ini juga lebih efektif dan lebih mengalir, tanpa harus memaksakan diri kamu untuk menjadi penulis yang mengikuti gaya orang lain. 

5. Masukkan Testimoni Jika Ada

Tips menulis deskripsi buku yang terakhir adalah memasukan testimony versi kamu. Akan lebih bervariatif jika penulis memiliki testimony dan pandangannya sendiri. Bagaimana jika tidak memiliki testimony sama sekali? Sebenarnya boleh dan syah-syah saja.

Itulah beberapa cara membuat deskripsi buku yang bisa kamu coba. Semoga sedikit tips ini cukup membantu ya. 

Ciri-ciri Deskripsi Buku 

Kamu merasa kesulitan mengetahui deskripsi buku seperti apa sih? Nah berikut adalah ciri-ciri secara umum. 

1. Memuat penjelasan terhadap benda atau objek secara detail

Jadi setiap mendeskripsikan benda ataupun objek, dituliskan secara mendetail dan terperinci. Mulai menuliskan identitas, manfaat, tujuan, kegunaan dan masih banyak yang bisa kita tuliskan. Susahnya adalah menuliskan detail yang penting namun dikemas dalam bentuk yang lebih mudah dan lebih sederhana. 

2. Ditulis Jelas dan Rinci 

Sejelas-jelasnya sehingga tidak memberikan peluang kepada pembaca untuk berpersepsi terlalu jauh. Penulisan yang mendetail juga memudahkan pembaca untuk memberikan pemahaman dan penjelasan lebih spesifik, terperinci dan mudah untuk dipahami. 

3. Mambangkitkan emosi pembaca 

Disadari atau tidak, deskripsi buku ditulis secara detail untuk menstimulasi emosi pembaca. Bentuk emosi pun beragam, mulai sedih, empati, senang, dan bisa memahami isi pesan yang disampaikan penulis. Bahkan jika deskripsi buku tersebut menjelaskan tentang keindahan, maka pembaca pun seolah bisa merasakan, mendengar dan melihat. 

4. Mendetail 

Deskripsi buku tidak hanya menjelaskan secara detail tentang benda atau si tokoh yang diceritakan. Tetapi juga menuliskan hal-hal kecil secara mendetail. Misal masalah tentang warna, ukuran ciri fiksi dari objek yang dituliskan juga tidak kalah penting dan perlu dicantumkan. 

Meski cara ini dianggap sederhana dan tidak penting. Nyatanya hal-hal kecil ini penting dan mendukung informasi, membantu dalam mengkoordinasi imajinasi dan informasi pembaca. Jadi buat kamu yang masih raga apakah akan mencantumkan informasi yang paling terkecil atau tidak, kamu tidak perlu ragu lagi. 

Itulah beberapa ciri umum tentang deskripsi buku. Adapun ciri deskripsi berdasarkan penggunaan bahasa, yaitu memperhatikan tentang penggunaan kata sinonim, apakah memiliki emosi kekuatan atau tidak.

Contoh Deskripsi Buku

Berbicara deskripsi buku ada banyak bentuk buku. Mulai dari buku pendidikan, buku novel, buku referensi dan masih banyak lagi jenis. Agar lebih afdal, berikut beberapa contoh deskripsi buku yang dikutip dari beberapa sumber buku bacaan.

1. Contoh deskripsi Buku karya saya, yang berjudul The Secret IKIGAI terbitan Araska

Dalam ilmu psikologi sosial, terdapat istilah Repeated exposure yang dapat diarti sebagai kontak dengan stimulus yang terjadi secara terus menerus. Menurut teori dari Zojonc, paparan berulang terhadap stimulus baik itu stimulus berbentuk negatif, netral, atau positif, akan berakibat pada meningkatnya evaluasi positif terhadap stimulus (Byrne, 2003). Baron dan Byrne memaparkan proses repeated exposure mampu mempengaruhi perasaan dan pandangan seseorang.

Ia pun mencontohkan ketika seseorang dalam suasana hati negatif, ketika berkenalan orang baru, akan merespons kenalan baru dengan penilaian negatif. Sebaliknya, ketika seseorang dalam suasana hati yang positif dan baik, ketika berkenalan dengan orang lain, maka penilaian orang tersebut terhadap orang lain relatif positif. Penilaian pertama kali pada orang baru inilah, yang memunculkan kesan pertama kali. Kesan pertama kali inilah yang menentukan apakah akan terjadi interaksi lebih lanjut atau sebaliknya.

2. Contoh deskripsi buku karya Haidar Musyafa berjudul Hamka : Sebuah Novel Biografi Terbitan Imania.

Namun, aku tak kuasa menahan air mata, saat ingatanku menangkap awal mula retaknya hubungan persahabatanku dengan Bung Karno. Sejak ia membubarkan Partai Masyumi dan memperjuangkan gagasannya tentang Nasakom, aku sudah tidak menjalin kontak lagi dengan teman lamaku itu. Sakit itu masih sangat terasa. Bagaimana Bung Karno berusaha menyingkirkan aku dengan berbagai macam cara, hanya karena aku berbeda pandangan politik dengannya. Menganggapku sebagai orang yang berani melawan pemimpin yang sah. HIngga akhirnya ia perintahkan polisi untuk menangkapku, kemudian masukkan aku ke dalam penjara yang penuh derita. Hanya karena aku lebih memilih memperjuangkan kepentingan umat Islam ketimbang mendukungnya melindungi kepentingan kaum komunis. 

3. Contoh deskripsi buku karya Lasa Hs berjudul Menulis itu Segampang Ngomong terbitan Pinus.

Penuangan ide seorang penulis memang memerlukan waktu sendiri yang tidak boleh diganggu gugat. Sebab kalau terjadi gangguan, ide itu tidak bisa tertuang dengan baik bahkan bisa hilang. Kelancaran penuangan ide dipengaruhi oleh daya analisis, kualitas dan kuantitas bacaan dan penghayatan seseorang terhadap objek tulisan. 

Ketajaman analisis seseorang dipengaruhi oleh sejauh mana orang itu mampu mengasah daya pikir dan nuraninya terhadap fenomena kehidupan. Apabila orang itu peka hati dan pikirannya terhadap fenomena sosial dan fenomena alam, maka insya allah akan tajam analisisnya. 

4. Contoh deskripsi buku karya saya  berjudul Panduan lengkap & Praktis budidaya hidroponik yang paling menguntungkan

Hidroponik merupakan penanaman menggunakan media air. Media tanam ini tidak seperti pada umumnya yang menggunakan media tanah. Hidroponik diambil dari kata hydro yang memiliki arti air. Jadi bahan penanaman murni menggunakan air, tidak menggunakan media tanah sama sekali. Kandungan nutrisi yang didapatkan oleh tanaman adalah nutrisi AB mix, yang dapat diperoleh di toko hidroponik. 

Itulah empat contoh deskripsi buku. Setiap kali kamu membaca buku. Apapun jenis buku yang kamu baca. pasti di sana ada banyak ditemukan kalimat deskriptif. 

Kesimpulan Singkat Deskripsi Buku

Jika dilihat dari uraian di atas, maka deskripsi buku dapat disimpulkan sebagai teks yang menjelaskan dan mengeksplorasi kalimat dengan pemilihan kata untuk menggambarkan benda ataupun objek lebih terperinci. Tujuan dari penjelasan tersebut agar pembaca bisa merasakan, melihat, dan mendengarkan apa yang dituliskan.

Itulah ulasan beberapa ulasan tentang deskripsi buku. Semoga sedikit pembahasan ini ada manfaat yang diperoleh.  (Irukawa Elisa)

Baca juga artikel lain tentang menulis buku sampai bisa menerbitkan buku.

Sumber Referensi

Hs. Lasa. 2006. Menulis Itu Segampang Ngomong. Yogyakarta : Pinus Book Publisher. 
Musyafa, Haidar. 2016. Hamka : Sebuah Novel Biografi. Depok : Penerbit Imania
Elisa, Irukawa. 2020. The Secret of Ikigai. Yogyakarta : Araska. 
Elisa. 2018. Panduan Lengkap  Praktis Budidaya Hidroponik yang Paling Menguntungkan. Jakarta Timur : Garuda Pustaka.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis